Monday, November 25, 2019

#THDTravelTips : Thanks to XTrans Bandara!



Hello semuanya! Pengen cerita dikit soal mobilitas aku belakangan ini! Selama setahun kemarin itu aku menjalani intersnip sebagai dokter di Majalengka! Yes, salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat, banyak yang jadi pertimbangkan aku memilih daerah ini sebagai tempat mengabdi selama setahun, salah satunya adalah karena ada bandara di sini. Meski ternyata... Bandara Internasional Kertajati ini tidak berfungsi seutuhnya layaknya bandara lain, alhasil kalau mau pergi tetep harus ke Jakarta atau Bandung.


Jadi, selama setahun kemarin itu aku ada beberapa trip, salah satu yang paling berkesan itu pas ke Genting Highlands and yes ini aku diinvite buat cobain beberapa wahana baru mereka (will be share soon!!) sempet panik karena di sore hari sebelum keberangkatan aku ke Malaysia, masih harus ada urusan di Bandung, since Majalengka ini masih dibawah naungan Dinas Kesehatan Jawa Barat, jadi mau gamau kalau ada urusan terkait dinkes pusat harus ke Bandung. Untung banget ada Xtrans Bandara yang selalu jadi penolong! haha

Pernahkah kamu mendengar tentang Xtrans Bandara? Yups, tepat sekali. Xtrans bandara adalah sebuah perusahaan yang bekerja di bidang penyediaan jasa layanan shuttle ( travel ) dengan tingkat efisiensi waktu yang lebih cepat.

Pertama kali jasa ini diperkenalkan tanggal 5 Mei 2005, dengan sistem point to point yang menjadi alternatif dari door to door yang dikatakan boros waktu. Kala itu Xtrans Bandara hanya berfokus pada tujuan Jakarta Bandung ataupun sebaliknya. Sehingga jadwal Xtrans Bandara hanya ada untuk rute Bandara Soekarno Hatta ( Soeta ) ke Bandung dan sebaliknya. Sistem point to point yang digunakan oleh Xtrans Bandara pun semakin umum digunakan oleh penyedia jasa layanan shuttle ataupun travel yang memiliki rute Jakarta – Bandung dan Bandung – Jakarta. Meski demikian, diperkirakan sistem ini lambat laun akan berlaku di setiap penyedia layanan jasa shuttle dengan beberapa rute lainnya.



Walaupun saat ini, Xtrans sudah memiliki banyak armada dan berbagai rute, namun rute bersejarah tetaplah rute Soeta ke Bandung dan sebaliknya. Meski memiliki rute yang berbeda-beda dan harga yang cukup bervariasi, namun bagaimana dengan layanan, jadwal dan harga yang ditawarkan oleh penyedia layanan travel bandara ini? Mari perhatikan beberapa penjelasannya berikut ini.

Layanan dan Fasilitas Xtrans Bandara

Sebagai salah satu jenis transportasi umum bandara, Xtrans tentunya memiliki berbagai jenis layanan serta fasilitas yang bisa dijadikan sebuah kelebihan serta hal yang menarik perhatian secara bersamaan. Beberapa fasilitas dan layanan tersebut, meliputi :
1.    Efektif
2.    Memiliki Jadwal Keberangkatan yang Cukup Panjang
3.    Jadwal Sudah Pasti
4.    Supir Berpengalaman
5.    Jenis Kendaraan yang Digunakan

Keunggulan Xtrans Bandara
Selain fasilitas dan layanan yang telah dijelaskan sebelumnya, Xtrans juga memiliki berbagai keunggulan lain yang tak kalah hebatnya. Bahkan bisa dibilang keunggulan ini menjadi alasan utama, mengapa Xtrans banyak diminati oleh masyarakat pada umumnya ataupun wisatawan pada khususnya. Beberapa keunggulan yang dimaksudkan, yaitu :

1.    Harga lebih terjangkau
Dibandingkan jenis travel atau shuttle pada umumnya, harga dari Xtrans Bandara tentu lebih murah dan terjangkau. Hal ini dikarenakan harga tiket Xtrans bandara sekitar 150 ribu rupiah per tiket, untuk tiket umum. Sedangkan 140 ribu rupiah per tiket untuk tiket jenis khusus dan 250 ribu rupiah per tiket, untuk tiket return. Harga tiket tersebut adalah contoh harga tiket dengan rute Bandung – Jakarta. Bagaimana? Sangat terjangkau bukan?

2.    Pemilihan Jadwal yang Fleksibel
Keunggulan lain dari Xtrans Bandara adalah jadwalnya yang sudah pasti seperti yang telah dijadwalkan. Sehingga  kamu bisa dengan mudah menentukan akan ikut shuttle dengan jadwal keberangkatan yang mana.

3.    Rute yang strategis
Xtrans Bandara memiliki rute yang sangat strategis. Tempat dimana titik-titik penjemputan maupun titik-titik keberangkatan melalui tempat yang sama dan biasanya merupakan jalur utama. Sehingga kamu bisa menentukan mau dijemput di titik yang mana.

4.    Titik turun yang fleksibel
Selain rute yang strategis, titik turun shuttle pun tergolong fleksibel. Kamu bisa turun di tempat manapun yang kamu mau. Asalkan titik turun tersebut, masih sejalan dengan dan dilewati oleh rute perjalanan shuttle ke titik-titik penjemputan dan penurunan yang sebenarnya.

Jadwal Xtrans Bandara

Sampai saat ini, untuk perjalanan Xtrans Bandara Soekarno Hatta – Bandung dibagi menjadi dua rute utama. Rute tersebut, terdiri dari :

1.    Rute dari Bandara Soekarno Hatta
Jadwal keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta dibagi ke dalam 10 jadwal keberangkatan di masing-masing terminalnya. Jadwal tersebut, dimulai dari pukul 06.30 – pukul 21.45 untuk terminal satu. Jadwal keberangkatan dari terminal dua mulai pukul 06.40 – pukul 21.55. Sedangkan keberangkatan dari terminal 3 mulai pukul 06.50 – pukul 22.05 dan untuk pemberangkatan dari hotel Bantara dimulai pukul 11.30 – pukul 02.45.

2.    Rute menuju Bandara Soekarno Hatta
Berbeda dari rute sebelumnya, jadwal keberangkatan menuju ke Bandara Internasional Soekarno Hatta terdiri dari 23 jadwal. Bisa dikatakan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan jadwal dari Bandara ke titik penurunan lainnya. Lokasi penjemputan ini hanya dari dua tempat, yaitu hotel Bantara dan Xtrans Pasteur ( sejenis halte utama Xtrans ).



Kalau selama setahun ini gak ada Xtrans Bandara sih pasti bakal repot deh! 
Artikel tentang kuliner Majalengka bakal aku share soon juga! 

Stay Hungry, Stay Healthy!
dr. Verdi Danutirto 
@filipusverdi

No comments:

Post a Comment