Thursday, August 15, 2019

Japan Travel Guide 104


Kota berikutnya yang akan aku ulas adalah Osaka. Yap, kota kedua terbesar di Jepang ini wajib kalian kunjungi dalam trip ke Jepang. Jika cuma punya waktu sehari pun, sempatkan diri kalian untuk keliling kota Osaka, karena kota ini punya hal-hal special yang hanya akan kalian rasakan di Osaka. Trust me!

Osaka ini kota pelabuhan, semacam Busan ya kalo di Korea. Disini ada bandar udara internasionalnya sendiri yaitu, Kansai International Airport (KIX). Karena aku memulai trip Jepang kali ini dari Tokyo, jadi aku menggunakan shinkansen untuk bisa sampai ke Osaka.

Menggunakan shinkansen adalah cara terbaik untuk pindah-pindah kota dalam waktu singkat, karena sangat efisien apalagi jika kita memiliki JR Pass. Dari Tokyo bisa menggunakan kereta shinkansen dengan durasi kurang lebih 3jam tergantung jenis Shinkansennya (Nozomi, Hikari dan Kodama).  Hanya saja yang termasuk dalam paket JR Pass adalah jenis shinkansen Hikari (2jam 50 menit) dan Kodama (4jam). 


Dengan JR Pass kita tidak perlu mengeluarkan uang sekitar 13.000 yen atau Rp. 1.750,000 untuk one way trip dari Tokyo Station ke Shin-Osaka Station, karena shinkansen Hikari sudah include dalam paket JR Pass. Kita cukup langsung datang ke stasiun Tokyo atau Shinagawa dan mencari Line Tokaido Shinkansen. (Ini sama persis dengan step ke Kyoto Station)

Durasi waktu di Osaka bisa kalian seuaikan dengan trip kalian. Jika kalian punya waktu lebih dan punya list kunjungan yang banyak, menginap di Osaka adalah keputusan yang tepat, tapi jika kalian cuma punya 1 atau 2 hari atau bahkan kalian ngerasa capek buat pindah-pindah koper barang bawaan, kalian bisa stay di Kyoto (jika sebelumnya stay di Kyoto) dan explore Osaka dalam 24jam karena Osaka-Kyoto hanya 30menit perjalanan dengan shinkansen. Menurutku pribadi, kalo hanya untuk explore kota dan tourist spot, sehari aja udah cukup kok.


OSAKA ONE DAY TRIP ITINERARY

06.30 AM
Kyoto Station ke Osaka
---Bangun pagi-pagi dan langsung siapkan diri menuju Osaka
(dari Kyoto Station naik JR Tokaido Shinkansen ke Shin-Osaka Station  )



07.00 AM
Osaka Station ke Universal Studio Japan
---highlightnya udah pasti si The Wizarding World of Harry Potter ya! Nah untuk kalian yang punya waktu banyak, bisa main seharian disini keliling 8 sectionnya. Tapi untuk yang one day trip, kalian bisa sekedar berfoto dan berbelanja aja di official merchandise storenya.
(dari Osaka Station ke Nishikujo Station lalu naik JR Yumesaki Line / JR Sakurajima ke Universal City Station )



  


09.00 AM
Osaka Castle Park
---Dateng harus pagi supaya fotonya bersih belum banyak orang, istananya buka jam 9pagi. Salah satu spot terbaik kalo kalian dateng ke Jepang di Musim Sakura, bakalan cantik banget pemandangannya.
(dari Osaka Station naik JR Loop Line, stop di Osakajokoen Station)

Osaka Castle ini termasuk aset pentingnya Jepang nih karena udah ada sejak 1583, objek sejarah pejuang Jepang Toyotomi Hideyoshi. Istana ini tapi udah bukan bangunan aslinya ya guys, ini udah hasil pembangunan ulang, karena yang asli udah lenyap terbakar. Untuk datang berkeliling taman dan istana saja tidak dipungut biaya, tapi kalo mau masuk ke museum sejarah dan mencapai observatory decknya baru deh kalian harus bayar 600yen untuk 1 tiket dewasa.



10.00 AM
Shitenno-ji
---Kuil Buddha yang masih kokoh padahal udah 1400 tahun umurnya.
(jalan 10 menit dari Osaka Castle)

11.00 AM
Shinsekai
---Katanya adalah New World Osaka built to celebrate an optimistic vision of the future. Kalian bisa pergi ke Tsutenkaku Tower, tapi tingginya cuma 91 meter, jadi better foto dari bawah aja sih menurutku untuk dapetin feel Jepang yang lebih. Disini juga kalian bisa banyak nemuin jajanan khas Osaka seperti Takoyaki, Kushi-Katsu dan Okonomiyaki.
(jalan 15 menit dari Shitenno-ji)




 
13.00 PM
Namba-Shinsaibashi-Dotonbori
---Osaka's Top Shopping destination, beragam brand fashion, elektronik dan toko makanan berderet di shopping arcade ini.
(jalan 15 menit dari Shitenno-ji)

Sekitar jam 5 sore kalian bisa menikmati sunset di pinggir Dotonbori-Gawa Canal, duduk manis sambil makan takoyaki dan okonomiyaki. Ada beberapa resto yang wajib kalian cobain disini.
-Kushukatsu Daruma: specialisasi kushi-katsu sejak 1929
-Mizuno: specialisasi okonomiyaki dengan resep keluarga, disini kalian bisa coba untuk bikin okonomiyaki sendiri.
-Kani Douraku: restoran dengan Giant Moving Crab Sign yang menarik mata kita selagi mengelilingi Dotonbori.
-Kukuru: specialisasi takoyaki, katanya sih ini adalah takoyaki yang paling original.

Untuk takoyaki, di Dotonbori ini banyak banget sih brandnya, termasuk Gindaco yang udah buka cabang di Indonesia, untuk rasa sih overall semua enak, sesuai selera masing-masing.



Spot lainnya yang bisa kalian coba:
-Umeda Sky Building: Karya arsitek yaitu Hiroshi Hara, dari jauh udah terlihat bentuknya yang iconik. Nah dari observatory decknya kita bisa melihat seluruh kota, The Best Panorama of Osaka from 173 meter above the ground. Yang special adalah ketika kita menuju rooftop, dari lantai 35 ke 39 kita akan menggunakan eskalator, ini salah satu spot yang paling instagramable. Nah setelah sampai di lantai 39, kita bisa membeli tiket masuk observatory decknya seharga 1.500yen (untuk dewasa dan 700yen untuk anak-anak. (berjalan 10 menit dari Umeda Station)

-Sumiyoshi Taisha: Shrines tertua di Osaka dan salah satu tertua di Jepang. Kalian bisa menikmati panorama kota Osaka juga dengan Hankai Tramway dari Tennoji Station ke Sumiyoshi Taisha. 


Masih banyak pengalaman seru dari Jepang, nanti aku bahas di artikel selanjutnya ya!


Next - Japan Travel Guide 105


Stay Hungry,
Brigitta Veggy Aprilia Tanu - @brigittaveggy

No comments:

Post a Comment