Sunday, August 19, 2018

Kuliner Kambing Terbaik di Jakarta


Hayo siapa suka sama kambing? banyak orang yang menghindari mengonsumsi daging satu ini, tapi tak sedikit juga penggila daging yang punya tekstur dan aroma khas ini, mungkin sebagian besar takut akan kandungan kolesterol pada daging ini yang bisa menyebabkan darah tinggi, tapi ternyata jika kita mengolahnya dengan baik maka akan tetap aman dikonsumsi dan memiliki kandungan protein yang tinggi loh. Memang segala sesuatunya tidak baik jika disantap secara berlebihan, tapi sesekali hmm gak masalah ya. Nah, kali ini gw mau kasih beberapa rekomendasi kuliner Kambing yang mantap! 

1. Tongseng Kambing & Sate Sederhana (Sate Keroncong) Jatinegara
Jl. Matraman Raya No.224, Gg Lele, Jatinegara, Jakarta Timur
(021) 8508151

Pertama kita mulai dari salah satu makanan favorit saya, Tongseng! Buat kalian yang masih asing dengan istilah tongseng, tongseng adalah hidangan berkuah sejenis gulai tapi dengan cita rasa yang lebih medok, jadi basicnya gulai yang diolah lagi jadilah tongseng. Selain itu jika gulai berisikan jeroan, tongseng justru biasanya full daging. Dari sekian banyaknya tempat makan yang menyediakan tongseng, rekomendasi saya pun jatuh pada Tongseng Kambing di Warung Sate Sederhana Jatinegara di daerah Jakarta Timur, atau biasa dikenal juga sebagai Sate Keroncong, karena santap siang kalian akan ditemani oleh alunan musik keroncong yang membawa kita ke suasana yang berbeda

Satu porsi Tongseng Kambing disini berisikan daging kambing, kol, tomat, potongan cabai rawit dan pastinya kuah berbasis santan yang gurih banget, menurut saya belum ada yang bisa mengalahkan sedapnya tongseng di tempat ini, dagingnya pun empuk karena cara memasak rahasia turun-temurun. Selain itu tongseng di sini selalu freshly made by order, kalian bisa menyaksikan sendiri betapa menggodanya aroma tongseng ini saat dimasak, dijamin tambah laper! Selain tongseng kalian juga bisa menikmati sate kambing dan gulai kambing.

Range harga makanan disini berkisar 40-60 ribu rupiah namun dapat dishare bersama teman, keluarga atau kolega, tempat makan ini hanya buka sampai jam 6 sore ya, jadi jangan sampai kelewatan.

2.    Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Jl. Kebon Sirih Barat Dalam 1, Menteng
0811864011

Siapa sih yang gak kenal sama nasi goring satu ini? Salah satu kuliner terbaik yang dimiliki oleh ibukota, yap Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih! Saking fenomenalnya jangan heran banyak Warga Negara Asing yang ikut “nongkrong” bersama kita saat bersantap di sini. Kenikmatan bersantap di tempat ini sudah bermula dari saat melihat proses pembuatannya dimana wajan raksasa penuh dengan nasi yang menggunung dan berpadukan dengan bumbu rahasia dari Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini. Banyak orang mengatakan kalau Nasi Goreng will always be Nasi Goreng, pasti gitu, nah berarti mereka belum pernah menjejakan kaki ke tempat makan yang sudah berdiri lebih dari 3 dekade ini.


Nasi goreng mereka memiliki cita rasa yang bener-bener beda, ada aroma rempah yang kuat serta gurihnya minyak samin yang mereka gunakan, daging kambing yang digunakan juga menggunakan daging kambing muda sehingga dagingnya lebih empuk dan juga tidak berlemak, disajikan bersama telur mata sapi, acar dan emping melinjo hmmm gak kuat! Tempat makan ini baru beroperasi sore hingga malam hari, dan kalian harus siap-siap antri untuk bisa menikmati sepiring nasi goreng kambing, oh iya buat kalian yang gak suka sama kambing ternyata di sini juga ada nasi goreng ayam, tapi kalau ditanya mana yang lebih enak… perlu dijawab gak ya? 

3.    Sate Kambing Kim Tek Palmerah
Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua No.8, Jakarta Barat
(021) 53678354

Back to classic, yep ketika mendengar kata kambing, dibawah alam sadar pikiran kita akan memproses suatu imajinasi berbentuk sate kambing, hidangan ini sangat populer dan sangat mudah ditemukan, tapi apakah diantara mereka ada yang spesial? Pasti selalu ada yang lebih baik diantara yang baik, dan jika harus memilih sate kambing yang terbaik nampaknya saya tak perlu ragu untuk menyebut Kim Tek sebagai jawaranya! Namanya terdengar unik ya? Meski terdengar unik, tapi sate ini sudah sangat tersohor dan saat jam makan siang jangan ditanya ramainya, bisa bikin macet sepanjang Jl. Panjang! Lokasi persisnya ada di daerah Palmerah menuju ke arah Kebon Jeruk, dari luar tampak sederhana namun tempat ini punya cita rasa yang begitu mewah. 


Ada beberapa hal yang membuat saya merekomendasi Sate Kambing Kim Tek ini, pertama karena kualitas dagingnya yang baik, kemudian mereka juga punya sate-sate jeroan hmmm jarang-jarang ada warung sate yang menyediakan sate jeroan selengkap ini, karena pemilihan daging yang baik serta cara pengolahan yang tepat kalian gak akan menemukan sedikit pun bau “prengus” pada setiap olahan ditempat ini, mulai dari sop hingga gulai semua terasa clear dan udahlah juara pokoknya! Dari segi harga memang tempat ini agak diatas rata-rata but yeah you got what you  paid.

4.    Sop Kaki Kambing Bang Irwan Melawai

Jl. Barito II No.21, Blok M

Berikutnya ada kawan setia si Sate Kambing, yaitu Sop Kambing! Jika biasanya Sop Kambing itu identik dengan kuah yang bening, berbeda dengan Sop Kaki Kambing Bang Irwan yang berlokasi di kawasan kuliner Melawai ini. Sop Kaki Kambing Bang Irwan hadir dengan kuah super gurih berbahan dasar susu, inget ya susu bukan santan, itulah mengapa aromanya berbeda dan rasanya lebih clean dibandingkan sop kaki kambing ditempat lain. Menurut Bang Irwan alasan menggunakan susu pertama dari segi kesehatan yang kedua katanya gurihnya itu memang lain.

Jadi jangan heran kalau kalian gak eneg ketika menseruput habis semangkuk sop kaki kambing ini, untuk isiannya kalian bisa pilih sendiri mulai dari kaki kambing pastinya yang menjadi hidangan spesialnya, daging, babat, usus, tulang muda, paru, otak sampai torpedo semuanya ada! Jangan lupa ya minta potongan tomat yang lebih supaya ada penetralisirnya. Daya tarik tempat makan satu ini gak cuma sampai di situ, tapi juga pada istilah jenaka yang digunakan Bang Irwan dalam melayani para pelanggan, seperti menyebut Handuk Jerman untuk Babat, Rumput untuk Daun Bawang hingga Oli untuk Minyak Samin. 


Ketika semangkuk Sop Kaki Kambing ini tersaji dimeja kalian langsung aja diracik dengan menambahkan ½ sendok minyak samin, 3 sendok makan sambal, 1 buah jeruk limo dan 2 putaran kecap manis, serta campurkan juga acar mentimun dan bawang merah kemudian diaduk dan sikap bro! itulah tadi Formula Sop Kambing The Hungry Doctor ;) Oh iya kalau kamu bingung dalam memilih daging, yaudah langsung order aja Sop Kambing Campur, jika butuh sate kambing sebagai teman makan sop kamu, jangan khawatir karena sudah ada penjual sate kambing yang siap memenuhi perut-perut lapar kalian.

5.    Nasi Goreng Kebuli Puas Condet 
Jl. Raya Condet No.78, Kramatjati, Jakarta Timur
(021) 80878417

Last but not least, Nasi Goreng Kebuli dari Martabak Puas Condet. Jadi sebenarnya ini nasi kebuli atau nasi goreng? Yes it’s both! Kalau biasanya kalian kenal nasi kebuli itu biasanya dikukus dan disantap dengan daging kambing goreng, di Martabak Puas yang berlokasi di Condet Raya ini kalian bisa mix keduanya, kebayang gak sih gurihnya nasi kebuli bertemu dengan bumbu-bumbu lain diwajan dan pastinya berpadu juga sama daging kambing yang potongan besar-besar! Beras yang digunakan agak sedikit berbeda dengan beras pada umumnya, butirannya lebih besar dan tekstur yang lebih pera, tapi itu dia yang membuat rasanya semakin spesial.


Tanpa menghilangkan sentuhan nasi kebuli, di Nasi Goreng ini kalian juga akan menemukan kismis, si kismis inilah yang memberikan sensasi tersendiri saat menyantapnya. Standarnya, nasi goreng kebuli ini memang agak pedas, tapi pedasnya bukan dari cabai melainkan dari rempahnya yang sangat kuat, semakin mantap ketika disantap dengan asinan (acar special Martabak Puas) karena isinya yang komplit, ada timun, wortel, bengkoang, nanas, bawang merah dan cabai! Oh iya always ask for extra Emping, syurga! 

Jika seporsi nasi goreng terasa kurang nendang, bisa order Martabak Lapis mereka, yes Martabak lapis, jadi ada Martabak di dalam Martabak, gak kebayang? Udahlah daripada bayang-bayangin doang mending langsung tancap gas aja! 

Itulah tadi 5 rekomendasi kuliner kambing terenak versi The Hungry Doctor! Gimana? Udah pada ngiler belom? Inget ya jangan makan terlalu banyak, karena segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan berujung baik. 

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu
thehungrydoctor.id@gmail.com

No comments:

Post a Comment