Sunday, December 10, 2017

Putu Made - Flavors of Bali


Jakarta sebagai kota metropolitan tak pernah kenal lelah sebagai tempat dimana kuliner terus berkembang terutama untuk restaurant, tepat tanggal 7 Desember 2017 kemarin satu lagi restaurant baru diresmikan. Restaurant ini berada di bawah manajemen Boga Group yang sudah memiliki pengalaman yang sangat panjang dalam bisnis kuliner, kini mereka mengusung tema hidangan Indonesia khususnya Bali karena keunikan dan kekayaan rasa dalam hidangan Bali ini, akhirnya mereka menciptakan Putu Made.

Dari namanya sudah sangat jelas tergambarkan unsur Bali di dalam restaurant ini, Putu dan Made adalah dua nama yang sangat umum untuk orang Bali. Restaurant ini memang mengusung tema hidangan tradisional Bali, dan mereka menggandeng Chef Mandif Warokka sebagai Chef  Executive dan dipercaya sebagai penanggung jawab restaurant ini. Chef Mandif memang sudah tidak asing lagi di dunia kuliner dan pastinya kalian udah gak sabar kan pengen cobain makanannya?



Putu Made ini terletak di Mal Senayan City Lt. 5, restaurant inipun cukup mencolok dari penampilan luarnya lewat sentuhan pura dan juga ornamen Bali lainnya yang membuat orang menjadi semakin tertarik untuk mencobanya. Apakah restaurant ini menyediakan hidangan autentik atu fusion? Absolutely restaurant ini menyajikan hidangan autentik khas Bali, jadi buat kalian yang kangen dengan masakan Bali kini gak perlu ke Bali karena sudah bisa menikmatinya di Jakarta. 



Interiornya pun terlihat sangat cantik dan elegan, perpaduan yang serasi antara unsur modern dan juga tradisional yang pastinya bisa menambah selera untuk makan di sini, nah kini kita menuju ke menu makanannya. Sesuai yang sudah saya ceritakan sebelumnya, menu yang menjadi andalan pastinya menu khas Pulau Dewata tersebut, mulai dari lawar, sate lilit, sampai bebek betutu tersaji di sini, mau tau serunya?

>> Rujak Putu Made dan Jeruk Bali 
IDR 59K


Untuk memulai hidangan saya selalu suka dengan makanan yang agak asam karena meningkatkan appetite kita, nah di Putu Made ini ada beberapa pilihan yang menarik, salah satunya adalah Rujak Putu Made dan Jeruk Bali ini, meskipun namanya rujak ini beda dengan rujak buah yang biasa kita beli, hidangan ini lebih mirip dengan salad, tapi berisikan buah dan sayur segar seperti tomat, pepaya, mentimun, selada, kemudian dipadukan juga dengan udang segar serta jeruk bali yang membuat rujak ini menjadi spesial, untuk dressingnya sendiri pakai kuah asam manis segar ala pindang dengan taburan kacang tanah yang memberikan tekstur. Cocok!
 
 >> Lawar Kacang Panjang 
IDR 30K


Lawar ini memang sudah menjadi salah satu makanan khas Bali, hampir disetiap makanan Bali kalian akan menemukan hidangan ini, lawar ini bisa dibilang urapnya Bali, rasanya khas dengan rempah yang terasa cukup kuat dan memang biasanya dipadukannya dengan sayuran kacang panjang, karena menggunakan bahan yang segar, kacang panjangnya terasa renyah dan rasanya sangat berpadu dengan bumbunya.

>> Lawar Jagung Bakar
IDR 30K


Nah kalau yang tadi Lawar Kacang Panjang memang menu yang umum, di Putu Made ada lawar lain yang menurut saya cukup unik, yaitu Lawar Jagung Bakar, rasa manis dari jagung berpadu dengan rempah Bali yang kuat dan terasa banget disetiap gigitan, tampilannya pun sangat menarik, selain 2 pilihan lawar ini masih ada Lawar Ketimun, Genjer, Nangka, dan juga Kikil, kalau bingung memilih pesen aja Lawar Platter dimana kalian bisa pilih 3 diantara lawar ini.

>> Be Cumi Sambal Sereh
IDR 59K
 
 
Menu berikutnya termasuk dalam small plates dishes, tapi menurutku hidangan ini porsinya cukup besar dan bisa aja dijadikan sebagai main dishnya, basically ini menu yang simple banget, cumi goreng tepung dengan sambal matah yang didominasi dengan sereh, rasanya memang Bali banget. Cuminya di proses dengan baik sehingga kekenyalannya pas dan juga coatingnya tidak terlalu tebal sehingga terasa cuminya, selain itu sambalnya juga top! 
 
>> Ekor Tenggiri Bakar
IDR 165K 


Let's go into their main course dan inilah favorit saya, Ikan Bakar! Well disini ada banyak pilihan ikan bakar segar tapi personally saya suka banget sama ikan tenggiri dan di sini mereka mengambil bagian ekor karena di sana dagingnya banyak dan durinya lebih sedikit. Bumbu bakar khas Bali ini memang juara, perpaduan antara rempahnya begitu beragam dan pas, aroma bakarannya juga membangkitkan selera, disantap dengan sambal matah yang segar. JUARA!
>> Satay Platter 
IDR 159K


Berikutnya Sate, nah sate bali pasti sudah gak asing lagi deh bagi kalian pecinta kuliner, yup siapa yang gak kenal dengan sate lilit khas Bali, kalau biasanya kalian cuma menikmati sate lilit yang berbahan dasar ikan, di sini punya beberapa pilihan yang beragam, ada sate lilit ikan, ayam, bebek kemudian sate escargot, sate ayam bumbu merah dan juga sate kambing. Gak bisa memutuskan mau cobain sate yang mana? pesen aja satay platter dimana kamu langsung menikmati ke 6 jenis sate ini.

>> Ubud Bebek Goreng
IDR 115K


Bebek Goreng Bali belakangan ini memang menjadi salah satu kuliner Bali yang top, bebek goreng Bali ini terkenal akan kerenyahan dari kulitnya serta lembut dan juicy dagingnya, begitupun di Putu Made, mereka mengolah Bebek Goreng ini dengan sangat sempurna. Crispy outside, juicy inside sesuai dengan ekspektasi, yang khas lagi dari Bebek Goreng Ubud adalah dihidangkannya selalu 1/2 ekor, bumbu bebek goreng di sini begitu pas dan membuat kita gak bisa berhenti untuk menyantapnya! Selain bebek goreng jangan lupa menu spesial lainnya yaitu Bebek Betutu.

>> Klepon isi nangka
IDR 29K


Untuk pilihan dessert sendiri ada beberapa pilihan kue tradisional seperti Klepon Isi Nangka ini, klepon terbuat dari campuran tepung beras dan ketan yang didalamnya diisikan kelapa dan gula jawa nah di sini mereka menambahkan nangka sebagai pemberi rasa tropis khas Indonesia, kemudian diluarnya diberi taburan kelapa parut, love this!

>> Pisang Rai
IDR 29K


Dessert berikut agaknya tak jauh berbeda, hanya saja berbahan dasar pisang yang juga dibalut dengan tepung beras dan juga kelapa, kemudian dimakan dengan saus cocolan berbahan dasar gula jawa, simple tapi mengesankan.


Overall, it's a pleasure menjadi salah satu orang pertama yang bisa mencicipi restaurat ini sebelum buka untuk publik. Selain hidangannya yang begitu mengesankan, tempatnya pun sangat nyaman. Cocok banget untuk dijadikan sebagai tempat mamanjakan lidah anda bersama keluarga, teman ataupun kolega di akhir pekan ini, terus lestarikan kuliner Indonesia.

Stay Hungry,

Filipus Verdi Danutirto Tanu
@filipusverdi
thehungrydoctor.id@gmail.com

No comments:

Post a Comment