Monday, July 31, 2017

Singapore Travel Guide 101

Buat kalian pecinta travelling terkadang ditengah kesibukan pekerjaan ingin sebentar melakukan "escape" untuk menjernihkan pikiran. Suka mejelajah daerah urban sekalian hunting makanan enak, tapi cuma punya waktu sebentar? Singapore cocok jadi destinasi kalian, negara yang semakin berkembang setiap tahunnya ini membuat para wisatawan dari mancanegara terus ingin kembali ke sini.

Perjalanan dari Jakarta menuju Singapore dengan penerbangan biasanya kurang dari 2 jam dengan perbedaan waktu 1jam (Singapore lebih maju 1 jam dari Jakarta). Changi International Airport adalah Bandara International Singapore yang memiliki 4 buah terminal. Design bandaranya sangat futuristik, maka dari itu pantaslah Changi disebut sebagai Airport dengan desain terbaik. Antar terminal juga sudah dilengkapi dengan SkyTrain yang setiap 2 menit bisa mengantar kita berkeliling keempat terminal tersebut. Sistem transportasi di Singapore sendiri sudah amat maju, sejak dulu sudah ada MRT yang berintergrasi dari Changi Airport menuju pusat kota. Sehingga mempermudah mobilisasi para traveller baik dengan bagasi besar maupun kecil.


Map MRT Singapore 2017




Interior ruang tunggu MRT Changi Airport (Green Line)

Di libur kuliah tahun ajaran baru ini, saya dan 2 temen baik saya, Felicia Tania dan Nathania Santoso secara dadakan merencanakan "Our Sweet Escape" sebagai upaya menjernihkan pikiran kami sebelum kembali dengan kesibukan kuliah dan project-project kami saat nanti libur semester berakhir. Dan kebetulan ada promo dari Traveloka sehingga kita mendapat deal flight dan hotel yang cocok dengan budget kami.
And here we go, Singapore!

Day 1



Sesampainya kami di Singapore, kami langsung menuju gate arrival untuk mengurus kartu kedatangan, mengantri imigrasi dan juga mengambil bagasi kami (semua proses serba cepat, berbeda dengan di Jakarta -_-) selanjutnya kami menggunakan MRT dari Changi Airport menuju hotel kami di daerah Lavender untuk melakukan check-in dan selanjutnya menuju destinasi pertama kami yaitu area Marina Bay Sands.

*MRT menggunakan kartu ezlink dengan harga pembelian 12 SGD (sekitar 120.000IDR dengan deposit kartu seharga 5SGD, dan saldo yang bisa dipakai 7SGD), kartu ezlink dapat digunakan untuk MRT, LRT, Bus dan juga jasa loker dibeberapa tempat.

*Simcard bisa dibeli di 7eleven terdekat. Untuk 5-7 hari paket unlimited turis sekitar 10-15SGD (sekitar 100.000-150.000IDR) ada beberapa merek provider seperti singtel, starhub dan M1.




Untuk mencapai Marina Bay Sands, kita perlu menggunakan MRT dan berhenti di Bayfront Station. Marina Bay Sands adalah shopping center terbesar di Singapore yang dilengkapi dengan hotel, kasino, museum, dll. Tujuan utama kami hari ini adalah mengunjungi ArtScience Museum. Ada beberapa exhibition yang bisa kita kunjungi, seperti Future World, The Universe and Art, Human+,etc. Pertama kami mengunjungi Future World exhibition yang berada di lantai basement bersebelahan dengan letak tiketing.

Cek Harga Tiket disini. (list harga khusus untuk pelajar jangan lupa bawa student card)

MRT: Bayfront Station
BUS: Bayfront Avenue Bus stop
97, 97E, 133, 133M, 502, 518, 106

The Black Waves Exhibition 
MySporeSquad <3











My fav quotes there.



Setelah mengunjungi Future World exhibition kami mengunjungi The Universe and Art exhibition di lantai 3. Berisikan pameran seni yang kental dengan sejarah peradaban dunia. (only open until 31July 2017)






"Anak Nongkrong"














Untuk mengunjungi 1 exhibition ini kita harus membeli tiket seharga 17SGD (sekitar 170.000IDR) dan untuk tiket terusan 2 exhibition seharga 28SGD (sekitar 280.000IDR), untuk para pelajar yang membawa kartu pelajar bisa mendapatkan harga special yaitu 19SGD (sekitar 190.000IDR) untuk tiket terusan 2 exhibition.




Helix Bridge









Selanjutnya kami pergi naik MRT menuju ke area Chinatown. Salah satu tujuan kami hari itu adalah untuk mencoba Liao Fan Hawker Chan yang terkenal karna mendapatkan Michelin Star Award untuk Hongkong Soy Sauce Chicken Rice. 













Soya Sauce Chicken Noodle 4.8SGD (sekitar 48.000IDR)


Roasted Pork Noodle 5SGD (sekiar 50.000IDR)




Char Siew Rice 5SGD (sekitar 50.000IDR)



Char Siew Noodle 5SGD (sekitar 50.000IDR)
Lokasi di Smith Street ini adalah cabang yang mendapatkan award. Untuk yang mau coba makan disini harus siap-siap bersabar karena kalian akan mengantri panjang. Hindari juga jam makan siang dan makan malam karna antriannya akan semakin ramai. Di Jakarta (Pantai Indah Kapuk), sekarang sudah ada cabang dari Hawker Chan, namun untuk rasa memang yang aslinya jauh lebih enak. Wajib banget kalian coba!

Liao Fan Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice and Noodle – Smith Street
78 Smith Street Singapore 059872
Opening Hours: 11:00am – 9:00pm


Hawker Stall: Blk 335, Smith Street #02-126, Chinatown Food Complex, Singapore 050335
Opening Hours: 10:30am to 7:00pm (Mon – Tues, Thurs – Fri), 8:30am to 7:00pm (Sat – Sun), Closed Wed
Liao Fan Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice and Noodle – Tai Seng
18 Tai Seng Street #01-02 Singapore 539775
Opening Hours: 11:00am – 9:00pm




Di area Chinatown saat sore hingga malam hari kalian bisa menghabisakan waktu berkeliling dengan berbelanja oleh-oleh khas singapore maupun barang-barang khas pecinaan yang harganya cukup murah. Didaerah Chinatown juga banyak hotel dan hostel, harganya cukup murah namun mayoritas kamar berukuran kecil. Beberapa tempat wisata di sekitar Chinatown yang bisa dikunjungi:
Sri Mariamman Temple

Buddha Tooth Relic Temple Museum
Thian Hok Keng Temple
Nus Baba House
Red Dot Museum
Maxwell Food Center





Stay Hungry,
Brigitta Veggy Aprilia Tanu - @brigittaveggy

No comments:

Post a Comment