Wednesday, April 19, 2017

Padang Merdeka : The Indonesian Herritage


Hello foodies! Sorry nih baru update lagi karena lagi sibuk banget di RS dengan shift jaga yang super padat, well kali ini saya mau mengangkat satu cerita tentang kuliner khas Indonesia yang belum lama ini buka, I bet all of you suka sama makanan Indonesia, makanya I think I should have shared this story! Bicara soal makanan Indonesia mungkin gak akan ada habisnya, setiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing, restaurant satu ini menyajikan masakan yang sebenarnya bisa kita temukan disetiap sudut wilayah di Jakarta, apa itu? YES Masakan Padang! Nama restaurantnya ini Padang Merdeka.

Namanya pun begitu menjunjung tinggi semangat perjuangan bangsa Indonesia, yaitu Merdeka. Mereka cukup khawatir dengan kuliner Indonesia yang semakin hari semakin "terjajah" oleh kuliner asing, oleh karena itu mereka ingin memperjuangkan lewat suatu rumah makan yang diberi nama Padang Merdeka.



Restaurant ini terletak di daerah Kota Tua, tepatnya di Jl.Lada no.1 ada arah menuju stasiun kota tepat disebrang BNI, jadi lokasinya ada di depan kantor pajak. Nah kalau kalian mengira disini bakalan susah parkir, nyatanya parkir di sini gampang banget kok, luas area parkirnya, dan pastinya aman juga, karena kalian bisa pakai tempat si parkir pajak. Kalau kalian bawa kendaraan pribadi ya kalian akan masuk dari pintu belakang restaurant ini.





Kalau masuk dari pintu depan, saat pertama kali memasuki ruangan ini kalian akan melihat lukisan para pejuang kemerdekaan kita terpampang dengan besar,hal ini membuat kita semakin merasa bahwa restaurant ini sangat bertemakan Indonesia, ditambah lagi dengan ornamen-ornamen ukiran serta batik yang sangat khas dengan ciri Indonesia. Begitu melihat ke langit-langit kita akan menemukan pulau Indonesia yang tertata dengan cantik, tak sampai di situ di temboknya juga terdapat mural Bhineka Tunggal Ika yang merupakan semboyan negara kita.





Selain tempat makan, restaurant ini juga cocok jika ingin dijadikan sebagai salah satu sarana untuk menjadi wisata yang sangat ke Indonesia-an. Kemudian pada sisi ini juga terdapat food center dimana setiap makanan yang akan disajikan dipersiapkan. Sesuai dengan konsepnya, restauran ini ingin memberikan pengalaman makan masakan Padang yang tradisional, proper dan pastinya harganya terjangkau, mungkin sekilas tempat ini terlihat sangat mewah namun harganya start dari 26 ribu rupiah untuk paket nasinya loh! 





Pelayanan di Padang Merdeka ini cukup baik, mereka dengan segera menyajikan segala jenis lauk yang mereka punya di atas meja layaknya restaurant padang pada umumnya. Pelayan di sini ramah dan gak segan untuk memberikan menu-menu yang di rekomendasikan, sehingga para pengunjung tidak kebingungan karena lauknya yang banyak. Tak lupa juga mereka menawarkan beberapa menu yang harus di siapkan terlebih dahulu seperti Ayam Goreng dan Ayam Pop yang harus disajikan sesaat setelah dimasak supaya rasanya juara.



Jadi seperti inilah yang akan tersaji di meja para pengunjung sekalian! Khas Padang banget kan penyajiannya? Biarpun tempatnya sudah modern tetapi tidak menghilangkan unsur tradisional dan khas masakan Padang, menunya pun sangat beragam mulai dari Rendang, Ayam Gulai, Ayam Pop, Ayam Goreng, Gulai Tunjang, Gulai Otak, Ikan Goreng Balado, Paru Goreng, Dendeng Balado, Dendeng Batokok, Sayur Singkong, Sayur Nangka, Telur Balado, Telur Dadar, dan masih banyak lainnya!! Pasti kalian bakal bingung deh kalau ke sini mau ambil yang mana, soalnya semua menggiurkan, SAMA! gw juga! 

Nah akhirnya dari semua lauk-lauk penggoda iman ini, terpilihnya... Jeng jeng jeng



Nasi, Sayur Singkong, Ayam Goreng, Rendang, Gulai Tunjang (Kikil), Dendeng Batokok (Dendeng Cabe Ijo) dan Sambal Ijo serta Sambal Balado! I'm so blessed to have this for lunch... before eat this wait... I want to add some more..


YES KUAH GULAI AYAM!! Di sini itu bumbunya gak main-main, lihat aja tuh kental banget, rempahnya sangat kuat dan aromanya juga udah dahsyat banget ini! Bikin nelen ludah *seriusan sambil nulis ini gw ngiler parah* Yep their taste was so amazing! Kalau padang kadang minyaknya itu bikin eneg or somehow like that, di sini terasa jauh lebih nyaman saat di santap, pokoknya pas aja gitu setiap gigitannya *tsaah* Apalagi perpaduan dari kuah gulai yang bergumul dengan bumbu rendang, serta bumbu ayam goreng dan cabe! OMG 


Ayam Gulai 

Mari kita mulai dengan menu wajib di restauran Padang, yep Ayam Gulai! Dimanapun kalian ke restaurant Padang pasti bakal nemuin ini, yang membuat ayam gulai di sini beda adalah bumbunya yang lebih thick dan juga warna yang lebih merah, bumbunya juga meresap hingga ke dalam, top markotop!

Ayam Goreng 

Ayam goreng sudah menjadi makanan yang sangat umum di Indonesia, nah di sini di goreng dengan rempah yang pas dan juga crispy diluarnya serta di bagian dalamnya masih terasa lembut dan juicy yang gak bisa dilupakan adalah cocolan kecap pedas gurihnya yang ciamik! 


Ayam Pop

Nah kalau menu satu ini gak semua restaurant padang menyediakan, ayam pop! Salah satu favorit gw juga nih dimanapun kalau urusan masakan padang. Ayam pop ini sebenarnya rasanya mirip dengan ayam goreng hanya saja digorengnya cuma asal banget, cuma dicelup sebentar ke minyak panas dan rasanya memang lebih gurih dan lembut! Kalau makan ayam pop kudu wajib mesti dicocol ke sambal tomatnya yang autentik banget :9


Rendang

Inilah dia salah satu kuliner kebanggaan Indonesian yang masuk dalam TOP 10 Makanan Terenak di Dunia versi Majalah TIMES! Amazing banget gak tuh? look at that oily f*cking delicious spice!! Rendang emang melegenda banget deh, lembut, pedas, gurih, semua rasa lengkap banget, actually makan tanpa daging cuma nasi dengan bumbu rendang aja udah luar biasa banget rasanya, disini mereka juga punya taste rendang yang sesuai dengan karakteristik masakan Indonesia, namun Rendang di sini tidak begitu pedas, jadi pastinya bisa dinikmati oleh siapapun bahkan anak kecil.


Dendeng 

Olahan berbahan dasar daging sapi khas Padang selain rendang ya si dendeng ini, Dendeng punya 2 tipe : Kering dan Basah. Di Padang Merdeka mereka menyajikan yang versi basah, jadi dendengnya ini lembut kemudian baru diatasnya diberikan cabe ijo atau merah sesuai selera kita, kalau dibeberapa resto lain ada juga yang crispy saat dimakan. I like both of them.




Menu lain yang tak kalah enak juga adalah paru goreng, gulai tunjang (kikil) dan juga ikan goreng balado, pokoknya kalau ke sini di jamin khilaf deh! Harga makanannya pun terbilang terjangkau dari range IDR 12.000 - IDR 35.000 untuk lauknya, ya untuk berdua hanya dengan IDR 100.000 saja sudah bisa makan dengan nikmat dan kenyang pastinya! Yuk lestarikan kuliner Indonesia!

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

=====================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter     :  @hungrydoctor

=====================

Padang Merdeka
Jl. Lada No.1, Kota Tua
Jakarta Pusat

No comments:

Post a Comment