Tuesday, January 3, 2017

Bangkok Travel Guide 101

Buat kalian pecinta travelling yang suka hunting makanan enak, hobi belanja dan seorang penikmat atraksi bersejarah, Bangkok adalah salah satu kota destinasi liburan yang pantas dan wajib kamu kunjungi. Kota Bangkok sebenarnya sudah lama terkenal sebagai surganya makanan enak dan belanja murah tapi kota ini semakin berkembang setiap tahunnya dan membuat para wisatawan dari mancanegara terus ingin kembali ke sini. Bangkok adalah salah satu destinasi liburan yang tepat bagi kalian ingin liburan lengkap tanpa harus menguras kocek terlalu dalam.

Perjalanan dari Jakarta menuju Bangkok dengan penerbangan biasanya kurang lebih 4jam dan tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dengan Bangkok. Bangkok sendiri punya 2 Bandara Internasional yaitu Suvarnabhumi International Airport dan Don Mueang International Airport. Suvarnabhumi Airport (dibaca Suwarnapum, artinya Tanah Emas) adalah Bandara International baru Bangkok yang bangunannya bergaya futuristik dan Don Mueang International Airport adalah Bandara Internasional lama Bangkok yang sekarang dikhususkan untuk penerbangan domestik Thailand dan penerbangan pesawat Budget (AirAsia, NokAir, ThaiLion, dll). 

Keduanya terletak di kota Bangkok, Suvarnabhumi terletak di sebelah Tenggara Bangkok dan Don Mueang terletak di Utara kota Bangkok. Jarak antar bandara lumayan jauh, kurang lebih 45km dan memerlukan sekitar 1 jam perjalanan via jalan tol, tapi ada juga free shuttle bus (busnya warna orange dan beroperasi dari jam 4pagi sampai 10malam) untuk transfer antar 2 Bandara ini cukup dengan menunjukan tiket pesawat penerbangan selanjutnya dan juga Bus Umum no 555 seharga 50Baht (20.000 IDR) yang tersedia setiap 5menit di pintu keluar masing-masing Bandara. 

Gimana cara ke Pusat Kota Bangkok dari Airport?


Dari Suvarnabhumi

Ada 2 cara menuju Bangkok, yaitu menggunakan taxi (Taxi biasa dan online) dan kereta bandara yang dikenal dengan sebutan ARL (Airport Rail Link, mirip seperti yang ada di Airport Changi, Singapura). Kereta ARL berada di lantai Basement Airport, lalu selanjutnya lakukan pembelian tiket melalui mesin sesuai dengan daerah tujuan dan akan keluar tiket berupa coin plastik untuk akses menuju kereta ARL tersebut. Kereta ARL ini beroperasi dari jam 06.00 - 24.00 setiap hari. ARL akan menghubungankan kita dengan 2 moda transportasi lainnya yaitu BTS (Phaya Thai Interchange Station) dan MRT (Phetchburi Interchange Station).

Untuk taxi bisa mengikuti meteran argo ataupun kesepakatan harga diawal (tawar menawar), perlu di ingat, Bangkok tidak jauh berbeda dengan Jakarta yang selalu macet jadi harus pintar-pintar memilih moda mana yang sesuai saat kalian tiba di Bangkok. Dan ada baiknya juga selalu memantau akses perjalanan kalian dengan Google Maps ataupun aplikasi maps lainnya agar tidak terjebak oleh supir-supir taksi nakal yang sengaja menjebak turis.

Dari Don Mueang

Belum ada akses ARL seperti Suvarnabhumi (diwaktu mendatang akan ada karna sekarang masih dalam proses pembangunan) tapi ada beberapa pilihan yang juga mudah dan murah, yaitu menggunakan taxi (taxi biasa dan online) dan Bus Umum. Bus Umum no A1 dan A2 siap membawa kita ke pusat kota Bangkok cukup hanya dengan 30Baht (12.000 IDR). Bus Stop nya ada tepat di depan pintu keluar terminal dan akan tiba setiap 5menit. 

Bukti Pembayaran Tiket Bus A2

A1: Don Mueang Airport-Kasetsart University (Viphawadi Rangsit Rd)-BTS Mo Chit-Chatuchak Park-Mochit 2 / Northeastern Bus Terminal
A2: Don Mueang Airport-Kasetsart University (Viphawadi Rangsit Rd)-Chatuchak Park-BTS Mo Chit-BTS Saphan Kwai-BTS Ari-BTS Sanam Pao-BTS Victory Monument

Selanjutnya dari BTS Mo Chit (atau BTS lainnya sesuai dengan pemberhentian bus yang kalian gunakan seperti BTS Ari atau BTS Victory Monument) kalian bisa membeli tiket menuju ke pemberhentian BTS terdekat dari tujuan kalian. (untuk estimasi biayanya bisa di cek di sini) 
Kartu Tiket BTS - Single Trip
BTS atau Bangkok Mass Transit System atau BTS Skytrain, terbagi atas 2 line, Sukhumvit Line (Light Green Line) dan Silom Line (Dark Green Line). Kedua Line ini berpusat di Siam sebagai Interchange Station. BTS sendiri beroperasional mulai jam 5pagi sampai 12malam. Jarak terdekat 15Baht (6.000 IDR) dan terjauhnya 52Baht (20.800 IDR). Salah satu moda transportasi favorit masyarakat Bangkok dan juga turis karna paling efektif, cepat dan murah. Mesin pembelian tiket BTS menggunakan koin (koin pecahan 10Baht, 5Baht dan 1Baht), bisa menukar uang kertas kalian dengan koin logam di loket petugas BTS. Hanya di beberapa station BTS tertentu yang tersedia mesin tiket BTS yang menerima pembayaran bentuk pecahan uang kertas dan coin. Bisa juga membeli One Day Pass seharga 140Baht (56.000 IDR) atau 30Days SmartPass. 


Pembelian SIM Card

Tempat penjualan SIM Card berada di area sebelum pintu keluar airport. Ada beberapa pilihan penjualan SIM Card yang ditawarkan masing-masing toko dan brand, ada shop official milik provider TrueMOVE (warna Merah), dTAC (warna Biru), AIS (warna Hijau) dan juga toko milik pribadi seperti layaknya toko pulsa di Jakarta.
Paket internet yang ditawarkan juga beragam yaitu paket 3G/4G dengan durasi waktu:
7-day stay, 299 Baht (119.600 IDR)
10-day stay, 449 Baht (179.600 IDR)
15-day stay, 599 Baht (239.600 IDR)
30-day stay, 849 Baht (339.600 IDR)
Paket tersebut termasuk akses Internet Unlimited (setelah batas kuota mencapai batas maksimal, maka akan ada penurunan speed internet) dan pulsa telephone. Untuk yang mau menambah kuota extra ataupun pulsa, nantinya bisa top up di 7-Eleven, Tesco Lotus, Fresh Mart dan Family Mart.



Pemilihan Daerah Penginapan Hotel


Mo Chit

Cukup jauh dari pusat kota, keramaian terdekat dari Don Mueang Airport, daerah tempat Chatuchak Weekend Market dan Northeastern Bus Terminal (Terminal Bus dan Minivan tujuan daerah diluar kota Bangkok seperti Cha-am, Huahin, Pattaya dll.).

Ratchathewi

Daerah cukup ramai, cukup strategis, ada beberapa pusat perbelanjaan elektronik dan fashion (Pantip Plaza, Pratunam Plaza dan Platinum Fahion Mall), lokasi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok, Thailand.

Siam

Daerah pusat kota Bangkok, sangat ramai, sangat strategis, banyak pusat perbelanjaan (Siam Paragon, Siam Center, Siam Discovery, Siam Square,dll.), lokasi BTS Center (interchange station Silom Line and Sukhumvit Line).

Ratchadamri dan Chit Lom

Daerah ramai, cukup strategis, daerah perkantoran, pusat perbelanjaan terdekat Central World dan Gaysorn.

Sala Daeng, Silom dan Chong Nonsi

Daerah perkantoran, ramai, tidak terlalu crowded, cukup strategis. 

Asok

Daerah ramai, pusat perbelanjaan Terminal 21.

Sukhumvit, Phrom Phong, Thong Lo, dan Ekkamai 

Daerah ramai banyak hotel, low budget hotel, bed and breakfast, dan guest house. Banyak cafe dan coffee shop, ada mall EmQuartier. 


Tips: 

Sebelum menentukan hotel mana yang tepat ada baiknya menyusun itinerary perjalanan kalian selama di Bangkok. Jadwalkan akan kemana saja tujuannya sehingga kalian bisa menetapkan 1 lokasi terbaik yang paling tepat untuk lokasi penginapan. Tiap lokasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Carilah penginapan yang dekat dengan station BTS sehingga mempermudah akses kalian berpergian kemana-mana dan juga dekat dengan minimart seperti 7-Eleven.

Rekomendasi: 


Waktu Terbaik

November - Februari : 

Cool Season, waktu terbaik untuk berkunjung ke Bangkok, cuaca cerah sedikit terik saat siang lalu cerah berawan sepanjang hari.

Maret - Juni:

Hot Season, harus siap-siap terkena sinar matahari karna bulan tersebut Bangkok sedang Musim Panas. Siap sedia topi ataupun payung akan menurangi rasa panasnya.


Juli - Oktober:

Rainy Season, harus siap-siap payung ataupun jas hujan, karna pada bulan tersebut Bangkok sedang Musim Hujan.

Peta Bangkok


Peta ARL, BTS, dan MRT


Peta Chao Phaya Express Boat




Stay Hungry,
Brigitta Veggy Aprilia Tanu - @brigittaveggy

No comments:

Post a Comment