Monday, January 9, 2017

Bangkok Travel Guide 107


Bangkok punya berbagai jenis destinasi wisata alternatif selain tempat bersejarah, pusat keagamaan dan pusat perbelanjaan yang ada di pusat kota. Ada cara lain buat kalian menikmati wisata di Bangkok yang terasa lebih lokal dan sederhana, ya cobalah mampir ke pasar apung atau Floating Market. Ada beberapa option Floating Market yang bisa kalian kunjungi nanti. 

Beberapa yang terkenal yaitu Damnoen Saduak Floating Market (jauh tapi paling dikenal bagi para turis), Amphawa Floating Market (cukup jauh tapi design lebih orisinil), Talin Chan Floating Market (tidak begitu ramai tapi cukup dekat dari Bangkok), Khlong Lat Mayom Floating Market (paling dekat dengan Bangkok tapi pasar apungnya kecil) dan Bang Nam Pheung Floating Market (cukup dekat dari Bangkok tapi transportasinya cukup susah). 

Damnoen Saduak merupakan salah satu pasar terapung terbesar dan paling ramai dikunjungi di Asia Tenggara dan menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan lokal dan asing yang berkunjung ke Thailand. Menurut guide lokal disana, pasar ini sudah ada sejak masa pemerintahan kerajaan King Rama IV yaitu pada abad ke-19. Waktu terbaik untuk kesini adalah pagi hari. 





Damnoen Saduak buka sejak jam 7pagi sampai jam 3siang. Di sini akan ada banyak penyewaan perahu motor dari dermaga-dermaga di sepanjang jalan menuju gerbang masuk Damnoen. Tarif perahu motor sekitar 1500-2000Baht (600.000-800.000 IDR) untuk satu jam berkeliling. Satu hal yang perlu selalu diingat, disini semuanya bisa ditawar. Jika kalian punya keahlian dalam tawar menawar maka harganya bisa turun sampai 600-800Baht (240.000-320.000 IDR).



Thai Spring Roll

Fresh Coconut

Di dalam Damoen Saduak terdapat banyak penjual berbagai makanan, minuman, buah-buahan, topi, aksesoris dan juga souvenir. Pandai-pandailah menawar barang untuk mendapat harga terendah saat berbelanja. Sambil naik perahu, wisatawan bisa kulineran jajanan khas Thailand seperti es kelapa, mango sticky rice, buah-buahan segar, sate-satean, grill seafood, coconut cream crepes dan masih banyak lagi. Setelah mengitari floating market biasanya perahu akan mengantar kita juga ke Coconut Sugar Farm dan juga berkeliling beberapa temple. Jika kalian mau, sore harinya setelah dari Damnoen Saduak kalian bisa juga langsung menuju Amphawa Floating Market dan menikmati sunset di pasar apung yang terkenal orisinil itu.






Gimana cara ke sini dari Bangkok?


Damnoen Saduak dan Amphawa berada di sekitar provinsi Ratchaburi. Untuk menuju ke lokasi ini, wisatawan bisa minivan sekitar 120Baht (48.000 IDR) atau naik bis no 78 seharga 64Baht (25.600 IDR) dari terminal Sai Tai Mai (Bangkok Southern Terminal) selama kurang lebih 1 jam perjalan. Atau bisa juga menggunakan taksi dari pusat kota Bangkok dengan harga ata-rata taksi non meter antara 600-800Baht (240.000-320.000 IDR) untuk transpotasi pulang-pergi menuju pasar terapung ini.


Tips: 

Floating Market buka setiap hari tapi jika berkunjung saat weekend akan lebih banyak toko yang berdagang dan juga aktivitas pasar apung akan lebih ramai dan meriah.




Stay Hungry,
Brigitta Veggy Aprilia Tanu - @brigittaveggy 

No comments:

Post a Comment