Saturday, January 7, 2017

Bangkok Travel Guide 105


Memiliki kemiripan dengan Indonesia, Thailand saat ini menjadi negara yang paling diminati untuk liburan singkat melepas penat. Puas mengeksplorasi Bangkok tentunya ga boleh kelupaan satu hal penting ini, yaitu adalah berwisata kuliner enak jajanan khas Thailand. Surga makanan serta jajanan jalan cocok untuk Bangkok yang menyuguhkan makanan melimpah ruah sepanjang jalan. Buat yang berani juga bisa cobain kuliner yang “unik dan ekstrem” seperti kalajengking goreng, belalang goreng dan serangga goreng lainnya. 


Jajanan khas Bangkok yang wajib dinikmati:


Pad Thai 



Pad Thai adalah kwetiau goreng khas Thailand yang digoreng dengan topping utama udang, bedanya kwetiau yang digunakan bentuknya lebih kecil layaknya mie lebar. Bahan pelengkap lainnya ada telur, toge, sayuran dan terakhir ditaburi cincangan kacang goreng dengan rasa asin, manis lalu sedikit perasan jeruk nipis yang menambah rasa asam segar. Membayangkan semua bahan tersebut bercampur menjadi satu sehingga jadilah kuliner enak yang menggoyang lidah. Pad Thai bisa ditemukan di beberapa kedai kaki lima pinggiran jalan dan juga di cafe dan restaurant.


Rekomendasi:
Pad Thai Udang (Pad Thai Kung) di AMA Arts & Eatery, Tha Thien Pier. 

Mooping


Mooping adalah sate manis gurih berbahan dasar daging babi yang telah direndam bumbu yang selalu bisa kalian temukan hampir diseluruh kawasan Bangkok. Hanya dengan 10Baht (4.000 IDR), kalian sudah bisa menikmati kelezatannya. Biasanya kedai Mopping yang dipinggir jalan juga berjualan sate seafood seperti cumi ataupun gurita bagi yang tidak memakan daging babi.

Rekomendasi:
Di pedagang kaki lima sekitar area wisata dan juga di sekitar station BTS/MRT.


Mango Sticky Rice (Khao Niao Mamuang)


Belum sah kalau ke Thailand tapi tidak mmencoba menu satu ini. Yap, Manggo Sticky Rice atau ketan mangga yang disiram dengan saus santan kental. Jajanan pencucui mulut ini gampang sekali ditemukan disepanjang jalanan Bangkok. Paduan rasa manis dengan asam ditambah manis santan dan ketan membuat lidah akan ketagihan. Harganya berkisar 35-90Baht (14.000-36.000 IDR).


Rekomendasi:
Mango Tango di Siam Square dan Siam Paragon.
Food Court Pier 21 di Terminal 21 Asok.
Stall Mango Sticky Rice di Chatuchak Weekend Market.


Thai Tea


Minuman yang paling mudah ditemui di Bangkok selain kopi adalah Thai Tea. Thai Tea menjadi minuman yang menarik karena memiliki rasa manis dan menyegarkan. Campurannya terdiri dari susu, krimer serta teh kemudian dikocok lalu dituang ke gelas berisi es batu. Di Thailand ada beberpa brand kedai penjual Thai Tea, tapi favorit hampir semua orang jatuh pada ChaTraMue's Brand Thai Milk Tea. Segelasnya seharga 40Baht (16.000 IDR) dan untuk bubuk Thai Tea-nya saja seharga 60Baht (24.000 IDR).

Rekomendasi:
Thai Milk Tea di ChaTraMue Booth BTS Chong Nonsi.


Khanom Tokyo 


Jajanan satu ini sangat terkenal dikalangan anak-anak dan dewasa. Khanom Tokyo sebenarnya adalah adonan crepes gulung yang isinya bisa berupa sosis, telur, ataupun kombinasi keduanya. Harganya berkisar 20-30Baht (8.000-12.000 IDR) tergantung isinya.


Coconut Ice Cream


Panas berkeliling Bangkok, bikin tenggorokan butuh yang segar. Hampir di seluruh area wisata belanja di Bangkok terdapat kedai Coconut Ice Cream dengan pilihan toping yang beragam. Sebatok kelapa es krim dengan segelas air kelapa murni bisa didapatkan hanya dengan 50Baht (20.000 IDR). Topping yang beragam akan membingungkan kalian saat membelinya, dari beberapa kali mencoba sepertinya yang paling cocok dan yang bisa kalian juga coba nanti adalah kombinasi jagung manis dan nata de coco.

Rekomendasi:
Coconut Ice Cream by Coco JJ di Chatuchak Weekend Market


Coconut Cream Crepes (Khanom Buang)


Manis gurihnya kelapa, membuat olahan kelapa selalu diminati. Termasuk cemilan satu ini, Thai Coconut Cream Crepes. Dengan pilihan topping kelapa parut (warna orange) atau kuning telur (warna kuning), kalian bisa menikmati sekotak cemilan ini hanya dengan 30Baht (12.000 IDR).


Quail Eggs


Quail Eggs atau telur puyuh goreng biasa lebih mudah di temukan di pusat wisata ataupun pasar lokal. Semangkuk telur puyuh seharga 20Baht (8.000 IDR) berisikan sekitar 10 telur dengan saus kecap asin diatasnya. Buat kalian pecinta telur, jajanan satu ini bisa bikin kalian ketagihan.


Crispy Thai Oyster Omelete (Hoy Tod) 


Salah satu menu yang ga boleh dilewatkan adalah Hoy Tod. Beberapa orang menyebut menu ini pancake adapula yang bilang omelet, tapi yang penting adalah rasanya. Sensasi yang kalian rasakan nanti adalah perpaduan gurihnya telur goreng dengan sedikit adonan lalu wanginya daun bawang yang bersatu dengan tiram segar yang juicy. Top recommended!

Rekomendasi:
Nai Mong Hoy Tod di Chinatown.
Food Court di Terminal 21 Asok dan Platinum Fashion Mall.


Fresh Orange Juice


Masyarakat Bangkok boleh berbangga karena hasil perkebunan buah mereka memang tidak bisa dianggap remeh. Salah satu buah terbaik hasil perkebunan mereka adalah Jeruk Peras. Di sepanjang jalan di Bangkok banyak yang menjual jeruk peras murni dengan beragam ukuran botol, harganya sekitar 20-30Baht (8.000-12.000 IDR) tergantung bentuk dan ukuran botol. Jika kalian pecinta rasa jeruk manis sedikit asam maka pesanlah yang jeruk murni. Tapi jika kalian tidak mau sedikitpun rasa asam maka pesanlah yang sudah dicampur dengan gula cair.


Bangkok Banana


Seperti Tokyo Banana yang mendunia, Bangkok juga punya cemilan jenis ini dan ga kalah enak. Harganya satuannya hanya 12Baht (4.800 IDR) dan yang 1 box berisi 5buah hanya 50Baht (20.000 IDR). Umumnya bisa dengan mudah kalian jumpai di 7-Eleven seluruh kota Bangkok. 


Menu favorit lainnya yang tidak boleh terlewatkan:

Tom Yam (Tom Yam Kung)
Kway Chap dan Blood Soup
Green Curry (Kaeng Khiao Wan)
Som Tam (Salad Papaya Muda)
Tod Mud (Perkedel Ikan)
Gluay Ping (Pisang Bakar saus Karamel)
Toasted Bread
Thai Pancake Banana
Buah Segar Potong
Serangga Goreng

Fried Noodle with Prawn

Grill Ginger Chicken

Fish Ball Soup

Mini Cakwe

Kway Chap 
Tom Yam Kung
Sour Sausage
Keunikan kuliner Thailand memang terletak di rasa yang khas manis, asam, pedas dan segar. Bumbu rempah yang kuat di rasa masakan, segarnya bahan dasar yang digunakan dan resep khusus turun temurun tradisi keluarga juga termasuk di dalamnya. Walaupun di Indonesia khususnya Jakarta sudah menjamur restoran dan jajanan khas Thailand, namun kenikmatan rasanya akan tetap berbeda dengan yang ada asli di Thailand.

Jadi, jajanan mana saja yang akan kalian coba di Bangkok nanti?




Stay Hungry,
Brigitta Veggy Aprilia Tanu - @brigittaveggy

No comments:

Post a Comment