Thursday, January 5, 2017

Bangkok Travel Guide 103


Bosan hanya menghabiskan waktu di kota Bangkok dengan shopping dan kulineran aja? Ada beberapa hal menarik yang bisa kalian lakukan diluar kota Bangkok. Coba saja datang ke Hua Hin, Khao Yai, Pattaya, Phuket ataupun Chiang Mai. Beberapa daerah di luar kota Bangkok ini juga bisa jadi pilihan destinasi liburan kalian yang tidak kalah menarik. Belum lama ini viral di sosial media beberapa tempat wisata di Hua Hin yang berdekor seperti Venice Itali, Arab dan juga yang paling menarik adalah bangunan warna serba putih dan biru yang serupa dengan dekor Santorini di Yunani. Yap, ada Santorini Park di Thailand!

Hua Hin terletak sekitar 200 KM dari Bangkok. Butuh perjalanan sekitar hampir 3jam dari kota Bangkok untuk bisa sampai disini. Hua Hin memang belum seterkenal Phuket atau Pattaya tapi wisata yang disajikan tidak kalah menarik buat para wisatawan. Mayoritas pengunjung tempat wisata ini adalah orang lokal Thailand dan sedikit wisatawan mancanegara khususnya Asia. Ada 4 tempat wisata tematik yang bisa dikunjungi di daerah tersebut, Santorini Park, Swiss Sheep Farm, Camel Republik dan The Venezia. Keempatnya sebenarnya tidak tepat berada Hua Hin, tapi berlokasi di antara Bangkok - Hua Hin yaitu daerah Cha-am.  

ITINERARY DAY 2


SANTORINI PARK


Tiket Masuk: 150Baht (60.000 IDR)

Senin-Jum’at : 10.00-20.00
Sabtu-Minggu-Hari libur: 09.00-20.00

Santorini Park Thailand berlokasi di 555 Moo 3, Khao Yai, Cha-Am, Petchburi 76120 Thailand. Di desain mirip dengan Santorini Park Yunani, meskipun tidak 100 % mirip, tapi nuansa putih biru khas Santorini Park membuat kita serasa berada di Yunani beneran. Santorini Park ini adalah kompleks perbelanjaan yang dipadukan dengan wahana bermain. Buat kalian yang hobi foto-foto Santorini tempatnya! Banyak spot-spot bagus dan unik yang bikin kita serasa bukan di Thailand. Selain Santorini Park, ada juga Santorini Water Adventure (sejenis Waterboom kalau di Indonesia). Tiket masuknya 900Baht (360.000 IDR) untuk turis asing. Untuk yang mau bermalam disini, bisa membooking kamar di Santorini Stay.







SWISS SHEEP FARM



Tiket Masuk: 120Baht (48.000 IDR untuk Dewasa) dan 50Baht (20.000 IDR untuk Anak)

Senin-Jum’at: 10.00-19.00
Sabtu-Minggu-Hari Libur: 09.00-19.00

Seperti namanya, Swiss Sheep Farm adalah peternakan domba, cocok buat kalian pecinta hewan khususnya domba, kelinci dan lainnya. Tidak ada wahana permainan disana, hanya replika peternakan ala Eropa seperti kincir angin, gudang jerami, padang rumput yang luas dan lain sebagainya. Tidak banyak yang bisa kita lakukan disini selain sekedar menikmati suasana dan berfoto. Sangat cocok dikunjungi bersama anak atau saudara yang masih kecil. Beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan di Swiss Sheep Farm adalah memberi makan hewan, memanah, dan beberapa atraksi kecil lainnya.



THE VENEZIA



Tiket masuk: 50Baht (20.000 IDR)

Senin-Minggu: 10.00-22.30

The Venezia atau biasa disebut ‘little venice’, suasananya memang sengaja dibuat mirip seperti di Venezia. Disini wisatawan disuguhkan dengan beragam toko untuk berbelanja (seperti Santorini Park), 3D Art Museum, Mini Zoo, English Up Down House, Mini Train dan yang paling diminati pengunjung yaitu naik gondola. Untuk naik gondola kita harus membayar 380Baht (152.000 IDR). Biasanya akan ada penawaran paket wisata seharian sekitar 280Baht (112.000 IDR) sudah termasuk naik gondola, 3D Art Museum, Mini Zoo dan Mini Train. Hal unik lainnya adalah kita bisa menyewa kostum ala Eropa atau raja dengan harga sewanya sekitar 400-600Baht (160.000-240.000 IDR) perkostum. 


CAMEL REPUBLIC

Tiket masuk: 200Baht (80.000 IDR)

Senin-Jum’at: 10.00-18.00
Sabtu-Minggu-Hari Libur: 09.00-18.00

Tempat wisata bergaya khas Timur Tengah, arsitektur di Camel Republic merupakan perpaduan antara bangunan Persia, Moroko, dan Mesir. Jika Santorini Park adalah tempat belanja yang dipadukan dengan wahana bermain, maka Camel Republic adalah perpaduan antara kebun binatang (unta, jerapah dan flaminggo) dengan wahana bermain. Sesuai namanya, hewan yang jadi bintang utamanya adalah unta. Kalau tidak punya banyak waktu, lebih baik melewatkan Camel Republic dari list kalian. Tempat ini agak kurang seru dan tidak banyak spot foto. 


WAT HUAY MONGKOL


Senin-Minggu: 05:00 – 22:00

Lokasi: Phetkasem Road

Patung besar biksu dengan ketinggian 11meter dan lebar 10meter dibangun pada tahun 2004, masyarakat Thailand percaya bahwa Black Monk (nama yang ia terima untuk patung berwarna gelap) dapat menyelamatkan mereka dari semua yang buruk dan bahkan dari bencana alam. Sang Biksu adalah Luang Pu Thuat (Thai:หลวงปู่ทวด )atau Luang Pu Thuad, Luang Por Tuad, Luang Phu Tuad dan berbagai sebutan lainnya adalah seorang bhikkhu buddhist legendaris yang tinggal di Thailand yang dipuja-puja karena pernah mempertunjukan banyak keajaiban-keajaiban. Jasad Biksu ini di awetkan dan ditaruh di vihara Thailand Selatan (Hatyai). 


ATRAKSI SEKITAR:

Mareukhathaiyawan Palace Hua Hin (Palace of Love and Hope)
FN Factory Outlet
Hua Hin Night Market
Pleamwan Vintage Market
Floating Market


Gimana cara kesana dari Bangkok?

Ada beberapa alternatif menuju Hua Hin dari Bangkok :

Mini Van

Cara paling mudah menuju Hua Hin dari Bangkok adalah naik van. Seperti layaknya menggunakan jasa travel elf Jakarta-Bandung, 1 van disini 10-12 orang dengan tujuan yang sama. Van menuju Hua Hin biasanya ada di Victory Monumet tapi sejak pertengahan tahun 2016 sudah dipindah. Sekarang lokasi minivan ada di Southern Pinklao Terminal, Southern Bus Terminal (Sai Tai Mai) dan juga Northeastern Bus Terminal di Mo Chit. Harga tiket sekali jalan berkisar antara 160-180Baht (64.000-72.000 IDR, tergantung dari terminal mana kalian berangkat, pilih yang terdekat dari daerah kalian berada). Pilihan waktu keberangkatan mulai dari pukul 05.30-18.00 dan minivan terakhir untuk kembali ke Bangkok pukul 20.30 waktu Bangkok.

Tiket Minivan  Bangkok-Cha am-Hua Hin

Lama perjalanan dari Bangkok-Cha am-Hua Hin sekitar 3 jam perjalanan. Untuk berhenti di Cha-am kurang lebih 2 jam perjalanan dari Bangkok jika lancar. Beritahu supir tujuan kalian misalnya Santorini Park, dan nantinya dia akan menurunkan kita tempat tujuan atau pool driver taxi terdekat. Biasanya jasa taksi disana berupa mobil pribadi, sehingga tidak ada tulisan taksinya. Tarif taksi sekitar 300-500Baht (120.000-200.000 IDR) dan akan mengantar kita tempat-tempat wisata diatas. 

Kartu Nama Supir Taksi di Cha-am

Bus

Alternatif yang lebih murah menuju Hua Hin/Cha-am adalah naik bus dari terminal Sai Tai Mai, Bangkok. Bus berangkat setiap 20 menit sekali. Harga tiket bus sekitar 200Baht (80.000 IDR) dengan waktu perjalanan kurang lebih 3,5 jam. Bus beroperasi mulai pukul 03.00-23.20.

Taksi

Harga carter taksi dari Bangkok menuju Hua Hin/Cha am cukup mahal. Biasanya supir akan mempaketkan harganya untuk pulang pergi (supir akan menunggu disana dan mengantar kembali ke Bangkok) dan juga termasuk biaya tol.


Tips:

Aturlah waktu seefektif mungkin supaya dalam waktu seharian penuh kalian bisa menjelajahi semua tempat dan tak ketinggalan untuk berfoto-foto disana. Cuaca disana akan sangat panas saat siang hari karena Hua Hin dan Cha-am adalah daerah pinggiran pantai. Di sarankan membawa selalu topi, payung, kacamata hitam dan tak lupa memakai sunblock. Dan yang pasti siapkan baterai kamera atau hp kalian supaya bisa mengabadikan semua moment disana. 

Pilih moda transportasi sesuai jumlah orang, jika berpergian sendiri atau kurang dari 4 orang ada baiknya menggunakan minivan. Tapi jika rombongan kalian lebih dari 4 orang ada baiknya mencarter taksi (sedan ataupun minibus) ataupun jasa supir harian. Van bisa menurunkan penumpang di sembarang tempat (ingatkan terus supir kalian ingin turun dimana), tapi untuk menaikkan penumpang harus dari agen di Terminal/Shelter.

Lebih baik yang pertama dikunjungi adalah Santorini Park, karena Santorini Park berada di paling ujung. Saat naik van atau bis minta pada sopirnya untuk turun langsung di Santorini Park. Jika menggunakan taxi bisa langsung meminta supir menuju Swiss Sheep Farm, The Venezia, dan jika masih cukup waktu ke wisata lainnya di Hua Hin. Tapi jika menggunakan transportasi lain, dari Santorini Park kita bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus jurusan Hua Hin-Cha Am (ada setiap kurang lebih 30menit) menuju Camel Republic lalu berjalan sekitar 500 meter, menuju Swiss Sheep Farm. Dari Swiss Sheep Farm naik bis yang sama menuju The Venezia, setelah itu bisa kembali ke Terminal mini van ataupun bus untuk kembali ke Bangkok ataupun lanjut naik bus ke kota Hua Hin untuk keliling menikmati wisata lainnya dan menginap disana.

Rekomendasi:



60-80Bath (24.000-32.000 IDR)
at Superichious Noodle Bar, Santorini Park



Stay Hungry,
Brigitta Veggy Aprilia Tanu - @brigittaveggy

1 comment:

  1. Hai briggita, infonya berguna banget.
    Mohon beberapa pencerahan ni, berhubung lagi ad perencanaan ingin kesana.
    1.Berhubung van udh pindah, trus lokasi van yang terdekat dari airpot DMK sepertinya Northeastern Bus Terminal di Mo Chit kan?
    2. Berhubung kita membawa koper, jadi apakah ada transportasi yang bisa kita tumpangi dari DMK ke Northeastern Bus Terminal di Mo Chit tanpa harus sambung menyambung alias sampe tempat langsung?
    Makasih atas bantuannyaa.

    ReplyDelete