Wednesday, October 19, 2016

Saung Layaran Ancol


Ancol menjadi satu destinasi wajib bagi para wisatawan dari luar maupun dalam kota dan negeri untuk berakhir pekan bersama keluarga. Bisa dibilang ini satu-satunya pantai di Jakarta yang bisa jadikan objek wisata, serta banyaknya wahana-wahana yang seru untuk bermain serta kunjungan edukatif yang bisa didapat. Setelah menghabiskan waktu berwisata pastinya perut jadi lapar. Jangan khawatir karena di sini kamu bisa menemukan berbagai tempat makan menarik yang cocok untuk makan bersama orang terkasih, nah berhubung lagi di daerah pantai biar pas makan seafood aja nih, berhubung tempat makan seafood di Ancol itu cukup banyak, saya mau kasih 1 rekomendasi tempat makan baru yang asik, namanya Saung Layaran Seafood Restaurant.







Restaurant yang baru buka dipertengahan tahun ini terletak di dekat Hotel Mercure Ancol yang ke arah menuju Eco Park. Nanti kalian akan menemukan restaurant besar dan saung-saung diatas air yang membuat kita seolah makan diatas danau. Saung Layaran mempunyai lokasi yang strategis dan area makan besar. Kapasitas yang besar menjadikan resto ini sebagai pilihan jika ada acara dan sebagainya. Untuk jenis makanannya sendiri, kalau dilihat dari interiornya, maka restaurant ini lebih ke arah restaurant seafood dengan gaya masak ala Sunda.






Tapi ternyata jenis makanan di sini cukup luas ga terbatas pada seafood saja, melainkan ada ayam dan juga sapi, jadi kalau ada yang alergi dengan hidangan laut bisa beralih ke hidangan lain yang pastinya. Untuk kapasitasnya mungkin berkisar 200pax dan pastinya biar lebih seru harus cari tempat yang di saung/gubug biar lebih suasananya. Nah yang bikin saya menyukai saung di sini adalah karena dijamin gak pegel! Permasalahan kalau biasanya kita makan di saung tuh pegel kakinya, karena harus bersila, kalau disini cukup duduk biasa aja, karena ada space buat kaki kita, jadi lebih santai.






Kemudian di setiap saung ini juga disediakan tempat mencuci tangan, jadi gak perlu jalan jauh-jauh cuma buat cuci tangan , selain itu ada juga tempat menaruh alas kaki, sehingga pas makan rame-rame tetap terlihat rapi, kemudian setiap saung juga dilengkapi dengan bel untuk memanggil pelayan jika diperlukan bantuan, so buat servisnya memang memuaskan deh, karena servis menjadi hal yang cukup vital di lingkungan Ancol, begitu banyak restaurant dengan konsep serupa membuat Saung Layaran perlu wow factor untuk menarik minat.





Tidak cuma dari environment dan servis saja yang harus diperhatikan, yang terpenting adalah CITA RASA! well let's say di Ancol sudah ada restaurant se-kaliber Bandar Djakarta, Telaga Sampireun sampai Rumah Kayu dan masih banyak lagi, oleh karena itu rasa yang ditawarkan harus spesial dan pastinya harga bersaing, so mau tau gimana pengalaman saya saat santap siang di sini?

Untuk memulai makan siang di udara yang cukup panas ini, mari kita buka dengan minuman segar!

>> Caramel Ice Mocca
IDR 25.000


Minuman yang segar dan creamy! Perpaduan pas antara kopi, coklat dan caramel yang nyessss. Dijamin segala dahaga akan hilang, tidak terlalu manis kemudian dilengkapi dengan whip cream dan cherry sebagai garnish, but I prefer to drink it without that cream selain itu memang tidak banyak pake air, jadi ini kentel dan kalo pun didiamkan tidak mempengaruhi rasanya. 

>> Es Jeruk Kelapa 
IDR 28.000


Kalau tadi udah dengan minuman yang modern, sekarang balik ke yang tradisional, menyegarkan dan menyehatkan serta ini udah jadi minuman kesukaan saya kalau lagi menyantap seafood atau hidangan Sunda, JEREPA alias Jeruk Kelapa! Nikmatnya buah kelapa muda berpadu dengan asam manis segar dari jeruk peras yang bener-bener cocok! Must order!

Sambil menunggu hidangan utama tersaji, ada yang unik juga dari Saung Layaran karena mereka juga menyedikan DIM SUM! 



Menu ini sebagai salah satu menu makan pagi mereka, yes mereka buka dari pagi dan menyediakan menu makan pagi seperti bubur, nasi goreng, mie goreng dan lain-lain. Salah satunya dim sum, namun dim sum ini juga bisa di order sepanjang hari, jadi kalau malem-malem kepingin makan dim sum di daerah Ancol juga bisa mampir ke sini. Pilihannya cukup banyak namun gw mencicipi siomay sama hakawnya dan rasanya ya not bad tapi nothing special about it.

Nah inilah dia menu santap siang istimewa gw di Saung Layaran!

>> Sop Segara 
IDR 95.500





Sebagai pembuka, kita mulai dari sup! Nah untuk pilihan sup saya merekomendasikan Sop Segara, yaitu Sup Seafood Asam Manis yang disajikan di dalam batok kelapa, secara presentasi memang sangat menarik dan aromanya juga kenceng, sekilas tampak seperti tom yam dan root rasanya memang tom yam kalau menurut saya, hanya saja dibuat lebih light dan isinya itu ada potongan ikan kakap segar, cumi, udang, jamur serta rumput laut, porsinya yang besar membuat hidangan ini cocok untuk sharing. 

>> Gurame Goreng saus Mangga
IDR 92.500





Gurame sudah menjadi hidangan yang identik untuk restaurant dengan konsep seperti ini, mulai dari gurame goreng, gurame bakar, gurame asam manis semuanya ada, namun saya cobain salah satu menu baru mereka yaitu gurame goreng saus mangga! Oh I love it! Cuma kalau biasa kita menemukan gurame goreng saus mangga itu tampil dengan warna merah merona layaknya bumbu rujak, disini tampil light dan terlihat tidak pedas namun pas di makan hmmm tetap pedasnya pol! Mangga muda yang berpadu dengan cabe rawit serta potongan udang dan cumi cincang dan juga bawang merah dan putih, membuat rasa gurame ini menjadi unik, sebuah pengalaman rasa baru dalam mencicipi hidangan gurame :9

>> Bawal Acar
IDR 95.500






Lagi-lagi menu baru dari Saung Layaran Ancol dan ini belum ada di buku menu loh tapi... YOU HAVE TO TRY THIS !!! Seriusan ini rasanya dewa banget! Bener-bener enak! Mungkin ini hidangan ikan bakar yang paling enak, ikannya pakai ikan bawal bintang yang dibakar kemudian diatasnya disiram dengan tomat hijau segar, bawang dan potongan cabe yang sudah diolah dengan berbagai macam bumbu sehingga rasanya bener-bener menyatu! Luar biasa nikmat! Pokoknya kalian mesti kudu wajib cobain menu satu ini! Dijamin langsung jatuh hati digigitan pertama <3

>> Udang Bakar Madu 
IDR 115.500





Menu satu ini merupakan signature dish dan best seller dari Saung Layaran, udang bakar madu! Menu klasik tapi setiap resto punya ciri khas dan gayanya masing-masing, dan menurut gw dari semua resto yang gw sebutkan di atas they have the best Udang Bakar Madu! Ukuran udangnya besar dan segar, jadi rasanya manis dan kenyal, rasa manisnya ini muncul dari dagingnya itu sendiri selain bumbu bakarnya juga manis gurih, 1 porsi berisikan 9 tusuk udang dan menurut gw harganya terjangkau banget! Gak bisa berenti makan udang yang satu ini!

>> Iga Lada Hitam
IDR 75.500




Menu satu ini memang agak menyimpang dari menu-menu lainnya, namun ternyata rasanya tak kalah gokil! Iganya lembut banget dan bumbunya itu manis, pedas dan buttery banget, so sangat gurih saat digigit, bumbunya juga meresap ke seluruh dagingnya, jadi setiap gigitan akan terasa bumbu yang menyatu dengan iga sapi ini. Ternyata menu-menu ini menjadi salah satu menu wajib pesanan para ekspatriat yang mampir ke restaurant ini, tak heran deh kalau Iga Lada Hitam juga merupakan menu andalan dari Saung Layaran.

>> Es Cendol
IDR 19.500 




Sehabis menyantap hidangan yang kaya akan rasa dan bumbu rempah yang kuat saatnya menetralisir appetite kita dengan dessert and I'm a big fan of es cendol! ternyata gak cuma makanannya aja yang spesial, es cendolnya pun spesial dengan isian cendol, kelapa muda, nangka, ketan item dan tape! Beh komplit plit plit dan rasanya pun tidak terlalu manis serta gula arennya juga wangi, selain itu penampilannya juga cantik, bener-bener menjadi hidangan penutup yang begitu pas.

Well, itulah tadi beberapa menu makanan yang gw coba kali ini dan overall semua rasanya enak tapi kalau ditanya yang wajib dipesan apa pastinya Bawal Acar sama Udang Bakar Madu nya, perfect duo kalau menurut gw, selain itu harganya juga sangat terjangkau, karena porsinya yang juga besar, selain itu tempatnya juga bersih, nyaman dan servisnya juga memuaskan, so finally it's 8.5 out of 10 ! 

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

=====================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter     :  @hungrydoctor

=====================

Saung Layaran Seafood Restaurant 
Jl. Lodan Timur no.7, Taman Impian Jaya Ancol 
Jakarta Utara
+62212669460
@saunglayaran.ancol


2 comments:

  1. Porsinya gede gede banget ya! Ekonomis banget kalau dibandingkan harganya :)

    ReplyDelete
  2. wah saung layaran nya .. :D
    nuansa nya nikmat sekali
    kalo disini juga ada yang begitu
    tapi namanya "saung sunda"
    hehehe :D :D :D




    ---
    Supplier Tas Batam

    ReplyDelete