Monday, June 13, 2016

Kedai Locale Kelapa Gading


Coffee shop alias kedai kopi memang menjadi trend yang kini tak bisa dibendung, setiap tahun dunia perkulineran Indonesia memang selalu bisa membuat cerita baru, namun coffee shop sebenarnya memang sesuatu yang sangat tradisional dan longlasting, dari dulu kita sudah kenal dengan namanya warkop alias warung kopi ataupun kopitiam. Meski kini makin banyak bermunculan kedai kopi "kekinian" yang menawarkan tagline kopi sebagai lifestyle, masih ada juga yang tetap mengedepankan modernisasi tanpa harus kehilangan sentuhan tradisionalnya, karena pada dasarnya Indonesia adalah salah satu penghasil kopi terbaik, inilah dia Kedai Locale.




Saya sudah mengenal Kedai Locale ini sejak kemunculan mereka di awal-awal tahun saya blogging, pertama kali saya datang ke outlet mereka yang ada di Rawamangun, tempatnya memang homey dan Indonesia banget, well ternyata menu-menu yang mereka sajikan memang lokal banget, dan saya memang salah satu pecinta makanan tradisional, so I'm so happy be here dan ternyata sekarang mereka udah buka cabang berikutnya di Kelapa Gading! 




Sejujurnya Kelapa Gading adalah area yang cukup tricky buat bisnis F&B, apalagi sekarang ini coffee shop semakin banyak bermunculan dan otomatis persaingan menjadi semakin sengit, apalagi kini mayoritas kawula muda lebih tertarik dengan produk-produk luar dibanding dalam negeri, padahal negara kita punya kualitas kopi kelas dunia yang pastinya gak akan kalah jika ingin diadu dengan biji kopi impor, apalagi kopi-kopi di dataran garis khatulistiwa yang punya tingkat pemanasan yang sangat baik. 




Kedai Locale berlokasi di Boulevard raya disebrang Bangi Kopitiam, tempatnya memang tidak terlalu besar ataupun mewah, namun sudah cukup membuat saya nyaman dengan setiap sudut interior dari tempat makan satu ini. Bergaya modern tanpa kehilangan ketradisionalannya, soal foto kekinian? jangan khawatir kalian bisa memanfaatkan space di lantai 2 yang "instagenic" banget. Coba deh dateng ke sini siang-siang dijamin kalian bakal puas foto-foto, soalnya gw aja yang ke sini malem-malem aja tetep dapet foto-foto yang asik "menurut gw sih ya".



Mungkin menurut gw ini salah satu tempat nongkrong di Kelapa Gading yang paling asik, karena gak cuma tempatnya yang asik, tapi pelayanannya juga oke dan pastinya makanannya beragam dengan rasa yang ciamik juga, makanya dijamin gak bakalan nyesel, nah mau tau kan Kedai Locale punya menu apa aja? check it out!




Coffee Session

Namanya juga coffee shop, pastinya mereka punya kopi yang asik punya. Buat pilihan kopinya kalian bisa pilih dari manual brewing, latte sama ice blended selain itu juga masih banyak pilihan kopi-kopi yang lainnya, yang membuat gw menyukai kopi di sini adalah penggunaan biji kopi yang berasal dari Indonesia sendiri, bener-bener produk lokal deh pokoknya! 









Pas kemarin ke sini karena emang udah lumayan sering ke sini jadi udah cukup kenal dengan baristanya, eh alhasil gw dibolehin bikin latte (Latte IDR 27.000) sendiri dan emang pengalaman yang seru banget, tentunya ini bukan latte bikinan gw HAHA, punya gw sih bunganya udah layu haha. Tapi yang penting rasanya toh, bahkan kopi bikinan gw terasa begitu enak! Berarti memang dari sananya juga mantep  rasa kopinya, gak perlu skill tinggi buat bikin kopi di Kedai Locale.


Buat yang suka varian ice coffee bisa pesen ini ice black coffee (IDR 27.500) nah selain white coffee dan juga ice coffee, kalian bisa cobain manual brew V60 (IDR 23.500) yang gak kalah asik, apalagi kalian bisa pilih biji kopinya, mulai dari Sumatra Gayo, Mandheling, Toraja, Arabica Bali, Arabica Timor, Robusta Baron, Flores, Campaka sampai Gowa! Lengkap banget!

>> Chicken Wings Nusa Dua
IDR 30.500



Cukup sudah dengan kopi-kopinya, sekarang mari kita masuk ke hidangan pelengkapnya, pertama sebagai hidangan pembuka gw pesen chicken wing nusa dua, dan rasanya TOP banget! Chicken wingnya masih juciy dan terlebih lagi terasa mantap karena bumbunya itu yang medok dan nyerep banget, pedes-pedes gurih! Bumbu nusa dua ini memang diadaptasi dari bumbu ungkep Bali yang kaya akan rempah-rempah, personally I really love it! 

>> Bala-Bala Chantel Salsa
IDR 29.500


You know what? Bakwan Jagung ini ternyata lagi terkenal banget loh di aussie, mostly coffee shop di sana menyediakan ini sebagai menu brunch mereka, bakwan jagung ini dikenal dengan "corn fritters" nah di Kedai Locale yang bikin beda adalah bumbu cocolannya yaitu salsa sauce, dan menurut gw it works sih, karena gurih dan renyahnya bakwan jagung berpadu dengan bumbu salsa ala dabu-dabu ini, cocok! 

>>Keripik Singkong Lado Merah
IDR 17.000


Makanan ini memang makanan nongkrong banget dan gw bilang ini makannya SETAN soalnya bikin nagih dan ga berhenti ngunyah loh! Sederhana banget kripik singkong balado, biarpun begitu selalu sukses membuat gw ketagihan, ada rasa manis dan pedas yang berpadu disetiap gigitan. Kriuk kriuk pula!

>> Crispy Telo
IDR 21.500


Makanan setan lainnya, yaitu ubi goreng! Ubi ini dibuat semacam chips, meski gak segaring potato chips namun dengan tekstur yang masih agak basah justru membuat snack ini menjadi semakin gw nikmati, karena masih terkesan rasa ubinya, jadi kayak tempura di resto Jepang.

>> Gedhang Obong Keju
IDR 27.500



Siapa yang gak suka pisang? Apalagi pisang bakar yang dikasih taburan meisis dan keju parut! Dijamin gak ada yang bisa nolak, manisnya pisang yang terkaramelisasi bercampur dengan gurih dan asinnya keju parut, menu ini classic banget tapi bisa nolak?

>> Tape Roll
IDR 26.500


Berikutnya juga salah satu makanan kesukaan gw disini, soalnya emang gw penggemar berat tape dan di Kedai Locale ini mereka membuatnya menjadi tape roll dengan digulung kulit lumpia terus makannya dicocol ke vla dan caramel yang membuat rasanya menjadi semakin meningkat, ciamik!

MAIN COURSE

>> Exotic Kemangi Chicken
IDR 34.500



Gak cuma makanan yang cemil-cemil doang, Kedai Locale juga punya sejumlah main course yang rasanya gak kalah juara! Salah satunya adalah si ayam kemangi ini, terdengar sederhana namun punya rasa yang begitu nendang, ayamnya pakai ayam kampung sehingga lebih wangi dan gurih, Untuk bumbunya sendiri sebenarnya agak mirip-mirip dengan si bumbu nusa dua, cuma ini lebih aromatic lagi karena dengan tambahan kemangi didalam bumbunya.

>> Nasi Gedeg Original 
IDR 26.500


Nasi gedeg ini semacam nasi goreng tapi dengan bumbu yang lebih kuat dan juga penyajian yang agak berbeda, menurut gw ini nasi sih harum banget gila! pastinya pakai kemangi, selain itu juga ada teri dan kacangnya yang bikin setiap suapan terasa semakin gurih dan ada sensasi kriuk-kriuknya, sederhana banget sih cuma bener-bener bikin merem melek! 

>> Nasi Goreng Oncom
IDR 30.500


Nasi Goreng udah jadi salah satu menu wajib di restaurant yang bertajuk makanan Indonesia, dan Kedai Locale menyajikan nasi goreng yang menurut gw cukup spesial, yaitu Nasi Goreng Oncom! Kalau orang sunda kenal sama yang namanya nasi tutug oncom, ini versi digorengnya dan memang rasanya itu gurih dan enak banget, jangan lupa dengan telur mata sapi sebagai pendampingnya, dahsyat!

FRESH FRUITY DRINKS 

>> Virgin Mojito 
IDR 31.500


Another classic drinks di cafe, mojito, campuran dari lime dengan mint dan soda, meskipun sudah biasa namun minuman yang menyegarkan ini tetap dicari orang.

>> Strawberry Squash
IDR 33.000


Kalau lemon atau orange squash udah biasa, kenapa ga coba strawberry squash? campuran dari sirup berry dan juga buah strawberry segar plus soda. 

TRADITIONAL DRINKS

>> Kunyit Asem Soda
IDR 24.500


Minuman tradisional di Kedai Locale bahkan ikutan disulap dengan sentuhan modern, sebut saja Kunyit Asem Soda! Yes jamu yang dimodifikasi jadi punch, buat gw yang lumayan suka sama jamu, rasanya masih kurang nendang, tapi buat yang baru pertama kali coba jamu pastinya akan merubah persepsi mereka tentang jamu yang pahit dan gak enak, penasaran? yuk mari dicoba!

>> Angsle Locale
IDR 33.500



Jujur, tidak mudah menemukan wedang angsle di Jakarta, hanya beberapa restaurant Indonesia yang menyajikan menu khas satu ini, wedang angsle ini isinya ada cendol, roti, kacang, susu dan pastinya jahe, enak banget diminum panas-panas, semacam sekoteng deh rasanya, kalau mau eksperimen bisa juga ditambah es jadi es campur deh.

>> Iced Cincau Jahe
IDR 30.000


Minuman segar berikutnya yang tradisional adalah cincau jahe! Rasanya kurang lebih mirip-mirip dengan si wedang angsle, tapi kali ini bukan pake cendol tapi cincau item, susunya terasa dan jahenya juga, jadi memang pas banget diminum panas ataupun dingin.


Well, itulah tadi menu-menu yang sempet gw cobain di Kedai Locale, overall memang gw suka sama makanan dan minuman di Kedai Locale dari dulu, dan sekarang mereka hadir dengan beberapa menu yang diimprovisasi dan menurut gw mereka improvement banget. My top 5 menu di sini Singkong Balado, Nasi Gedeg, Tape Roll, Kunyit Asem Soda dan Wedang Angsle. Tempatnya asik dan harganya juga pas banget. Recommended banget! 

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

=====================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter     :  @hungrydoctor

=====================

2 comments:

  1. Kopi shop muncul dimana2 dan persaingan makin ketat saja

    ReplyDelete