Thursday, April 7, 2016

Sedapnya Sajian Laut khas Makassar ala Aroma Sedap Seafood


Di awal bulan Februari tahun ini ada satu restaurant baru di Menteng yang menarik banget buat dicoba, bertajuk seafood khas Makassar yang udah pasti enak! Makassar memang terkenal dengan seafoodnya, secara pribadi gw juga penggemar seafood Makassar, mereka selalu memilih bahan segar dan bumbu yang minimalis untuk mengeluarkan kesegaran bahan lautnya, sehingga rasanya bener-bener natural, so minggu lalu gw berkunjung ke Aroma Sedap Seafood.




Menteng memang bukan area populer untuk seafood, tak banyak restaurant seafood berkaliber di daerah sini, Aroma Sedap Seafood terletak di Jl, Teuku Cik Ditiro No.43, area ini memang salah satu daerah yang sangat terjangkau, lokasinya ada di sebrang Anomali Coffee. Dari luar tempat ini tampak classic dengan bergaya jadul, dengan ada papan nama yang cukup besar. Area parkir juga cukup memadai.




Begitu masuk rumah makan ini, akan langsung ada pelayan yang menyapa dan langsung mengantar anda ke meja, area makannya terlihat sangat besar dan nyaman. Tidak seperti kebanyakan restaurant seafood pada umumnya yang biasanya tidak begitu memperhatikan dekorasi ruangan, Aroma Sedap Seafood justru membuat dekorasi ruangannya begitu berkelas dan menarik.




Area makan yang luas ini, di buat dengan dekor menyerupai pantai sehingga kita terasa seperti sedang menikmati hidangan laut di pinggir pantai, dengan ada beberapa dekorasi dari terumbu karang dan cangkang kerang, selain itu warnanya pun di buat bercorak biru putih layaknya baju nahkoda, detail yang berhubungan dengan laut di buat begitu nyata. Mungkin salah satu restaurant seafood dengan dekorasi paling ciamik.




Untuk makanannya, sudah pasti seafood yang menjadi highlight, apalagi banyak produk mereka yang memang menggunakan bahan yang langsung diterbangkan dari perairan Sulawesi, karena bahan tersebut hanya ada di sana, sehingga akan semakin terasa keautentikannya, sebut saja ikan-ikan khas perairan Sulawesi seperti kudu-kudu, sukang, sunu, kaneke, semua ada di sini, meski memang terkadang seasonal, karena bahan ini cukup sulit didapatkan, well gausah berlama-lama lagi, ini dia beberapa menu yang bisa kalian cicipi di Aroma Sedap Seafood.


>> Ikan Kudu - Kudu Goreng Bawang Putih
IDR 23.000/ons




Menu pertama adalah salah satu menu paling khas di sini, seperti yang udah gw sebutkan sebelumnya, Ikan Kudu-Kudu! Ikan ini bentuknya sangat unik, bentuknya kotak dengan kulit keras seperti batu, kemudian yang membuatnya berbeda juga adalah daging ikannya yang lebih berserat, berbeda jika dibandingkan dengan tekstur ikan yang lembut pada umumnya, cara mengolah hidangan ini pun cukup sulit, salah satu cara ampuh untuk mendapatkan tekstur paling baik adalah dengan mem-fillet dagingnya kemudian digoreng dengan tepung, dan disajikan bersamaan dengan "cangkangnya" dan di Aroma Sedap Seafood mereka mencampurnya dengan bawang putih goreng yang sudah dimasak dengan cabai dan juga rempah-rempahan, sehingga rasanya sangat kaya dan begitu pas, crispy outside, juicy inside

>> Ikan Kerapu Bakar Kecap
IDR 25.000/ons




Ikan bakar Makassar memang tidak bisa diadu rasanya, the best I guess! Mereka biasanya bahkan hanya membakar polos ikannya, kemudian di cocol ke petis ikan yang rasanya khas banget, nah di Aroma Sedap Seafood mereka memberi beberapa opsi, bisa bakar kecap ataupun bakar rica yang mungkin lebih cocok dengan lidah orang Jakarta yang menyukai cita rasa yang "medog" sejujurnya gw agak jarang makan kerapu dibakar, karena dagingnya terlalu lembut sehingga lebih cocok ditim, namun ternyata mereka bisa mengolahnya dengan tepat, sehingga lembutnya begitu pas, bumbunya pun meresap. Makannya dicocol dengan petis ikan khas Ujung Pandang, dan saus dabu yang dibuat dari tomat segar, bawang dan cabe rawit, MANTAP!

>> Udang Telur Asin
IDR 95.000




Next, salah satu makanan favorit saya di resto manapun! YES I'm a big fan of salted egg! Ketika telur asin bertemu hidangan deef fried seperti udang ataupun cumi, rasanya udah gak perlu diragukan lagi, well setelah beberapa kali mencicipi udang telur asin, gw menemukan 2 jenis, yang pertama adalah jenis basah, jadi berupa saus telur asin dan satu lagi yang kering, jadi udangnya digoreng tepung kemudian ditumis dengan telur asin, bawang daun dan bawang putih, jadi rasanya gurih banget, terus udangnya juga dapet tekstur renyahnya.

>> Kepiting Lada Hitam
IDR 40.000/ons



Kepiting memang punya kenikmatan sendiri bagi pecinta seafood, gw termasuk orang yang suka banget sama kepiting, apalagi cara menikmatinya yang dengan mengupas cangkangnya sendiri, jadi makin terasa sensasinya. Kepiting di sini ukurannya cukup besar sekitar 7-8 ons 1 ekornya, kepitingnya semua fresh, bisa dilihat dari dagingnya yang tebal. Kepiting yang dimasak saus lada hitam ini tampak begitu menggoda dengan bumbunya yang melimpah! Aromanya juga kuat sekali, rasanya pedas! Cocok untuk penyuka hidangan pedas!


>> Kepiting Saus Maco
IDR 40.000/ons



Berikutnya makanan favorit gw di sini, Kepiting Saus Maco! for me this is 10/10 !!! Daging kepiting segar ini dimasak dengan bumbu unik yang dinamakan saus maco. Saus ini rasanya begitu komplit, gurih, manis, pedas semua ada, bawang putihnya mendominasi, aromanya pas banget, kemudian ada sausnya yang mengkaramelisasi, jadi rasa manisnya keluar, kalau lagi berkunjung ke Aroma Sedap Seafood sajian satu ini harus banget dipesan.

>> Cumi Goreng Bawang Putih
IDR 60.000



Menu klasik kalau berkunjung ke restaurant seafood adalah cumi goreng tepung, tapi di sini alih-alih cuma menyajikan cumi goreng tepung dalam keadaan polos, mereka menumisnya lagi dengan bawang putih, daun bawang dan cabai, jadi aroma dan rasanya lebih kaya, so pasti rasaya lebih enak juga!

>> Kerang Tahu Saus Tauco
IDR 42.500



Dari banyak pilihan kerang, gw memilih kerang tahu karena lebih lembut dan kenyal, kemudian biasanya memang kerang tahu ini dimasak dengan saus tauco, rasanya asin dan gurih, cocok! Bisa sebagai opsi untuk variasi menu di sini, kerangnya juga tidak berlendir dan tidak ada rasa amis.

>> Kerang Bambu Saus Padang
IDR 42.500



Kerang bambu juga merupakan hidangan yang unik, bentuk kerangnya memang seperti bambu, kenyal dan berair, dimasak dengan saus padang lebih pas karena ada rasa pedasnya yang begitu serasi, selain itu kalau mau diolah dengan saus padang juga cocok!

>> Tumis Pare Ikan Asin
IDR 35.000



Untuk sayurannya, biasanya gw memilih kangkung cah, hanya saja kali ini ada pilihan yang lebih menarik yaitu tumis pare dengan ikan asin yang katanya gak pahit. Kalau pare biasanya pahit banget di sini gak begitu terasa pahitnya, pengolahannya sangat baik, di campur dengan ikan asin juga yang digoreng garing.

>>Terong Ebi
IDR 35.000



Selain itu kita juga bisa menemukan terong ebi, jadi terongnya digoreng tepung dan kemudian campur dengan ebi yang sudah disangrai, rasanya gurih dan juga terongnya pas kematangannya, sehingga gak lembek, karena tepungnya juga tidak terlalu tebal jadi nikmat.

>>Es Timun Selasih
IDR 35.000



Sebagai penutupnya, hidangan segar sudah menanti lidah kita yang dimanjakan dengan hidangan kaya rasa khas Makassar, yaitu Es Timun Selasih. Timunya diserut kemudian dicampur dengan selasih dan pakai sirup rose yang aromatik, rasanya begitu segar! Manisnya juga pas.

Itulah tadi beberapa menu yang bisa kalian cicipi di Aroma Sedap Seafood, and my top 3 dishes goes to Kepiting Saus Maco, Ikan Kudu-Kudu Goreng Bawang dan Udang Goreng Telur Asin! Overall, Aroma Sedap Seafood ini gw kasih rating 8/10 mulai dari segi suasana, pelayanan hingga rasanya. Hanya sayang sebagai salah satu seafood yang khas Makassar mereka gak menyediakan saus Parape sebagai bumbu bakarnya, yang menurut gw khas banget, but beside that if I'm craving for seafood around Central Jakarta, this is my top list! 

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

=====================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter     :  @hungrydoctor


=====================

Aroma Sedap Seafood
Jl. Teuku Cik Ditiro No.42, Menteng
Jakarta Pusat 10310
+62213902312

1 comment:

  1. wah ikan kudu kudu nya masuk ke daftar makanan yang harus dicoba ketika pulang ke jakarta! but i actually can't imagine the fish texture. berserat kaya tongkol gitu?

    btw i blogged about indonesian food too in https://andietafoodjourney.wordpress.com/2016/10/15/indonesian-food-fun-fact-2-bacang-kwecang-and-caicang/ :D

    ReplyDelete