Friday, January 1, 2016

Menjadi #generAKSISEHATIndonesia dengan Makan Sehat


Temen-temen semua pasti udah baca artikel sebelumnya tentang #generAKSISEHATIndonesia kan? Kalau belum, bisa baca aritkelnya di sini!  Tahun baru identik dengan resolusi, yes apa resolusi tahun baru kamu? Yang paling sering gw denger adalah mau diet hmmm dan ini juga selalu terjadi sama gw, nah tahun ini gw sudah bertekad buat menjadi #generAKSISEHATIndonesia , yuk kita sama-sama join.

Makanan sehat itu sebenarnya cukup  luas cakupannya, karena setiap orang punya kebutuhan masing-masing tapi pada dasarnya makanan sehat adalah makanan seimbang yang mencakupi kebutuhan kalori dan asupan makro dan mikro nutrient yang pas, jadi jumlah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral semua harus berada dalam batas yang sesuai dengan kebutuhan.


Hal ini cukup sulit mengingat mobilisasi sebagian besar penduduk Indonesia yang tinggi, sehingga memaksa kita untuk lifestyle yang serba cepat, dan akhirnya kita makan makanan yang kurang menyehatkan. Sebenarnya makanan sehat itu tidak sulit untuk didapat kok dan siapa bilang makanan sehat itu tidak enak? You’re totally wrong, guys.

Masalah ini yang mungkin telah menjadi paradigma di kalangan masyarakat kalau yang sehat itu tidak enak, padahal justru hidangan yang sehat pastinya enak apalagi bisa memberikan dampak yang baik bagi tubuh. Makanan sehat tidak berarti harus memakan raw food seperti salad meski tak bisa dikesampingkan kalau salad memang makanan yang sehat, bayangkan saja campuran sayuran dan buah yang bisa dipadukan, segar sekali rasanya.


Namun sebagai orang Indonesia yang katanya kalau belum makan nasi berarti belum makan, gw punya pilihan menu menarik, pertama mulailah ganti nasi putih dengan nasi merah, karena nasi merah punya indeks glikemik yang lebih rendah sehingga kadar gulanya juga akan lebih ringan, kemudian kurangi makanan yang digoreng, karena makanan yang di-deep-fried menyerap banyak minyak yang mengandung lemak jenuh, siasati hidangan kalian dengan pan-seared. Protein hewani maupun nabati tidak masalah, ayam, ikan, sapi, tahu ataupun tempe semua merupakan sumber protein yang baik.


Next, jangan lupa untuk selalu sertakan sayur dalam menu makan anda. Sayuran hijau mengandung banyak zat besi yang penting untuk pembentukan hemoglobin yang berfungsi mengikat oksigen, sehingga organ tubuh kita akan mendapat suplai oksigen yang cukup. Jangan lupakan selalu makan buah dan ada baiknya buah dikonsumsi sebelum makan untuk membantu pencernaan, karena buah dimakan setelah hidangan utama maka dapat terjadi fermentasi (pembusukan makanan) karena interaksi antara zat gula di dalam buah dengan karbohidrat, protein, lemak serta asam lambung.

So, kurang lebih sudah tau kan gimana penyusunan menu makanan sehat yang baik? Oleh karena itu yuk sekarang kita bersama-sama posting aksi kita saat menyantap makanan sehat dan jangan lupa sertakan hashtag #generAKSISEHATIndonesia sebagai tindakan kepedulian kita untuk menjadikan Indonesia yang lebih sehat. Karena 1 postingan foto kamu yang lagi makan sehat dengan hashtag #generAKSISEHATIndonesia akan dikonversikan menjadi 1 buah kacamata untuk anak-anak di daerah pra-sejahtera. Yuk join supaya anak-anak Indonesia bisa melihat lebih jelas.



Buat info lebih lengkap tentang #generAKSISEHATIndonesia bisa kunjungi website mereka di www.satu-indonesia.com/generaksisehatindonesia/, follow Instagram & Twitter @SATU_Indonesia dan Facebook Fanpage-nya di Semangat Astra Terpadu

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu


=====================

follow me :
on instagram : @filipusverdi
on twitter      : @hungrydoctor

5 comments:

  1. saya sangat setuju mas, asalkan jangan makan Sosis So Nice... hehe
    #generAKSISEHATIndonesia

    ReplyDelete
  2. saya sangat setuju mas, asalkan jangan makan Sosis So Nice... hehe
    #generAKSISEHATIndonesia

    ReplyDelete
  3. saya sangat setuju mas, asalkan jangan makan Sosis So Nice... hehe
    #generAKSISEHATIndonesia

    ReplyDelete
  4. Wah, program yang positif banget nih. Bakal viral!

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  5. saya makannya di bungkus aja deh wkwwwkwk

    jadi laper :D

    ReplyDelete