Wednesday, August 19, 2015

1945 Restaurant at Fairmont Jakarta



When Indonesian food meets classy and fine touch rasanya tagline yang paling cocok untuk restaurant yang baru saja buka tepat pada usia Indonesia ke-70 YES pada tanggal 17 Agustus 2015 dan bukan hanya itu hal uniknya tapi nama restaurantnya juga merupakan salah satu angka yang sangat iconic untuk bangsa Indonesia, yaitu 1945 restaurant.


Terdengar begitu nasionalis bukan? Tapi restoran ini mungkin memang bisa menjadi perwujudan kuliner Indonesia supaya semakin bisa dilihat di mata dunia, karena di sini makanan tradisional khas Indonesia disulap menjadi hidangan yang begitu memanjakan mata dan rasanya juga menjadi lebih internasional dengan bahan-bahan makanan premium tanpa mengurangi sisi ke-otentikanya. 


Meskipun masih baru, namun 1945 ini gaperlu lagi diragukan kualitasnya karena masih di bawah manajemen yang  sama dengan Sate Khas Senayan dan Tesate yang sudah sangat teruji akan kualitas dan konsentrasinya terhadap kuliner Indonesia. Ditambah lagi kini mereka mengusung konsep fine-dining yang sangat memanjakan para pengunjung. 


1945 mampu meningkatkan kualitas hidangan kaki lima menjadi bintang lima, inilah dia yang menjadi konsep utamanya, terletak di Fairmont Hotel Jakarta yang juga terbilang baru di Jakarta membuat tempat makan satu ini terasa sangat cocok untuk menjadi penghuni di hotel ternama ini. Lokasinya ada di lantai 3 dan dari penampilan luarnya terlihat simple namun tidak mengurangi sisi tradisionalnya.



Begitu masuk tempat makan ini, kita akan langsung disambut oleh pelayan berpakaian tradisional Indonesia dan kita bisa ornamen-ornamen khas Indonesia diruangan ini. Kita akan menemukan lounge dan bar dimana kita bisa bersantai sambil menikmati mocktail khas 1945 yang dibuat dari bahan tradisional juga seperti Asem Jawa Punch dan juga Teleng Punch, nah kemudian disisi dari bar nya kita akan menemukan area dining yang luas dan sudah tertata cantik dengan gelas dan piring-piring keramik yang mencerminkan kebudayaan Indonesia.


Well yang unik lagi di sini adalah penyajian makanannya yang ada prosesinya terlebih dahulu atau kita kenal juga dengan gaya rijstafel jadi pelayannya akan berbaris terus menjelaskan makanannya kepada kita dan kemudian akan menatanya di depan meja kita, so makin penasaran sama makanannya? Mari mulai dengan minuman terlebih dahulu

Asem Jawa Punch 

Bisa kita bilang ini merupakan mocktails dengan sentuhan tradisional mereka, bagaimana membuat minuman tradisional Asem Jawa menjadi sebuah minuman bersoda yang cocok disajikan di bar. Perpaduan rasa antara khasnya asem jawa dengan soda ternyata cocok loh! Ada manis dan asem yang sangat unik dan sensasi bersoda yang ditawarkan, unik!

Teleng Punch 

Awalnya bener-bener gak ada ide dengan minuman yang satu ini, warnanya menarik sekali karena biru ungu gitu, dan ternyata dibuat dari bunga teleng yang notabene menjadi nama minumannya. Warna bungany sendiri memang biru dan cantik ternyata bisa dibuat sirup untuk minuman, rasanya manis dan ada sedikit aroma yang flowery.

JAJANAN 

Orang Indonesia punya kesamaan hobi yaitu JAJAN ! Nah, di 1945 mereka juga menyajikan jajanan yang pastinya sudah di elevated menjadi lebih cantik dan menarik nah untuk pilihan jajanannya mereka punya gorengan dan juga kacang rebus nih, sangat sederhana namun enak. Coba kita lihat penyajian dari bakwan goreng dengan rempeyek dan juga ubi dan talas dibuat menjadi french fries terlihat begitu menarik dan menggoda iman :p


Siapa coba yang gak suka gorengan? kalau biasa kita jajan gorengan gak sehat, di sini gak begitu berminyak dan bisa dicocol ke saus kacang yang super enak atau pakai cabe rawit kalau mau cara makan yang paling tradisional, bersamaan dengan gorengan-gorengan ini juga disajikan kremes, kacang rebus, kembang goyang serta emping dan kerupuk bawang sebagai jajanan.



Selain itu jangan lupakan aneka SATE yang bisa menjadi pilihan cemil-cemil disini, meski sebenarnya sate ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai hidangan utama. Bahkan untuk urusan satenya mereka sangat special ada 4 macam sate yang bisa dipilih mulai dari Wagyu Beef, Chicken Oyster, Lamb Tenderloin dan Gindara luar biasa bukan? bisa dilihat 1945 memang menggunakan bahan-bahan premium untuk hidangan terbaik mereka.

APPETIZERS 

Layaknya sebuah fine-dining restaurant  penyajian makanan harus melalui sistemika yang tepat dan tak boleh terlewatkan, nah sekarang masuk ke makanan pembuka dengan keadaan perut sudah sangat terisi dengan "jajanan" yang mereka sajikan, untuk pilihan menu pembuka dari 1945 mereka punya Lilit Kepiting, Oxtail Consome, Pecel Kembang Salad dan juga yang paling menarik Foie Gras Duck Timlo.


Tau kan hidangan khas Solo, Timlo? tradisionalnya hidangan ini berupa sosis solo, potongan ayam, soun, telur bacem dan kemudian disiram dengan kuah kaldu ayam yang bening namun kaya rasa, hidangan ini terlihat serupa namun tak sama karena instead of ayam mereka menggunakan bebek untuk urusan kaldu dan isiannya. Sosis solo & soun sudah menjadi tokoh utama dalam makanan khas Solo ini, untuk meningkatkan kualitasya mereka menggunakan dada bebek yang sudah dipanggang sempurna, lembutnya foie gras hati angsa dan juga poached egg sebagai pelengkapnya dan kuah kaldunya akan dituang ke dalam mangkuk saat disajikan di meja kita, fantastis!

NASI GORENG 

Inilah cerminan dari makanan Indonesia di mata dunia, NASI GORENG! bahkan presiden Amerika Barrack Obama pun menjadi idola makanan satu ini, nah yang unik juga di 1945 mereka memisahkan menu nasi goreng dari main course, yang bisa saya ambil adalah mereka menjadikan nasi goreng menjadi "pasta-nya" orang Indonesia, Jadi sebelum hidangan utama harus ada nasi goreng dulu. Kalau di menu sebelumnya mereka mencoba eksperimen pada Indonesian food kali ini mereka tetap menyajikan menu Nasi Goreng Kampung selain ada juga nasi goreng wagyu dan lobster.

Nasi Goreng Kampung

Makanan ini merupakan wujud kesederhanaan bangsa Indonesia, isinya hanya nasi, potongan ayam dan juga telur namun bumbunya hmmmm luar biasa bikin kangen, gurih dan manis menjadi rasa yang sangat dominan untuk nasi goreng kampung ini, untuk aroma memang tidak seharum pilihan nasi goreng lainnya, namun rasa yang soft namun tetap mengeluarkan cita rasa membuat saya tidak bisa berhenti menikmati nasi goreng kampung ini.

Nasi Goreng Wagyu

Meski tadi sudah beralih menjadi tradisional, menu berikut kembali menggunakan bahan premium yaitu Nasi Goreng Wagyu. Nasi gorengnya pun beda karena menggunakan kombinasi dari nasi putih dan hitam, membuat  presentasi menjadi lebih oke serta empuknya daging wagyu yang menjadi bintang di nasi goreng ini memang membuat lidah terpuaskan, belum lagi rasa terasi yang meningkatkan nikmatnya nasi goreng ini. MANTAP!

MAIN COURSE 

To be honest, saya sudah cukup kenyang saat ini tapi main course sudah menunggu dan pastinya saya gak bisa menolak godaan dari hidangan utama yang begitu luar biasa mulai dari hidangan bebek goreng, pesmol, steak, gindara, ayam, sayur lodeh, tongseng dan juga rendang. Terdengar sangat umum kan? Let we see...

Duck Galangal

Menu pertama yang saya review adalah bebek goreng yang super renyah dipadu dengan salad segar yang berisikan rocket-leaf segar, pomegranate serta jeruk bali dengan dressing campuran dari laos, segar dan manis. Bebek gorengnya menjadi bintang dengan begitu renyah kulitnya dan juga dagingnya sangat lembut dan basah, itulah mengapa mereka memakai paha dibanding dada yang pasti dagingnya akan lebih padat dan kering, a must try!


Steak 1945

Hidangan ini berhasil membuat saya makan sambil merem-melek! salah satu steak terbaik yang pernah saya makan, daging wagyu berusia 45 hari yang dimasak dengan tingkat kematangan medium dan di grillnya dengan olesan bumbu BBQ yang berbahan dasar kecap manis, mungkin terlihat begitu modern tapi pas disantap memang begitu terasa ke-tradisional-an rasanya. Dagingnya bener-bener meleleh di mulut. Steak ini juga dilengkapi dengan lettuce dan grill garlic serta jangan lupakan sambal matah yang rasanya bikin kangen.

Rujak Chicken 

Ayam Bumbu Rujak mungkin masih bisa kita temukan di tempat makan lain, tapi boneless? I don't think so. Jadi makannya sangat mudah dan bumbu rujaknya ini begitu menyerap ke dalam ayamnya, sehingga begitu kaya rasa bukan cuma di kulitnya saja, bumbu rujaknya ini gurih, manis dan pedas. Semua rasanya sudah komplit dalam sekali gigitan, sangat enak :9

Tongseng Lamb Chop

Kalau tadi ada the best steak menurut saya ini menu yang best of the best!! secara pribadi saya memang suka tongseng. Kalau biasa kita makan tongseng pakai potongan dadu dari daging kambing, di 1945 menggunakan lamb chop yang digoreng, sehingga ada sensasi garing saat digigit dan yang paling oke lagi adalah tidak ada bau prengus sama sekali, plus sayuran yang dimasak dengan bumbu tongseng ini begitu meresap, meski di sini fine-dining jangan lupa menikmati lamb chop harus pakai tangan supaya enaknya pol! 

Wagyu di Rendang

Rendang memang sudah menjadi makanan yang wajib ada, karena merupakan makanan Indonesia terenak di dunia menurut survey yang sudah dilakukan. Sesuai dengan namanya rendang ini menggunakan daging wagyu. Sebenarnya agak disayangkan karena keindahan tekstur dari daging wagyu sudah tidak terlihat di rendang ini. Kalau untuk urusan rasa, ini merupakan salah satu rendang yang paling enak di Jakarta, sebenarnya jika mereka pakai daging premium biasa maka hasilnya pasti tidak akan jauh berbeda, namun memang soal juice nya daging wagyu sedikit lebih unggul. 

DESSERTS

"A good dinner must be end with great desserts" saya rasa semua akan setuju dengan kalimat barusan dan itu sebabnya di 1945 mereka juga menyajikan hidangan penutup yang begitu menggoda dan pastinya tetap terinspirasi dari hidangan Indonesia.

Nastar Cake

Pertama-tama ada nastar cake yang pastinya inspirasi dari kue lebaran yang sudah wajib ada :p jadi ini adalah sponge cake nanas dengan crumble di atasnya, nah crumblenya ini memberi tesktur ala nastar sesungguhnya namun rasa yang kuatnya tetap ada di sponge cakenya, dilengkapi juga dengan nanas yang dipanggang serta ada saus nanas juga dipinggirnya jika ingin menambah rasa nanas dalam sajian ini.

Frozen Srikaya Souffle


Dari pertama kali liat menu, saya seperti udah punya ikatan kuat sama dessert yang satu ini. Dari deskripsinya tuh ini mencerminkan dessert kesukaan saya, dan memang bener ini menjadi favorit saya dari 1945. Souffle yang begitu lembut dan ringan dan didalamnya ada melted frozen srikaya yang aromanya hmmm luar biasa dan diluar dari soufflenya ada kelapa parut yang memberi tekstur menarik, kemudian juga disajikan dengan ketan pandan, hidangan penutup yang terlihat sederhana namun begitu kompleks dan rasanya juga sangat memanjakan lidah serta memiliki rasa yang begitu sulit dilupakan.

Tape Cheesecake

Cheesecake bisa dibilang salah satu cake paling populer di dunia dan kini mereka memodifikasinya dengan tape! Makanan hasil fermentasi singkong ini biasanya dijadikan bahan campuran untuk es campur, dicampur ke dalam cheesecake? hmm tak pernah terbayang dan ternyata it really works!! lembutnya krim keju dengan rasa tape yang cukup kuat disajikan dengan vanilla bean sauce, begitu harum dan menggoda, penyajiannya pun cantik dan menggugah selera.

Jadi, itulah tadi pengalaman saya di 1945 beserta dengan menu-menu yang begitu menarik secara penampilan dan luar biasa dalam rasanya. Buat kalian yang kepingin mencicipi makanan Indonesia dengan tingkatan dan dimensi yang berbeda, tempat ini sudah pasti menjadi rekomendasi teratas. Untuk harga makanan di sini berkisar antara IDR 200.000 - IDR 1.000.000. Untuk kualitas yang baik tentu ada harga yang harus dibayar bukan? 

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu


=====================

follow me :
on instagram : @filipusverdi
on twitter      : @hungrydoctor


1945 
Fairmont Hotel, 3rd floor
Jl. Asia Afrika No.8, Jakarta Pusat
+622129039197

Opening Hours:
Lounge 11.00- 00.00
Lunch   11.00-15.30
Dinner  18.30- 23.00

3 comments:

  1. Penasaran cobain asem jawa punch nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS dan dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Delete
  2. terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini Pariwisata

    ReplyDelete