Tuesday, June 9, 2015

Rumah Makan Pepes Jambal Walahar H. Dirja


Hayo siapa yang suka pepes? Nah pasti banyak kan yang suka, pepes itu emang salah satu makanan khas Indonesia, tepatnya sih makanan sunda ya, makanya biasa kita menemukan sajian khas satu ini di daerah Jawa Barat, nah pas banget nih hari Selasa pas tanggalan merah kemarin, gw pergi bersama beberapa teman dari #JKTfoodies ke tempat makan yang punya spesialisasi pepes, inilah dia Rumah Makan Pepes Jambal Walahar H.Dirja 




Bagi para pecinta kuliner, nampaknya rumah makan yang satu ini bukanlah sebuah nama baru, pasalnya tempat makan ini memang udah lumayan tersohor dan cukup sering masuk TV, salah satu pakar kuliner Indonesia Bapak Bondan Winarno pun udah pernah mampir ke tempat makan yang satu ini. Rumah Makan Pepes Jambal Walahar H.Dirja ini lokasinya di daerah Karawang.


Hmmm, mungkin memang cukup jauh sekitar 70 km dari pusat kota Jakarta, tapi experience yang kalian dapatkan akan sangat sebanding dengannya, experience ini bukan cuma soal makanannya melainkan akses ke rumah makan ini, mau tau keseruannya? nah sebelumnya gw mau kasih direction kasarnya dulu untuk bisa sampai ke tempat satu ini.

Dari Tol Cikampek dari arah Jakarta menuju Bandung, kalian bisa keluar di pintu tol Karawang Timur atau dikenal juga dengan Karawang industri, tempatnya cukup banyak truk-truk dan angkutan bermuatan besar, kemudian nanti kalian akan ambil arah menuju Bendungan Walahar, ya karena Walahar ini adalah nama sebuah bendungan dan Rumah Makan Pepes Jambal Walahar H.Dirja berada di lingkungannya. Kalau sudah berada di daerah bendungan Walahar ini tinggal tanya warga sekitar nah nanti kalian harus melewati portal kecil sebelum menuju jembatan yang cuma bisa dilewati 1 mobil, jadi harus bergantian dengan arah sebaliknya, beruntung sudah ada para petugas yang mecegah chaos terjadi.


Sesampainya kita di Rumah Makan Pepes Jambal Walahar H.Dirja, kita akan menemukan lahan yang sangat luas, ada 2 area tempat makan, yang di atas tempat makan biasa dan satu lagi lesehan gitu, yang lesehan emang paling asik sih, kalau makanan sunda memang paling cocok lesehan. Tempatnya kayak kebun gitu, dan di sini kita gak perlu order karena semua pepesnya akan langsung disajikan dan pastinya dalam keadaan panas. 

>>Pepes Jambal
IDR 7.000

Sesuai dengan namanya, salah satu menu andalan mereka adalah pepes jambal, tapi sebagai orang yang gak suka sama jambal, menurut saya menu satu ini biasa saja, namun bumbu dari pepesnya ini memang meresap sempurna !
>> Pepes Ayam
IDR 12.000

Kalau ini salah satu favorit saya, pepes ayam ! ayamnya sudah lembut banget dan bener-bener lepas dari tulangnya, mungkin ini pepes ayam paling enak yang pernah saya makan, bumbunya bener-bener berbeda, berempah tapi tidak terlalu nendang, jadi benar-benar pas rasanya, pokoknya wajib dicoba.

>> Pepes Peda
IDR 8.000


Kalau mau omongin rasa, sebenarnya kurang lebih bumbunya sama tapi beda isiannya aja, kali ini ada peda, dan sedikit tips dari saya kalau mau makan pepes peda ini jangan lupa harus pakai nasi karena rasanya asin ! maklum peda ini biasa memang dijual asin.

>> Pepes Ati Ampela
IDR 7.000

Nah ini salah satu teman setianya sang pepes ayam, pepes ati ampela, I like it meski bumbunya memang terasa serupa dilidah.

>> Pepes Tahu
IDR 4.000

Kalau pepes tahu ini, tahunya di hancurnya terlebih dahulu dan kemudian dimix dengan bumbu-bumbu tradisional khas Indonesia, tahunya sudah pasti lembut dan ada aroma dari kemangi yang dimasak dengan pepesnya.

>> Pepes Oncom
IDR 4.000


Gw memang suka sama oncom, entah dalam keadaan apapun, kalau yang gatau oncom itu apa, oncom dibuat dari tempe yang difermentasikan, rasanya kurang lebih seperti tempe yang lebih lembut dan hancur, disini pepes oncommnya menurut gw mantap banget !

>> Pepes Jamur 
IDR 7.000


Ini dia yang membuat para #JKTfoodies jadi kesetanan ! Pepes Jamur ini memang dahsyat, bumbunya luar biasa mantap dan aroma smokeynya bener-bener keluar dari pepes jamur ini, punya rasa unik yang berbeda namun dijamin enak.

>> Udang Goreng
IDR 17.000


Salah satu lauk yang paling wajib disantap di sini adalah Udang Goreng !! udangnya kecil-kecil, jenis udang rawa yang digoreng tanpa tepung dan langsung bersamaan dengan kulit dan kepalanya, jadi makannya gak repot, karena udah garing jadi tinggal santap deh, renyah dan gurih, apalagi dicocol dengan sambal dan lalapannya yang mantap.

>> Ikan Kecil Goreng
IDR 15.000


Selain udang, kalian juga harus coba ikan kecil goreng ini, well mungkin biasa kita kenal dengan ikan balita juga nih, ikannya bener-bener langsung digoreng dan makannya juga tinggal santap, renyah banget loh, dan ukuran ikannya juga tidak terlalu kecil.

>> Ayam Bakar Kampung (1 ekor)
IDR 70.000


Selain menu-menu yang disajikan langsung di meja kalian, ada juga menu spesial yang  harus kalian pesan, Ayam Bakar Kampung salah satunya. Secara pribadi memang gw lebih suka ayam kampung, meski ukurannya lebih kecil dan dagingnya tidak terlalu tebal tapi rasanya lebih gurih dan wangi dibanding dengan ayam negeri, bumbu bakarnya manis pedas, sambal cocolannya juga segar, enak !

>> Gurame Bakar
IDR 70.000


Yang namanya makan sunda-sundaan, gurame kayaknya sangat identik banget nih, makanya kalian jangan sampe lupa buat pesen gurame bakar di sini, meski pas gw makan disini guramenya agak sedikit bau lumpur tapi untuk bumbunya asik, kebetulan aja mungkin gw dapet gurame yang gak gitu bagus.

>> Tahu Tempe Goreng
IDR 5.000 


Tahu dan tempe udah ga perlu penjelasan panjang lebar karena kita semua pasti suka sama makanan rumahan yang satu ini.


Itulah tadi menu-menu makanan yang bisa kalian nikmati di Rumah Makan Pepes Jambal Walahar H.Dirja , yang jadi favorit gw dan kalian musi coba adalah Pepes Ayam, Pepes Jamur, Pepes Oncom, Ikan Kecil Goreng dan Udang Goreng, oh iya untuk harga nasi IDR 6.000 dan sambal lalap IDR 10.000, harganya bener-bener affordable dan pastinya bakal jadi salah satu pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu


=====================

follow me :
on instagram : @filipusverdi
on twitter      : @hungrydoctor

7 comments:

  1. Gurame bakarnya 1 ya mas .. heee .. enak banget tuh kaya nya

    ReplyDelete
  2. Itu dapurnya memang open kitchen atau sengaja masuk kedalam dapurnya? Hehhe penasaran

    ReplyDelete
  3. Wah itu asli enak bener...
    Liat udang sama ikan kecilnya langsung caplok rasanya gimana gitu :D
    Bagus reviewnya.

    Kunjungan balik yah ke Greenpack

    ReplyDelete
  4. ini baru bener2 menggiurkan apa lagi ayam bakarnya,,,hmmm bikin ngiler :)

    ReplyDelete
  5. Nyobain ksana ternyata ga seenak yg dii fokan. Mana dingin lg smuany, wkt minta dihangatin katabmnya ga bisa krn lngzbg makan... Cuma tempatnya enak dijadikan tongkrongan siy

    ReplyDelete