Wednesday, April 29, 2015

Wisata Kuliner Pasar Santa


Pasar Santa !! Salah satu tempat paling kekinian saat ini, kalau belum ke pasar santa belum resmi jadi anak "kekinian" memang tempat ini beberapa bulan terakhir menjadi begitu populer dan menjadi tujuan bagi para pecinta kuliner, memang Pasar Santa punya banyak sekali tempat makan, nah saking banyaknya terkadang kita sampai bingung kan mau makan apa, nah kali ini gw mau share beberapa tempat yang bisa jadi pilihan.


First of all, gw cukup takjub dengan berkembang pesatnya Pasar Santa ini, mereka dasarnya memang pasar tradisional dan dari dulu gw cukup sering ke Pasar Santa untuk makan Sate Padang Ajo Ramon (still the best Sate Padang in Jakarta for me) dan sekarang juga masih ada kok dan semakin maraknya aktivitas kuliner Pasar Santa, sate padang ini pun pamornya gak turun. Gw udah pernah berkunjung ke Pasar Santa pas awal-awal banget di saat baru ada ACBD Coffee dan beberapa kedai lainnya.




ABCD Coffee memang pencetus ramainya Pasar Santa ini, seiring mulai beredar hashtag #ngopidipasar dan #anakpasar pengunjung Pasar Santa pun semakin banyak apalagi ketika mulai bermunculan kedai-kedai lain yang membuat Pasar Santa lebih variatif. Social Media Effect punya peranan besar terhadap kemajuan Pasar Santa, hingga kini Pasar Santa sudah sangat crowded dengan banyak sekali kedai yang menjual makanan dan juga ada beberapa toko yang menjual baju, kamera, sepatu, pernak-pernik dan segala macem, kasarnya Pasar Santa ini udah menjadi pasar tradisional dengan style modern.

Nilai positif dari Pasar Santa ini mengubah mind-set anak muda yang beranggapan pasar sesuatu yang gak menyenangkan, dan memang sebagian besar pengunjung Pasar Santa adalah anak muda, meski tak sedikit para keluarga yang menjadi pengunjung setia.




So food centernya ini ada di lantai 2, meski saat kunjungan terakhir gw ke Pasar Santa bersama beberapa teman dari #JKTfoodies udah ada beberapa kedai di lantai 1 , gw menyarankan buat dateng ke sini pas weekend dan sore kalau mau explore karena semua kedainya udah buka, karena kalau siang atau weekday tidak semua beroperasi, setiap kedai punya jam operasional masing-masing, tapi kalau weekend sudah harus siap-siap antri deh untuk beberapa spot, so inilah dia beberapa makanan yang menarik untuk dicoba kalau berkunjung ke Pasar Santa

Legoh Jakarta
Ini salah satu tempat makan favorit gw di Pasar Santa, memang sebagi lidah orang Indonesia dan suka makanan pedes gw sangat suka Legoh karena mereka menjual berbagai macam makanan dengan cita rasa Indonesia yang enak banget. 


Ayam Gotep Rica-Rica


Lele Gotep Rica

Beberapa menu yang sangat asik buat dicoba adalah Ayam Gotep Rica jadi ayamnya ini digoreng garing banget super crispy kemudian disaute lagi dengan bumbu rica dengan ada level pedesnya, gw suka banget pedesnya, nendang banget ! Kalau yang bosen makan ayam juga ada pilihan bebek,lele, cumi dan iga sapi loh, terus nasi goreng cabe ijo mereka juga mantep rasanya, ada sayur2an juga supaya sehat dan mereka juga punya hidden menu babi cuka bagi yang kepingin makan non-halal disini :p oh iya untuk harganya juga terjangkau banget, untuk 1 hidangan berkisar 20-40 ribu dan mereka juga ada cemilan special Keju Aroma ! Yummy !

Claypot Popo
Kedai yang satu ini cukup unik, namanya pun catchy banget, Claypot Popo sesuai dengan namanya hidangan spesial mereka adalah nasi claypot, bahkan mereka gak punya menu lain selain claypot rice ini.



Kalian bisa pilih mau telurnya mentah atau dimasak dan pilih daging sapi atau ayam, simple cuma itu aja pilihannya. Gw lebih pilih yang telurnya itu di mixed sih, soalnya rasanya lebih gurih, tapi kembali lagi ke selera masing-masing, disajikannya pasti didalam claypot yang khas pecinan banget. harganya pun sangat terjangkau, satu porsinya hanya IDR 25.000 dan cukup mengenyangkan, must try when you visit pasar santa !

Mie Chino
Nah kalau kamu lagi ke Pasar Santa dan tiba-tiba kepingin makan mie, pas banget nih di Pasar Santa ada mie gaul yaitu Mie Chino, salah satu kedai yang paling ramai juga di pasar santa, soalnya selain memang dia satu-satunya yang menjual mie, rasa dari mie chino cukup layak untuk di adu.


Texture mie yang tebal dan kasar layaknya mie karet membuat setiap gigitan terasa asik, ditambah lagi potongan ayam dan jamur yang dimasak kecap memberi rasa manis dan gurih, supaya ada efek crunchy diberi tauge dan juga sayuran sebagai pelengkap bakmi, bukan bakmi paling enak yang pernah gw makan, tapi this is quite good for you to try !

D.O.G Dudes of Gourmet
Nah ini salah satu kedai paling neghits di Pasar Santa karena antriannya yang emang dahsyat banget, gw sebenarnya gak gitu suka burger dan hot dog gitu, cuma karena ini antriannya emang luar biasa, biar ikutan hits gw pun antri lumayan lama, beruntung gw kesini rame-rame, jadi antrinya gantian deh, kalo ga bisa bosen juga, udah lama antri masih aja ternyata harus nunggu pesananny, bener-bener perjuangan buat mendapatkan hot dog yang satu ini.


Daya tarik Hot Dog ini selain antriannya adalah warna bunnya yang hitam, yes black hot dog, cukup unik ya, dan isiannya ini bener-bener super simple, cuma hot dog, bacon dan cheese saucenya, tak ada bahan tambahan lainnya, paling saus extra supaya lebih dapet rasanya, dan rasanya cukup oke, meski tidak seheboh antriannya, tapi boleh lah jadi pilihan ketika berkunjung ke Pasar Santa ;)

Jang Manies

Kalau makanan manis semacam Jang Manies ini memang banyak sekali pilihannya di Pasar Santa, well karena tempatnya yang agak pengap dan panas, ice cream memang selalu menjadi pilihan para pengunjung oleh karena itu Jang Manies bisa jadi pilihan.


Nothing special with the ice cream , tapi rasanya cukup light dan gak bikin eneg, selain itu banyaknya pilihan topping juga bisa menjadi daya jualnya, nah salah satu yang cukup oke adalah dengan topping kit kat serta coco crunch dan diberi extra caramel sauce, this is good !

Sepotong Kue
Lagi-lagi penjual makanan manis di Pasar Santa, tempatnya lucu, kecil dan mereka juga menyajikan sajian manis yang unik, tak cuma menyajikan ice cream di cone atau cup, di Sepotong Kue ini mereka menyajikan ice cream mereka di atas sepotong kue, brand name yang sangat cocok dengan konsep mereka.


Di atas sepotong kue soes ini diberi satu scoop ice cream green tea yang siap membuat kita menelan ludah, aroma kue yang cukup mantap ditambah dengan ice cream green tea yang pas membuat rasa hidangan semakin asik disantap, selain itu juga ada ice cream vanila nutella yang menjadi best seller di Sepotong Kue ini, selamat mencoba !

Raymond Lim Es Potong Sandwich
Kedai berikutnya adalah salah satu kedai kesukaan nyokap gw, namanya adalah Raymond Lim Es Potong Sandwich, hidangan yang lebih kita kenal sebagai one dollar ice creamnya singapore ini kini memang sudah sangat mudah ditemukan di Jakarta, dan banyak brand yang menjual panganan manis yang satu ini, memang salah satu yang paling enak adalah milik si Raymond Lim, dan mereka pastinya ada di Pasar Santa.


Disajikan di dalam sehelai roti yang cantik penampilannya, es potong Raymond Lim semakin mengundang untuk disantap, mereka punya banyak pilihan rasa ada coklat, vanila, strawberry, alpukat, mocca, red bean, green tea, durian, pokoknya sangat banyak, tapi favorit saya adalah coklat dan alpukatnya, hmmm must must try !

Cendol & Duren Bar

Last but not least we have Es Cendol Duren !!! gw gatau siapa yang pertama kali menemukan kombinasi antara cendol dan duren ini tapi jujur it WORKS !! meski di Cendol & Duren Bar ini penampilannya udah modern banget, disajikan ala-ala Taiwanese Dessert, nah mereka salah satu kedia yang antri dan nunggunya paling lama.... Sadissshh 


Sesuai dengan namanya, isinya adalah cendol, duren dan juga grass jelly, nah kemudian ada ice cream sebagai pelengkapnya, segar sekali pasti kombinasi bahan-bahan ini, nah pilihan kombinasi dessert berbahan dasar cendol dan duren ini ada banyak banget, ada yang pake nutella juga loh, memang ya si nutella ini ngehits banget, sekarang semua pake nutella jadi laku pokoknya, musi cobain sih cendol duren ini, mantap !

Nah friends, itulah tadi beberapa makanan yang musi dicoba di Pasar Santa, dan pastinya list tersebut akan bertambah dan akan di update lagi buat kalian semua, so keep following The Hungry Doctor dan jangan lupa buat follow @filipusverdi on Instagram serta filipusverdi on Snapchat to see my daily journal ! Have a nice day and don't forget to....

Stay Hungry,

 Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

=====================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter     :  @hungrydoctor


6 comments:

  1. Your site such a nice site that gave me lot of information about culinary. Thanks!
    www.chippeido.co.vu

    ReplyDelete
  2. Misi Admin, saya ada info bagus nih bagi pemilik usaha rumah makan. Kini ada Greenpack take away box food grade ramah lingkungan yang bisa dibranding gratis dengan nama rumah makan ataupun restoran milik Anda.
    http://www.greenpack.co.id/dus-makanan-murah/

    ReplyDelete
  3. This post is very useful for us. Because we have a lot of
    tips and tricks from this post. Thank you for this amazing post share. I many
    tips about job circular as well. If you want to know more about a career sites, please visit our website.
    www.bd-career.com

    ReplyDelete
  4. Postingannya menarik, bisa merekomendasikan wisata kuliner di pasar Santa... Yummy, yummy... Coba juga wisata kuliner Jogja dong, tak kalah lezatnya

    ReplyDelete
  5. List saya tentang daftar tempat kuliner yang wajib saya datangi bertambah. Rame-rame ke sana seusai pulang kantor pasti seru. Trims.

    ReplyDelete
  6. Saya tertarik dengan informasi mengenai kuliner diatas. Indonesia memang Negeri yang memiliki keanekaragaman kuliner yang memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing.Selain itu, tulisan diatas sangat menarik untuk dipelajari yang dapat menambah wawasan kita mengenai kuliner di lndonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Explore Indonesia yang bisa anda kunjungi di http://indonesia.gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete