Wednesday, April 8, 2015

#CurhatanRasa by Koepoe Koepe


Seiring berjalannya waktu dan perubahan gaya hidup, kini semua orang termasuk para perempuan sudah mengalami perubahan paradigma dimana memasak bukanlah lagi sebuah kewajiban, melainkan sebuah pilihan. Dan ini yang juga mengubah budaya masak yang telah tumbuh di masyarakat Indonesia sejak lama, terutama para wanita yang kini sebagian besar bekerja tak lagi menyempatkan waktu itu memasak, padahal memasak adalah salah satu citra dalam diri wanita.



Memasak kini telah dianggap kuno dan bukan menjadi ciri wanita modern yang terus berkarir, sebagian dari  mereka menganggap bahwa memasak itu merepotkan dan membuang banyak waktu, tak hanya para wanita karir, bahkan perempuan muda pun kini sudah tak memiliki minat masak karena era modern yang membuat mereka lebih sering "nongkrong" padahal memasak adalah sebuah budaya penting yang tetap harus kita pelihara, dengan segala kekayaan kuliner Indonesia, seharusnya masakan ini menjadi sesuatu yang kita lestarikan dan harus menjadi kekayaan budaya kita, karena memasak itu bukanlah hal yang "ribet" tapi justru memasak adalah kegiatan yang bisa menunjukkan cinta.


Menanggapi permasalahan tersebut, sebagai brand yang sudah lama tumbuh bersama masyarakat Indonesia, Koepoe Koepoe menghadirkan inspirasi guna menumbuhkan kembali hasrat memasak ditengah kesibukan para wanita era kini. Melalui campaign #CurhatanRasa, Koepoe Koepoe mencoba meningkatkan aktivitas memasak, dan menggali makna dari setiap sajian masakan. Koepoe Koepoe percaya bahwa memasak memiliki manfaat yang besar. Selain karena menyenangkan, aktivitas memasak kini menjadi gaya hidup yang bisa dilakukan oleh siapa pun, kapan pun dan di mana pun.



Saya sangat senang bisa ikut ambil bagian dalam campign #CurhatanRasa yang menurut saya bisa memunculkan rasa keterikatan dari sisi cooker (orang yang memasak) dengan eater (si penikmat masakan), sebagai seorang food blogger yang punya hobi makan serta juga memasak saya paham betul berada di sisi cooker dan juga eater, karena lewat masakan kita bisa menunjukan kecintaan kita kepada seseorang. Dari sisi cooker pastinya kita akan bahagia jika orang tersebut menyukai masakan kita, sementara dari sisi eater jika kita menikmati makanan yang dibuat dengan hati pasti rasanya akan berbeda disinilah masakan menjadi media untuk menyampaikan cinta.



Dalam acara yang berlangsung pada tanggal 27 Maret 2015 di Seribu Rasa, Gandaria City ini Koepoe Koepoe selaku brand yang telah berdedikasi di dunia kuliner sejak tahun 1942 menyelenggarakan Launching campign #CurhatanRasa yang di hadiri oleh para media, blogger dan juga tamu-tamu undangan, acara dimulai dengan sesi makan siang bersama kemudian di lanjutkan dengan demo memasak oleh Chef Fatah, kali ini ia memasak Udang Goreng Gandum Rempah yang sangat simple karena semuanya menggunakan bumbu dan rempah produk dari Koepoe Koepoe yang menyingkat waktu memasak, jadi waktu sudah bukan lagi menjadi masalah tidak sempat memasak.



Guna mendukung campaign-nya kali ini, Koepoe Koepoe hadir dengan beragam jenis bumbu bubuk kering yang komplet. Khusus di kategori Herbs & Spices (rempah-rempah) Koepoe Koepoe menghadirkan 19 varian produk mulai dari lada bubuk baik putih maupun hitam, jinten bubuk, ketumbar bubuk, biji pala bubuk, kunyit bubuk, hingga bawang putih bubuk yang semuanya tersedia kedalam 5 jenis bentuk kemasan.


Linus Ligoandhika selaku Managing Director dari PT. Anggana Catur Prima mengatakan bahwa sebagai brand yang tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, Koepoe Koepoe hadir dengan beragam produk yang terdiri dari 5 kategori produk utama berupa Herbs & Spices, Baking Mix, Flavoring, Coloring dan Instant Seasoning Mix. Koepoe Koepoe terus berkembang menjadi brand kebanggaan masyarakat dan mendominasi pasar industri kuliner tanah air melalui berbagai inovasi dan pengembangan produk. Upaya tersebut dibuktikan dengan diraihnya berbagai penghargaan diantaranya :

1. Terstandarisasi internasional dengan sertifikat HACCP
2. Menerapkan sistem jaminan HALAL yang sudah distandarisasikan oleh MUI
3. Word Of Mouth Marketing Award For Koepoe Koepoe “The Most Recommended Brand in Herbs and spices Category” dari Majalah SWA pada tahun 2010

Jadi sudah tidak diragukan lagi bahwa Koepoe Koepoe telah menjadi salah satu saksi sejarah perjalanan kuliner di Indonesia


Ahmad Fachrur Rivai yang menjabat sebagai Senior Head Marketing Division PT. Anggana Catur Prima mengutarakan bahwa, ada makna di balik setiap masakan yang selama ini dinikmati dan makna tersebut ternyata begitu beragam. Memasak bisa menjadi bagian dari cara kita menunjukkan kasih sayang pada seseorang. Seperti dari orang tua untuk anak, istri untuk suami, nenek untuk cucu dan berbagai kisah lainnya. Adakalanya juga memasak menjadi cara seseorang untuk mencari kepuasan bagi dirinya sendiri.


“Apalagi ketika hasrat memasak muncul dari hati dan perasaan yang terdalam. Karena memasak tidak sekedar menyajikan makanan, tetapi sebagai media curahan hati yang selama ini jarang sekali orang memahaminya”, ujar Fachrur yang juga akrab dipanggil Alul.

Tujuan lain dari program unggulannya kali ini, Koepoe Koepoe turut serta membina semangat memasak sekaligus menularkannya ke generasi muda. Langkahnya menjadi bagian untuk turut serta mempertahankan budaya leluhur serta kekayaan kuliner asli Indonesia. 

“Tanpa dibarengi kemampuan memasak, masakan kesukaan yang selama ini secara turun-temurun kita nikmati, bisa jadi kedepannya akan punah”, ujar Alul menegaskan.


Asteria Elanda (Pemred Majalah Good Housekeeping) juga mengutarakan ia selalu menyempatkan waktu untuk memasak dan membagikan resep-resep kepada anak-anaknya, memasak merupakan saat dimana ia bisa berbagi kasih dengan anaknya, ditengah kesibukannya sebagai seorang business woman, memasak merupakan sebuah penghiburan baginya.

Bagi Revo si 6 besar Masterchef Junior ini memasak sudah menjadi hobi dan cara ia menunjukkan cinta kepada orang yang dikasihinya dan lewat memasak ia bisa menunjukkan cintanya kepada keluarga terutama sang bunda yang selalu ikut andil dalam perkembangannya dan mendukung dia untuk bisa menjadi chef yang ternama.


"Campaign #CurhatanRasa sangat menginspirasi dan dapat membangun kedekatan hubungan antara cooker yang memasak dan eater yang menikmati" tutur Julia Veronica, food blogger dari www.anakjajan.com , ia juga mengutarakan kecintaannya akan dunia makanan, segala yang dimasak dengan hati akan bisa dinikmati dengan hati juga.



Video Campaign #CurhatanRasa

Untuk video lainnya, kalian bisa langsung search #CurhatanRasa di www.youtube.com ! Nah ngomong-ngomong soal video kalian juga bisa ambil bagian dalam Campaign ini loh, bagaimana caranya?? Lewat Video dan Blog Competition pastinya, selain menunjukkan kecintaan kalian dalam perkembangan dunia masak-memasak, kalian juga akan bisa berkesempatan memenangkan hadiah gadget, untuk info lebih lengkapnya kalian bisa kunjungi www.jelajahrasa.co.id atau page Facebook Jelajah Rasa  dan Twitter @JelajahRasa ! Selain memuat informasi seputar video dan blog competition, di link-link tersebut juga banyak resep serta tips-tips di dapur loh, yuk tunggu apa lagi??


Let's show our love with cooking and eating :) 

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

=====================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter     :  @hungrydoctor


=====================

2 comments:

  1. Ini cerita yang saya punya min mohon dibaca:

    http://singgahaninfo.blogspot.com/2015/04/jelajah-rasa-bersama-ibu-dan-koepoe.html

    ReplyDelete
  2. wihh keren informasinya .. thanks ya :)

    ReplyDelete