Wednesday, February 25, 2015

Tio Ciu Restaurant Mangga Besar 19




Hello my loyal readers, kalau kalian follow Instagram gw pasti lihat beberapa hari lalu gw ngepost lagi makan kepiting plus udang di salah satu restaurant chinese yang menurut gw enak banget di daerah Mangga Besar, as I promise bakal mereview restaurant tersebut di blog, well kali ini akan gw bagikan pengalaman dining gw di sana ke kalian, so nama restaurantny adalah Restaurant Tio Ciu.


Jadi Restaurant Tio Ciu ini ternyata udah buka dari tahun 70an *kemarin sempet ngobrol-ngobrol sama yang punyanya* dan dia udah generasi ke 3 yang menjalani usaha ini, menurut beliau juga mereka ternyata restaurant Tio Ciu pertama di Jakarta loh, so untuk kualitasnya gausah di ragukan lagi, apalagi keotentikan rasanya. Sesuai dengan namanya pastinya mereka masakannya bergaya Tio Ciu nih.





Sebenarnya bisa dibilang untuk daerah Mangga Besar ada beberapa resto dengan nama Tio Ciu, jadi kadang orang suka nyasar nih, si Restaurant Tio Ciu ini terletak di Jl. Mangga Besar Raya no.19 , ada di sebelah bank BCA atau restaurant Fairy Garden, soalnya papan nama mereka agak ketutupan sama pohon-pohon di sepanjang jalan Mangga Besar ini. Restaurant ini punya tempat yang sangat luas dan nyaman untuk bersantap keluarga atau bahkan bersama teman-teman.

Oh iya, jadi dari jaman dulunya Restaurant Tio Ciu ini juga dikenal sebagai Bubur Tio Ciu, karena basically sekarang mereka juga masih menyajikan bubur sih, tapi dengan pilihan menu yang lebih variatif sehingga jadi restaurant, tapi buburnya memang mantap loh, dan di sini yang paling menarik adalah side dish untuk makan buburnya, kalian bisa pilih sendiri di etalase yang sudah tersedia, mulai dari sayur asin cah, cah tahu, cah jagung muda, terus ada cukiok (kaki babi), ayam rebus sampai char siew dan juga siobak (sam can) ! all the food here look so tempting !







Jadi begitu masuk ke restaurant ini kalian akan langsung menemukan hidangan menggirukan ini, restaurant ini berkapasitas cukup besar, karena lokasinya ada 2 lantai, dilantai 2 nya bisa juga digunakan sebagai function room dengan dilengkapi fasilitas karaoke, sedangkan dibawahnya lebih ke humble dining, well biarpun restaurant ini sudah berdiri dari jaman dahulu tapi dekorasi ruangannya sudah dibuat lebih modern untuk menarik minat para anak muda juga.

Sejujurnya saya dan teman-teman kampus cukup sering makan di family restaurant seperti ini, karena kesan kekeluargaanya lebih dapet dibanding nongkrong di cafe-cafe dan yang paling penting rasa makanannya pasti jauh lebih memuaskan. Well, selain tempat yang luas dan bersih, pelayanan disini juga terbilang sangat baik, semua staff rajin dan cekatan serta cukup menguasai menu-menu yang mereka miliki.




Menu spesial di Restaurant Tio Ciu ini adalah hidangan lautnya yang segar serta ada juga sekarang rebus-rebusan alias Shabu-Shabu, untuk seafoodnya pastinya mereka menyajikan bahan-bahan yang fresh *the most important thing about seafood* sementara itu untuk Shabu-Shabunya menurut saya mereka punya menu pilihan shabu-shabu yang paling lengkap, nanti akan saya ulas lebih lanjut, langsung saja kita menuju ke menu makanan mereka !

>> Bistik Babi
IDR 85.000



So ini dia salah satu menu yang gw cobain pas di Restaurant Tio Ciu, personally I'm a fan of  Bistik! Disini mereka punya pilihan beberapa bistik, ada Bistik Sapi, Ayam, Babi dan juga Udang, also as a pork lover gw pesennya yang pork nih, karena kayaknya pork bakal dapet juicenya yang asik banget, and I also imagine kalau porknya dicombine sama udang pasti bakal ada sensasi chewy tersendiri, yang gw suka dari bistik disini adalah tepungnya gak terlalu tebal, jadi dimakannya masih nyaman banget, gak terlalu bertepung rasanya, garingnya tapi dapet, kemudian sausnya ini enakan disiram jadi lebih meresap ke bistiknya, rasa sausnya cukup dominan kecap inggris dan mentega, jadi beraroma dan tasty banget, enak !

>> Kepiting Saus Kari
IDR 20.000/ons




Sebenarnya gw cukup jarang memesan kepiting di Chinese restaurant, prefer makan di seafood kaki limaan ala Indonesia kalau untuk kepiting, tapi berhubung direkomendasikan oleh si pemilik jadi boleh lah dicoba, dan memang terlihat sekali bahwa kepiting yang mereka sajikan disini kesegarannya top ! dagingnya tebal dan manis rasanya, jadi makan tanpa bumbu karinya pun udah mantap, disini rasa karinya juga bukan kari yang thick seperti kari ala India, tapi lebih ke bumbu kari peranakan yang rasanya lebih light dan ada hint aroma kari dan pedas dari cabai, untuk tingkat kepedesannya bisa di request, I prefer yang paling pedes sih, biar nendang, karena seafood dan cabai itu kombinasi paling hociak ! 

>> Udang Goreng Mentega
IDR 35.000/pcs




PLEASE WELCOME THE WINNER OF RESTAURANT TIO CIU !!! *sorry agak lebay* tapi kalau boleh jujur ini adalah salah satu olahan udang yang paling enak yang pernah gw makan, jangan bayangkan Udang Goreng Mentega dengan bumbu mentega yang dipadukan dengan kecap, karena disini bumbu menteganya justru dimix sama cabe ! OMG they're amazingly delicious !! Pas tersaji dimeja juga udah menggiurkan banget, ukurannya udangnya ini gede-gede banget, worth it pokoknya untuk IDR 35.000 per piece nya, apalagi bumbunya itu bikin nagih, a little tips from me, campur si bumbu pedes, asin, manis dan gurih ini ke nasi panas, dijamin nikmat banget ! MUST MUST MUST ORDER ! 


Well, itu tadi menu Ala Carte nya, sekarang saatnya beralih ke Shabu-Shabu mereka yang rasanya memang chinese banget, untuk kuah kaldunya mereka memang hanya menggunakan satu macam kuah kaldu yang hmmm tidak halal karena ini merupakan campuran dari tulang ayam, tulang babi, sawi putih dan juga lobak yang memberi rasa manis dan gurih, jadi kuah kaldunya ini tanpa menggunakan kaldu bubuk ataupun msg, rasa manis yang keluar dari kuahnya berasal dari sayur-sayuran yang direbus.

 Bumbu Shabu-Shabu (IDR 15.000)

 Sayur Campur (IDR 60.000)

 Jamur Enoki (IDR 15.000)

Jamur Kuping (IDR 30.000) 

Jamur Merang (IDR 20.000) 

 Jamur Shimeji (IDR 25.000)

 Stik Kepiting (IDR 40.000/ 10 pieces)


Bakso Campur (IDR 60.000) 

Udang Pacet (IDR 35.000/piece) 

 Daging Sapi USA (IDR 150.000)

Saus Cocolan Shabu-Shabu

So itulah tadi beberapa pilihan untuk Shabu-Shabunya sebenarnya masih ada banyak lagi, dari semua itu yang menjadi sorotan buat gw adalah pertama pasti si daging sapinya, top quality banget dagingnya, lemaknya yang lumayan banyak jadi memberi rasa gurih pada si daging disetiap gigitannya, apalagi dagingnya ini lembut banget, apalagi setelah dicocol ke saus cocolan spesial yang sudah dicampur (kecap hitam, bawang putih, lobak, daun bawang) setelah itu ke sambal Shabu-Shabu mereka yang mantap.




Selain daging sapi, kalian harus wajib mesti banget pesen Bakso Udang mereka ! rasanya fantastis, disetiap gigitannya terasa nikmat banget, salah satu baso yang paling enak juga, garingnya pas kenyalnya juga dahsyat, selain itu baso babi dan ikannya juga layak dijadikan jempolan disini deh, oh iya last yang membedakan kaldu disini adalah penambahan ikan asin, rumput laut, daun bawang dan seledri yang memberi cita rasa tersendiri pada kuahnya, jadi ada aroma kecap ikan, tapi dari bahan yang lebih alami, so memang enak sekali dan recommnede banget, next time kalau ada didaerah Mangga Besar dan kepingin Shabu-Shabu gw gak akan ragu buat ke Restaurant Tio Ciu.

So guys, kayaknya udah gak ada yang perlu dipertanyakan lagi soal Restaurant Tio Ciu, you just have to come and enjoy the experience by yourselves, gw jamin gak akan nyesel, harganya pun reasonable banget kalau menurut gw dan I think you should come here with your friends too even ini restaurant keluarga, kan bisa menambah kekeluargaan diantara pertemanan ;) Ciao for now !

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

=====================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter     :  @hungrydoctor

=====================

Restaurant Tio Ciu
Jl. Mangga Besar Raya No. 19
Jakarta Barat
Instagram : @tiociurestaurant



4 comments:

  1. Bagi pemiliik rumah makan yang ingin melakukan promosi terhadap restonya dapat menggunakan Box makanan Greenpack, Gratis cetak pada bagian atas box.

    ReplyDelete
  2. Amazing place. Their food was delicious. Great music and nice decor. I came here for lunch and I'm so satisfied with the service I got. The food and beer at San Francisco restaurants was so good. It's incredible how you can really taste great food sometimes.

    ReplyDelete