Friday, January 23, 2015

Sukiyaki-Steamboat-Barbecue Jl.Kendal


HELLO !!!! Selamat Tahun Baru my lovely readers ! Sorry for not being update, akhir bulan kemarin sampe awal tahun bener-bener lagi hectic abis, so baru bisa update blog sekarang, maklum sekarang lagi di blok tentang saraf yang bahannya ga abis-abis, jadi kali ini gw mau bikin tulisan yang santai aja, tapi pastinya tetep informatif dan juga makanannya pasti recommended deh ! Janji !! Kali ini gw mau share salah satu tempat makan "sederhana" favorit gw dan keluarga. Salah satu tempat makan yang udah legend banget, tapi gw yakin most of you belom tau tempat satu ini, nama tempatnya adalah Sukiyaki-Steamboat-Barbecue atau dikenal juga dengan Angel Steak tapi personally gw lebih sering nyebut mereka Shabu Kereta.

Kenapa gw namain Shabu Kereta?? Soalnya mereka ini dahulunya lokasinya ada di Jl.Kendal No.1, yang memang disamping rel kereta, jadi kalau makan bakal ada sensasi geter-geter pas keretanya lewat ! Asik kan?? sebenernya sampe akhir tahun kemarin pun masih lokasinya disana sebelum akhirnya digusur huhuhuhu mungkin ini salah satu tempat makan paling bersejarah buat gw sekeluarga, soalnya tempat ini emang udah jadi spot pacarannya bokap sama nyokap dari dulu, dan sekarang giliran anaknya yang pacaran disitu *eh?* yah namanya spot turun-temurun deh ini. 


Sempet kaget gara-gara mereka tuh digusur and I have no idea mereka pindah kemana, tiba-tiba aja waktu itu pengen makan disitu, dan tiba-tiba udah rata sama tanah, dan tanya orang sekitar bener-bener ga ada yang tau mereka pindah kemana, ada yang bilang pulang kampung, ada yang bilang pindah deket taman *taman mana juga gajelas* intinya saat itu gw bener-bener kehilangan arah :(

Sampai suatu hari, lagi bener-bener kesel ngeliat kamar yang kayak kapal abis kena bom atom, akhirnya gw beresin tuh kamar, dan nemuin NOTA pas makan di Shabu Kereta ini 4 TAHUN LALU !! Udah kayak ketemu permata aja nih rasanya, langsung deh gw call nomor yang ada disitu dan sempet gak dapet respon, and the next 2 days.... nomor telepon itu SMS ke hp gw nanya ini siapa dll, dan langsung aja gw bales, kalo ini langganan kalian !!! Abis itu gw telpon deh dan ternyata sekarang mereka serving di rumahnya, karena masih belum dapet tempat.



Karena rasa kangen yang udah gak terbendung, hari Minggu kemarin gw telpon lagi dan bilang mau makan, nah sekarang sistemnya memang begitu, karena spacenya paling cuma buat 2 meja jadi harus telepon dulu kalau mau datang dan juga stock dagingnya limited. BTW, ini yang paling penting, jadi sekarang mereka re-locate ke Jl. Kudus 44 , masih sekitar Jl.Kendal juga kok, nanti kalau udah liat stasiun, cari aja komplek dengan taman kecil, nanti langsung tanya satpam disitu bilang mau makan, pasti dia udah tau ;)

Tempatnya memang jauh dari yang namanya nyaman, better kesini malem sih pastinya, paling musuhnya adalah nyamuk, jadi pakailah autan sebelum makan disini, rumahnya ini memang rumah tua, sudah dari tahun 1948 kata sang pemilik, tapi bersih dan lingkungannya juga not bad kok ! Yang pasti tempatnya homey banget haha yang melayani tentu saja si ownernya langsung dan salah satu pegawai kepercayaannya.

LET'S GO TO THE FOOD !!

Sesuai dengan namanya yaitu Sukiyaki-Steamboat-Barbecue itulah dia hidangan disini, makanan khas Jepang yang satu ini memang semuanya sama-sama aja ya kayaknya, cuma bedanya paling cara penyajiannya aja, Suki, steamboat, shabu whatever itu yang jelas daging dan sayuran yang direbus dan yang membuat mereka beda adalah mereka juga ada barbecue yang disajikan dalam satu panci, panci kayak gini kayaknya udah langka banget deh !


Jangan membayangkan mereka tersaji ala Jepang, karena disini udah fusion sama Manado ! Maklum, sang pemilik memang orang Manado, dan saat masih di Jl. Kendal, kalau masih siang itu jualannya masakan manado, dan setelah jam 5 sore barulah di bakar-bakaran ini beraksi, jadi jangan heran kalau cita rasa Jepangnya udah ketutup sama Indonesia, tapi itulah yang jadi daya tarik mereka, karena unik !




Well, makanannya memang sederhana, tinggal pilihan mau pesan daging apa, variannya pun ada Daging Sapi, Ayam, Ikan, Cumi dan juga Udang, harganya pun rata 1 porsinya IDR 35.000 sedangkan untuk sayurannya 1 porsi IDR 15.000 , porsinya pun menurut saya cukup banyak, disini kita akan menemukan rasa kuah yang kaya akan cita rasa, manis, gurih dan asin ditambah lagi dari minyak-minyak daging yang turun dari panggangan ke kuah, yang membuat rasanya semakin mantap, oh iya rasa kuahnya ini juga cukup kuat akan merica, sehingga hangat di tubuh.


Selain daging bakaran dan kuahnya yang spesial ada lagi yang membuat hidangan di sini menjadi semakin mantap, SAUS COCOLANNYA !!! Ada 2 macam saus cocolan yang manis dan yang pedas, yang manis ini encer, rasanya manis asam gurih sementara yang pedasnya ini dibuat dari campuran mayonaise dan juga cabe rawit, sehingga pedasnya mantap, semacam sambal untuk bubur manado, I really love it !

Sensasi makan disini bakal bertambah dengan keringet yang berlimpah plus rambut yang bau asap setelahnya :p well this is the happiness of dining here ! Pengalaman makan yang nampaknya gak mungkin kita dapatkan ditempat manapun, dan kedepannya gw berharap mereka segera mendapatkan tempat yang lebih proper dan semoga mereka makin dikenal oleh para pecinta kuliner ! Sehingga hidangan ini akan dapat dilestarikan !

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu - @filipusverdi

Sukiyaki-Steamboat-Barbecue 
Jl. Kudus 44, Jakarta Pusat
081808849886

7 comments:

  1. Sukiyaki,, wah mantap tuh
    postingan yang bagus gan
    http://obatherbalfistulaanipalingampuh33.wordpress.com/
    http://obatherbaldisentriakut33.wordpress.com/

    ReplyDelete
  2. saya punya pengalaman bermain di agen bola - aladin88 , awalnya saya mencari-cari di google lalu saya agen bola aladin88 cukup unik dari namanya , lalu saya coba bertanya-tanya , pelayanan yang ramah tamah oleh cs nya membuat saya nyaman, saya menjadi yakin dan pasti untuk bermain di aladin88. lalu ya saya coba bermain dan deposit , proses depositnya sangat cepat dengan pelayanan yang maksimal hanya 3 menit. setelah saya mencoba dan bermain sbobet saya menang, lalu saya membuka kembali halaman agen bola aladin88 dan saya lakukan chat untuk tarik deposit, waooo saya terkagum-kagum... hanya kurang dari 3 menit sudah di proses... salut dengan agen bola ini... yang lain harus ikut gabung , thanks aladin88

    ReplyDelete
  3. Omg this looks really good! In Singapore, we have one that's influenced by Thai food, it's called Mookata :D lagi ngetren di singapur, tapi kayaknya yg di jln kendal ini lebi enak deh. Will try this next time!
    Please check my food review in Singapore :D
    http://heyyolks.blogspot.sg/

    ReplyDelete
  4. For entrees, we went for a couple of specials. Everything, everything at Boston restaurants, was worthy of coming back for. The amount of mussels was significant and the broth was worthy of dipping toast over and over again.

    ReplyDelete
  5. Waaah. Ini tempat yg lagi saya cari2.
    Finally.. Ketemu..
    Udah 2 taun gak kesini krn gak kerja di daerah kuningan lg. Dan terakhir dpt kabar kl tmpt makan di samping stasiun sudirman pd kena gusur. Awalnya gak percaya sampe tado lewat dan beneran rata sama tanah.
    Tp mie keriting luwes ada di gedung sebrang ya. Yg GMT itu.
    Deket situ ada taman sih. Tp pas td liat2. Kok kayaknya gak ada.

    Seneng bgt ada yg bahas ttg tmpt ini. Barusan saya jg ubek2 nyari2 bon 2 tahun lalu. Ketemu! Langsung sms tp blm dibales. T.T

    Pas iseng searching. Masuk ke the hungry doctor. Ehhh bener bgt sama tempatnya.

    Senengggg. Salam kenaaal :D

    ReplyDelete
  6. *ambigu. Maksudnya disitu ada taman tmpt makan, tp pas lewat dan sambil celingam celinguk cari si steamboat, gak ada gitu. Gak ada meja yg ada kompornya. Jd bingung mereka pindah kemana. Hiks.

    Ih ini sng bgt deh kl ternyata mereka msh di daerah situ. Lebay sih. Tp krn doyan bgt bgt bgt. Jdnya sng bgt bgt bgt :D

    ReplyDelete