Monday, March 10, 2014

Atjeh Rayeuk Jakarta


Sesuai dengan janji saya di awal Tahun yang lebih ingin mengexpose kuliner Indonesia dan juga street food dalam postingan blog saya, kali ini The Hungry Doctor ingin membagi informasi tentang salah satu tempat makan hidangan khas Aceh yang enak !! Kita tahu bahwa masakan Aceh menggunakan rempah-rempah asli Indonesia yang cukup kuat, sehingga bisa kita jadikan sebagai suatu kebanggaan bagaimana kayanya kuliner Indonesia, saya pribadi memang menyukai makanan yang memiliki cita rasa kuat dan berani, oleh karena itu saya menyukai masakan Aceh, so inilah dia Atjeh Rayeuk




Kedai Aceh Atjeh Rayeuk terletak di Jl. Ciranjang, Kebayoran Baru. Tempatnya pun tak sulit untuk dicari karena memang searah dengan Bistronomy yang merupakan salah satu restaurant happening di Jakarta. Rumah Makan khas Aceh ini tempatnya sederhana dan nyaman, suasana outdoor ala taman yang ditawarkan memberi kesan homey dan asri saat anda bersantap bersama keluarga ataupun teman-teman. Menurut saya, waktu paling asik buat makan di sini adalah saat sore hari, karena sudah cukup adem dan lampu-lampu tamannya sudah menyala sehingga terlihat lebih bagus.



Tempatnya yang sederhana namun bersih ini dipadu dengan pelayanan yang baik, well dari pandangan saya sih tempat ini merupakan bisnis dari seorang muda bersama teman-temannya, soalnya dari waiter, kasir serta chefnya semuanya keren-keren, layaknya anak gaul JakSel haha. Kedai Aceh Atjeh Rayeuk ini spesialisasinya adalah Ayam dan Bebek Tangkap, tetapi selain itu mereka juga menyediakan hidangan Aceh yang tak kalah seru seperti mie aceh, roti canai dan aneka minuman segar, so inilah dia menu-menu yang saya cicipi waktu itu.

>> Es Sirop Cincau Aceh
IDR 12.000


Terlihat menyegarkan dan warnanya juga seru ! Minuman ini memang sangat segar, dengan perapduan cincau hitam plus sirup frambozen yang aromanya cukup kenceng, rasanya juga tidak terlalu manis, pokoknya pas deh, apalagi cincaunya ini juga seperti rasa jeruk ataupun lemon, semakin segar !

>> Es Timun 
IDR 12.000


Minuman lain yang tak kalah menyegarkan adalah Es Timun ! Dan es timun ini memang minuman khas Aceh loh, yup pasti setiap rumah makan Aceh menyajikan minuman yang satu ini, rasanya itu sangat menyegarkan, bagaimana timun serut yang dipadukan dengan gula serta es batu hmmm manisnya soft dan ada aroma timun yang khas saat kita menikmatinya.

>> Mie Aceh Udang
IDR 25.000


Sebenarnya saya sangat ingin mencicipi Mie Aceh Kepiting mereka, tetapi sangat disayangkan saat itu tidak available hmm akhirnya beralih ke Mie Aceh Udang ini deh, dan ternyata udangnya cukup besar loh, porsi mie acehnya sih tidak terlalu banyak buat saya, tetapi saat tersaji aromanya cukup kuat dan ketika disantap memang cita rasanya luar biasa enak, mienya ini kering dan rasanya bener-bener dahsyat ! Pedas dan gurih, salah satu Mie Aceh paling enak yang pernah saya makan ! Acar bawangnya menambah kelezatan hidangan yang satu ini.

>> Mie Aceh Sapi
IDR 25.000


Selain Mie Aceh Udang dan Kepiting, mereka juga ada Sapi dan Ayam, nah ini dia Mie Aceh Sapi, sebenarnya sama saja rasanya, hanya beda isinya saja, Mie Aceh Sapi menggunakan potongan daging sapi yang pastinya empuk, tetapi saya juga tidak tahu ini memang disengaja atau tidak, tetapi Mie Aceh Sapi rasanya lebih manis ketimbang Mie Aceh Udang yang punya rasa pedas lebih kuat.

>> Nasi Ayam Tangkap 
IDR 35.000


Inilah dia sang menu andalan dari Kedai Aceh Atjeh Rayeuk , Ayam Tangkap ! Namanya terdengar unik, ya memang dan hidangan yang satu ini adalah makanan khas Aceh yang mungkin tidak terlalu mudah kita temukan di Jakarta, tak semua rumah makan Aceh menyajikan hidangan yang satu ini. Sebenarnya makanan yang satu ini tak lain tak bukan adalah ayam goreng kering yang pastinya sudah dibumbui dengan rempah-rempah kemudian digoreng bersamaan dengan daun kari, daun pandan serta daun salam, hmm aroma dan rasanya juara !

>> Nasi Bebek Tangkap 
IDR 40.000



Tidak hanya ayam tangkap yang punya cita rasa luar biasa, tetapi ada juga Bebek Tangkap yang menurut saya bahkan lebih enak lagi, dagingnya yang lebih gurih dan renyah ini punya rasa yang nampol ! Apalagi di atas nasinya juga diberi bumbu rempah hasil mengolah daging bebeknya, sehingga rasanya sangat gurih dan disajikan lengkap dengan sambal mangga yang pedas ! hmmm benar-benar makanan yang sangat menggugah selera, nyam nyam nyam !! Recommended !

>> Roti Cane Susu
IDR 12.500


Sebagai hidangan penutup setelah menikmati makanan yang gurih dan pedas ini, saatnya menyantap yang manis-manis dan Kedai Aceh Atjeh Rayeuk punya roti cane sebagai menu andalannya, simple sih menunya hanya roti cane yang diberi susu kental manis, namun makanan yang satu ini benar-benar sukses menjadi penutup dari makan sore saya kali ini hehe, menteganya wangi dan manisnya juga pas, mantap !

Nah itulah tadi nikmatnya makanan khas Aceh yang saya santap, dan menurut saya semua hidangan di sini memang benar-benar enak, mulai dari Mie Aceh, Ayam dan Bebek Tangkap sampai dengan Roti Canenya semuanya begitu memuaskan, apalagi harga yang dipatokpun sangat terjangkau, dan bisa menjadi salah satu tempat makan siang ataupun malam anda, apalagi jika anda ingin merasakan nikmatnya makanan khas Aceh ! Selamat mencoba ;)

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

=====================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter     :  @hungrydoctor

=====================

Kedai Aceh Atjeh Rayeuk
Jl. Ciranjang No.38 , Senopati
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
+6287884848892
Opening Hours : 11.00-21.00 (Mon-Thurs)
                          12.00-22.00 (Fri- Sun)

2 comments:

  1. Yeah i like this food so much when i visit Jakarta i ate it so many tie because it is very tasty and yummy and delicious and also i,m a tourist.I can visit so many places as discussed in you blog but i like this one from food point of view its very nice.I like this and its nice sharing.

    ReplyDelete
  2. Waww...
    pasti lezat buanget...
    sy penyuka masakan aceh..sy punya beberapa menu masakan aceh tradional..dan sy pengen berbagi sm siapa aja...

    ReplyDelete