Thursday, February 27, 2014

War of Bubur Ayam in Jakarta


Bubur merupakan salah satu masakan yang dapat menggantikan nasi, bubur ini hidangan yang sangat cocok dimakan pagi ataupun malam hari, oleh karena itu biasanya kita akan menemukan restaurant bubur buka pagi hari kemudian tutup dan kembali buka sore hari menjelang malam. Bicara soal bubur ayam di Jakarta, kali ini The Hungry Doctor ingin mengulas beberapa bubur enak di ibu kota yang pastinya layak untuk direkomendasikan, well bubur ayam yang akan di bahas kali ini adalah bubur ayam ala chinese, next untuk bubur ayam ala Indonesia akan dipostingkan :D gausah berlama-lama lagi langsung saja inilah dia nominasinya.

1. Bubur Ayam Mangga Besar I
Jl. Mangga Besar I No.46A
Mangga Besar - Jakarta Barat
(021) 6280474

Jl. Taman Pluit Kencana No.5
Pluit - Jakarta Utara
(021) 6613805

Bubur Ayam Mangga Besar ini memang sudah menjadi tempat makan favorit saya sejak pertama kali mencoba, bahasa kerennya "jatuh cinta pada gigitan pertama" banyak alasan yang membuat tempat makan yang satu ini menjadi favorit, pertama buburnya yang begitu lezat meski polos, serta lauk yang beragam. Tempat makan satu ini memang cukup luas, bersih dan pastinya ruangannya ber-AC. Sebagai tempat makan keluarga tempat ini memang sangat cocok.



Jika anda hendak berkunjung ke Bubur Ayam Mangga Besar baik itu di Mangga Besar maupun Pluit harap memperhatikan jam operasional mereka, karena ada 2 shift, yaitu jam 10.30-14.30 dan 17.00-00.30. Untuk pelayanannya sendiri sudah pasti cepat dan di sini semua bahan makanan yang disajikan dapat anda lihat sehingga teruji bahwa mereka menyajikan yang terbaik untuk anda.


Bubur Polos & Cakue ( IDR 16.000) bubur di sini memang disajikan polos, sebenarnya anda pun bisa langsung memesan bubur ayam ataupun bubur ikan, tetapi saya lebih suka bubur tersaji polos dengan lauk terpisah, untuk pilihan lauknya tentu saja Ayam Rebus (IDR 140.000/ekor) sudah menjadi yang paling paten, ayam rebus milik Bubur Ayam Mangga Besar memang ayam kampung yang berkualitas baik, ayamnya punya aroma yang mantap serta empuk dan wangi, karena menggunakan minyak wijen serta bawang putih goreng. 



Yang membuat mereka semakin enak adalah kecap asin dengan cabe rawit serta sambal pedasnya. Selain ayam rebus sebagai menu pendamping buburnya, masih ada Usus Ayam (12.000/ porsi) yang sangat istimewa, karena bentuknya tak seperti kebanyakan usus di tempat lain. Kemudian ada Ampela Ayam (IDR 4.000/ potong)Telur Muda (IDR 7.000/ porsi) dan Tahu Kecap (IDR 7.000). Selain bubur di sini juga ada nasi hainam dengan lauk ayam panggang, udang balado pete dan acar, lauk-lauk tersebut juga cocok dikombinasikan dengan bubur ayam. Tak ada satupun kekurangan dari Bubur Ayam Mangga Besar, one of the best ! 

2. Bubur Angke 
Taman Harapan Indah, Jl. Tubagus Angke
Jelambar - Jakarta Utara
(021) 70097030

Bubur Angke ini merupakan salah satu tempat makan bubur yang paling seru karena ramainya yang luar biasa dan aksi sang pemotong yang tak henti-hentinya menyajikan ayam rebus (pe cam ke) mereka yang sangat tersohor itu, letaknya persis di dalam perumahan Taman Harapan Indah Jelambar (samping Rumah Duka Jelambar) nanti posisinya ada di sebelah kanan dan baru buka pukul 16.00 tapi saya pastikan antrian yang cukup panjang akan terlihat di sini.



Tempatnya bersih meskipun tak berAC dan orang akan rela antri demi mendapatkan bubur di sini, meskipun ramai jangan takur kehabisan asalkan datang kemari sebelum jam 8 atau 9 malam karena biasanya akan ludes, yep stok ayam yang begitu banyak akan habis dalam waktu 4 jam di sini, luar biasa bukan? Satu hal yang saya kurang suka di sini adalah sistem ordernya yang kurang teratur mungkin efek antrian yang padat.


Bubur Ayam (IDR 12.500) milik angke ini sudah termasuk cakue, bubur mereka ini wangi kemudian termasuk encer, sehingga makannya harus cepat atau nanti bisa segera jadi sup :p tapi makan bubur memang enaknya cepat-cepat karena harus saat panas, buburnya sudah cukup terasa karena menggunakan kaldu dan yang spesial sudah pastinya Ayam Rebus atau Pe Cam Ke (IDR 90.000/ekor), ayamnya ini sangat padat dan empuk, dimasak dengan sangat amat baik, kemudian minyak ayam, minyak wijen serta minyak bawang putihnya membuat rasanya semakin kaya dan menambah selera makan kita. 




Nah, selain ayam rebus mereka memiliki menu pelengkap yang beragam, mulai dari Ati Ampela (IDR 4.000), Usus Ayam (IDR 8.000) sampai dengan Jeroan Babi (IDR 45.000/porsi) yepp ada lidah, usus, tito serta darah dan yang paling saya suka adalah darah babi, mungkin terdengar agak menyeramkan, tetapi darah ini memang sangat enak, karena teksturnya yang merupai tahu dan rasanya pun hanya seperti makan tahu dengan tekstur yang lebih padat, sangat enak. Oh iya, untuk menu jeroan tersebut bisa anda campur semua dalam satu porsi, atau membeli satuan dengan harga variatif mulai dari IDR 8.000 hingga IDR 15.000. Selain bubur, disini juga ada nasi ayam rebus serta bihun bebek.

3. Bubur Sanki
Jl. Mangga Besar 1 No.40C
Mangga Besar - Jakarta Barat
(021) 6287724

Jl. Prof. Joko Sutono SH No.17
Kebayoran Baru - Jakarta Selatan
(021) 7204483

Jl. Pesanggrahan Raya No.35D
Pesanggrahan - Jakarta Barat
(021) 5847130

Bubur Sanki selalu menjadi pilihan saya ketika saya ingin menikmati bubur ala bubur mangga besar di daerah Kebayoran, sebenarnya Bubur Sanki juga terletak di Mangga Besar persis di sebalah Bubur Ayam Mangga Besar I. Bubur Sanki ini salah satu tempat makan bubur paling nyaman, karena restaurantnya sangat besar, bersih dan juga berAC oh iya selain bubur, mereka juga menjual nasi hainam serta berbagai hidangan chinese food yang ternyata rasanya tak kalah enak.


Secara umum bubur sanki tampak sama dengan bubur ayam mangga besar, namun ada satu hal yang menjadi keunggulan mereka meski secara rasa bubur dan ayamnya mereka masih kalah, yaitu hadirnya lokio yang merupakan acar bawang yang rasanya enak sekali, dan tentu saja mereka juga menyajikan bubur mereka dengan sayur asin dan irisan jahe. Enak !

Price List
Bubur Ayam : IDR 15.000
Ati / Ampela : IDR 8.000
Ayam Rebus : IDR 120.000 / ekor
Tahu             : IDR 7.000
Nasi Hainam : IDR 37.000

4. Bubur Tangki Aguan
Jl. Mangga Besar I No.20B
Mangga Besar - Jakarta Barat
(021) 6499963

Mungkin bubur yang satu ini punya tipe yang agak beda dibanding bubur yang telah dibahas sebelumnya, hmm overall sangat berbeda sih, sebelumnya Bubur Tangki Aguan ini juga terletak di deretan Bubur Ayam Mangga Besar I, Sanki serta Kamseng. Tempatnya terlihat sederhana tetapi selalu ramai oleh pengunjung dan parkirnya juga cukup sulit nih.



Bubur Ayam Tangki (IDR 15.000) ini sendiri sudah lengkap sebenarnya, bubur yang cukup kental dengan irisan ayam rebus, cakue serta bawang goreng, caipo dan seledri. Buburnya ini sangat harum dan sambalnya ini sambal kacang yang cukup pedas, rasanya sangat spesial menurut saya, kaldunya sangat terasa dan porsinya juga cukup besar. Buburnya sendiri sudah sangat nikmat.




Sebagai menu pendampingnya ada sesuatu yang unik, karena bubur tangki ini disajikan dengan Sekba (IDR 10.000/ potong). Mungkin banyak juga yang tidak tahu apa itu sekba, sekba adalah semacam semur yang isinya adalah jeroan babi, bisa juga sapi tapi mostly adalah babi, favorit saya pastinya adalah sam can dan kuping. Hmm rasanya memang sangat luar biasa enak dan menjadi salah satu bubur kesukaan saya. Kombinasi sekba yang manis dengan bubur yang gurih membuat bubur yang satu ini sangat nikmat !

Well, itulah tadi beberapa Bubur Ayam ala Chinese yang enak di Jakarta, sebetulnya masih ada beberapa nama tenar lainnya seperti Bubur Kamseng di Mangga Besar serta Bubur Kwang Tung di Pecenongan, saya pun juga sudah pernah mencicipinya tapi disayangkan saya tak mengambil gambar saat itu. Bubur-bubur tersebut adalah Bubur Ayam Paling Enak di Jakarta, semua ada plus minusnya dan kembali lagi dengan selera anda, mana favorit anda?

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

=====================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter     :  @hungrydoctor

=====================

6 comments:

  1. muanteeeebbbb hahahaa luar biasa ulasan makanmu --- giat makan yes!!!

    ReplyDelete
  2. Kok bubur ayam Kwang Tung gk d masukin k dlm dftr?? Best recommended jg th..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sudah di jelaskan di akhir post kok :D nanti akan segera di update lagi beserta bubur Kam Seng ;) Thanks

      Delete
  3. brooo itu ayam nya bisa dipesen stgh ato 1/4 ga seh?keliatan nya menggiurkan

    ReplyDelete
  4. Langganan sy tuh bubur mangga besar ada ayam nya + jahe bikin anget di perut.skrg harga nya udh 35000/porsi (bisa. Buat berdua porsi bungkus nya)

    ReplyDelete