Monday, February 3, 2014

Smarapura Resto Jakarta

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan adat istiadat, dan salah satunya adalah keunikan makanan daerah, jika kita membicarakan makanan khas Indonesia, mungkin hidangan Bali merupakan salah satu yang bisa dijadikan jempolan mengingat cita rasa eksotis yang ditawarkan dalam makanan Bali, oleh karena itu tak heran mengapa pulau Bali selalu ramai dikunjungi wisata asing selain karena keindahan alamnya. Di Jakarta, nampaknya memang tidak terlalu mudah untuk menemukan tempat makan khas Bali, salah satunya adalah Smarapura Balinese Restaurant.


Restaurant khas Bali yang satu ini terletak di kawasan Tebet yang merupakan salah satu daerah tongkrongan di Jakarta Selatan, tetapi sayangnya tempat makan yang bisa saya beri rating setinggi-tingginya tidak terlalu ramai dan mungkin tak banyak orang yang tahu, oleh karena itu lewat postingan ini saya berharap mereka dapat mendapat respon lebih positif lagi di masyarakat dan bisa semakin berkembang, dan menjadi salah satu pilihan warga Jakarta, jika ingin menikmati hidangan Bali.



Nama yang diusung sudah memberikan kesan Bali yang cukup kuat, nama Smarapura ini merupakan bahasa Bali yang berarti "tempat yang indah dan menyenangkan" dan memang sesuai namanya, bangunan utama berupa wantilan dengan 4 Bale Begong serta Gapura asli dari Bali. Tempat ini sudah beroperasi sejak 30 Oktober 2010 dan menjadi salah satu tempat makan favorit saya bersama keluarga.

Suasana Bali yang ditawarkan memang sangat terasa di tempat ini jika kita lihat setiap sudut, kemudian adanya pepohonan juga menambah kesan asri dari tempat makan yang satu ini, selain itu para pelayan di sini juga mengenakan pakaian daerah Bali dan membuat kita serasa makan di pulau dewata nan indah tersebut, selain itu suara gemiricik air dari kolam renang sedalam 85 cm (untuk anak-anak) menambah ketenangan di tempat makan ini.






Untuk menu-menu makanan mereka, hampir seluruhnya merupakan hidangan khas Bali, dan perlu di ingat juga bahwa Smarapura Balinese Restaurant ini halal, jadi tak usah takut, karena terkadang dan sebagian besar hidangan bali itu non-halal ya, di tambah lagi mereka juga memiliki banyak promo setiap bulannya, mulai dari nasi bali hingga bebek garing khas bali bisa anda nikmati di sini dengan harga yang sangat terjangkau.

>> Lumpia Bali
IDR 10.000



Sebagai menu pembuka, tak ada salahnya memilih lumpia bali. Mungkin saya agak bertanya-tanya apa sih lumpia bali itu? akanlah benar-benar berbeda dengan lumpia pada umumnya? Tapi, ternyata lumpia bali ini agak jauh dari ekspektasi saya, karena hanya terlihat seperti lumpia sayuran pada umumnya, dengan ukuran yang cukup mini. Tapi ternyata rasanya menyenangkan loh sebagai hidangan pembuka, benar-benar menu yang light, renyah, apalagi dipadu dengan sambal cocolan dari kacang dan tauco yang rasanya seru sekali !

>> Nasi Ayam Betutu
IDR 31.000




Berkunjung ke restaurant Bali, kurang rasanya jika kita tak mencicipi ayam betutu khas Bali, karena ayam betutu memang merupakan salah satu hidangan autentiknya. Kita tahu bahwa ayam betutu merupakan hidangan dengan rempah-rempah yang begitu kental, buat anda yang tidak suka hidangan berempah, nampaknya ayam betutu di sini dapat menjadi pilihan, karena di Smarapura ini justru punya rasa yang cukup ringan, tapi ini membuat rasanya juga enak saat di santap.

>> Nasi Campur Bali
IDR 31.000




Nasi campur Bali, juga merupakan salah satu makanan yang saya sangat suka ketika berada di Bali, tetapi berhubung di Smarapura ini nasi balinya halal so it's gonna be different, nasi bali ini isinya adalah urap, kacang tanah goreng, ayam suwir yang sudah diberi bumbu pedas, kemudian ada sambal matah dan sate sapi manis yang enak, perpaduan dari setiap komponen di dalam hidangan ini membuat rasanya pas sekali di lidah.

>> Nasi Ayam Smarapura
IDR 31.000




Menu yang satu ini tak jauh beda dari nasi bali, bedanya hanya terletak pada satenya, jika nasi bali memakai sate sapi manis, Nasi Ayam Smarapura ini memakai sate ayam, rasanya sama-sama enak, dan disajikan lengkap juga dengan kuah semacam sayur lodeh yang rasanya enak, oh iya yang membuat nasi ayam Smarapura ini terasa begitu nikmat adalah sambal matahnya, rasanya pedas dan segar !

>> Iga Bakar Smarapura
IDR 49.000




Mungkin menu yang satu ini agak kurang khas Bali, tetapi merupakan salah satu menu andalan di Smarapura,  namanya adalah Iga Bakar Smarapura, kalau kita lihat sepintas memang hidangan ini adalah Iga Bakar Balado, iga yang sudah dilumuri kecap di panggang kemudian diberi sambal balado dan kuahnya disajikan terpisah, sudah lengkap dengan nasi putih dan juga emping melinjo. Daging iga sapi ini terasa begitu empuk dan bumbunya meresap hingga ke dalam, rasanya hmmmm tak perlu di ragukan lagi, kuah sopnya pun mantap.

>> Bebek Garing Smarapura
IDR 47.000




Last but not least, ada salah satu menu wajib kalau anda berkunjung ke Smarapura, Bebek Garing Smarapura. Pasti sebagian besar dari kita jika pergi ke Bali akan menikmati sajian yang satu ini, saya pun penggemar berat bebek garing bali. Setengah ekor bebek dengan ukuran cukup besar dibumbui sempurna dan digoreng dengan sangat renyah di luarnya, tetapi di dalamnya masih sangat lembut daging bebeknya, benar-benar crispy !! Aromanya pun sangat menggoda, disajikan dengan sambal goreng dan terasi bali yang membuat hidangan satu ini menjadi semakin menggugah selera. Selain itu juga sudah termasuk nasi putih dan urap bali, ditambah lagi ketika saya datang ke sini, sedang ada promo sehingga harga Bebek Garing Smarapura yang benar-benar enak ini hanya menjadi IDR 35.000, sangat memuaskan !

Foodies, itulah tadi ulasan beberapa hidangan di Smarapura Resto, selain itu mereka masih memiliki banyak menu yang pastinya gak kalah enak, harga yang tercantum belum termasuk tax 10% So anda tak perlu lagi jauh-jauh ke Bali jika ingin menikmati sajian khas Bali, datang saja ke Smarapura Resto saya yakin rasa rindu anda akan hidangan Bali akan terobati, terlebih lagi anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa bersantap siang maupun malam bersama keluarga dan orang-orang tercinta ;)

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

===================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter : @hungrydoctor

===================

Smarapura Balinese Restaurant 
Jl. Tebet Timur Dalam II No.43
Jakarta Selatan
+62 21 8370 2402 / 2556
smarapura@yahoo.com
WEBSITE | FACEBOOK | TWITTER

BOOK NOW !

1 comment: