Monday, February 24, 2014

RM. Tapak Rasa : Menapaki Kenikmatan Rasa di pinggir Kota Bogor


Bogor merupakan salah satu kota yang cocok untuk berwisata kuliner. Tapi mungkin sebagian besar dari kita hanya mengetahui rumah makan di Bogor kota, bagaimana kalau kita tengok ke pinggirkan kota Bogor yang ternyata memiliki pesona terpendam? kurang lebih dengan perjalanan sekitar 45 menit kita akan sampai di sebuah kecamatan yang bernama Ciampea. Wilayah ini terkenal karena punya ekosistem yang khas, yaitu Bukit Kapur, oleh karena itu dalam perjalanan ini, anda akan menemukan perbukitan kapur yang indah. Selain pemandangan yang indah tujuan saya kali ini adalah untuk mencicipi hidangan dari salah satu rumah makan khas sunda yang paling enak di sini, RM. Tapak Rasa.






RM. Tapak Rasa sudah berdiri sejak akhir bulan Mei 2013, tempat ini belum genap 1 tahun tetapi sudah memiliki banyak pelanggan tetap yang tak hanya berasal dari Bogor melainkan dari luar Bogor. Sebenarnya untuk bisa mencapai rumah makan yang menyajikan sajian khas Sunda ini cukup sulit dan memerlukan perjuangan karena perjalanan yang cukup jauh, tapi anda tak perlu khawatir karena anda bisa dengan mudah mengikuti angkutan umum dari Terimnal Bubulak atau Terminal Laladon di kota Bogor dengan jurusan Ciampea atau Leuwiliang.





Well, bagi yang berangkat dari Jakarta saya akan memberikan navigasinya. Dari Tol Jagorawi keluar pintu tol Sentul City, setelah itu belok kanan masuk ke Tol Lingkar Luar Bogor, keluar ke arah Jl. Soleh Iskandar setalah itu lurus saja masuk underpass, lampu merah pertama (Lotte Mart) belok kiri, lurus terus ke arah Dramaga (Kampus IPB Dramaga). Dari Kampus IPB tinggal ikuti jalan saja kurang lebih 5 km, kemudian 500 meter setelah Perumahan Dramaga Pratama anda akan melihat Tapak Rasa di sebelah kanan jalan.




Suasana yang ditawarkan oleh rumah makan yang satu ini sangat asri dan terasa begitu tradisional serta private, karena setiap saung terpisahkan oleh pepohonan sehingga kita tak akan menyadari sekeliling kita. Tak hanya saung, Tapak Rasa juga memiliki beberapa area makan lainnya yang tak kalah menyenangkan, selain itu bagi yang membawa anak kecil di sini juga ada taman bermain anak. Tempat ini terasa begitu sejuk dan nyaman, bisa menjadi penghilang penat anda setelah sibuk beraktivitas dan menjadi salah satu tujuan weekend anda bersama keluarga. Tempat ini begitu bersih dan terawat tetapi tidak mengurangi unsur tradisional dan alamnya.





Sebagian besar pengunjung Tapak Rasa adalah keluarga, tetapi tempat ini juga cocok bagi pasangan yang ingin romantic dinner dengan suasana yang beda. Selain suasana rumah makan yang asik, pelayanan di sini juga sangat baik, pelayannya begitu ramah dan mereka menyambut kedatangan kita mulai dari kita masuk pintu gerbang sampai kita diantar ke saung ataupun meja kita. 

Untuk pilihan menu yang di tawarkan oleh Tapak Rasa sebagian besar adalah hidangan khas sunda dan Indonesia, dari makanan ringan hingga sajian manis pencuci mulut dengan range harga mulai dari IDR 10.000 - IDR 90.000 untuk makanan dan IDR 3.000 - IDR 25.000 untuk minuman dan dessert. Berikut adalah menu-menu yang saya coba saat kunjungan saya hari Jumat lalu.

>> Teh Tawar
IDR 3.000


>> Nasi Merah 
IDR 8.000



>> Ayam Bubuy Tapak Rasa 
IDR 25.000 / potong




Menu olahan ayam yang satu ini merupakan chef recommendation menu dari Tapak Rasa. Sesuai dengan namanya "bubuy" yang dalam sunda diartikan sebagai "memasukan" , ayam bubuy tapak rasa ini dimasukan ke dalam daun pisang dan kemudian dikukus lalu dibakar, layaknya membuat sebuah pepesan. Rasa yang pedas adalah ciri khas dari hidangan yang satu ini, karena ayamnya dibumbui dengan cabe rawit serta kemangi, sehingga aromanya pun sedap dan rasa pedasnya membuat kita merem-melek saat menyantapnya. Bagi penyuka makanan pedas, ayam bubuy tapak rasa ini wajib dipesan.

>> Gurame Ciampea Goreng
IDR 55.000



Gurame Goreng sudah merupakan hidangan wajib ketika anda makan di sebuah rumah makan khas sunda. Sebenarnya menu andalan di Tapak Rasa untuk pilihan gurame adalah Gurame Leuwongkolot, yaitu gurame goreng yang disiram dengan sambal cobek. Namun, gurame goreng garing tetap menjadi pilihan saya, ikan gurame berukuran tak kurang dari 5 ons ini digoreng garing dan disajikan dengan Sambal Ciampea yang terdiri dari cabe rawit merah dan hijau segar, tomat, serta bawang putih, sambalnya benar-benar mantap ! perpaduan yang seimbang antara pedas, manis dan asam, cocok sekali disantap dengan renyahnya gurame goreng kering khas Tapak Rasa, kalau kata orang Sunda mah ini Raos Pisan !

>> Udang Endah Rasa
IDR 55.000


Tapak Rasa menjadikan seafood sebagai salah satu spesialisasi mereka, oleh karena itu saya tak ragu untuk mencicipi sajian udang mereka, dan yang menjadi pilihan adalah Udang Endah Rasa. Meskipun ukuran udangnya tidak begitu besar, tetapi udangnya segar, padat, manis, garing dan tidak amis, dimasak dengan bumbu yang sekilas mirip bumbu balado dengan rasa lebih mild dan gurih. Rasanya Indonesia sekali dan merupakan salah satu pilihan tepat ketika anda berkunjung ke Tapak Rasa, selain udang endah rasa mereka juga memiliki udang goreng cibodas (goreng tepung) , udang royal rasa (asam manis) dan udang leuwirasa (cabe ijo). 

>> Oseng Daging Mercon
IDR 40.000



Mungkin hidangan yang satu ini lebih ke arah masakan Jawa ketimbang Sunda, oseng daging mercon merupakan menu spesial dari Tapak Rasa dan menjadi salah satu favorit di sini. Tak hanya daging, oseng daging mercon ini juga terdiri dari kikil, oleh karena itu sensasi kenyal dan garing akan anda dapatkan ketika menyantap hidangan pedas yang satu ini. Daging dan kikilnya pun dimasak dengan sangat baik, empuk tapi masih memiliki tekstur yang ngelawan saat dimakan, dan sensasi rasa pedasnya membuat lidah meledak-ledak !!

>> Karedok
IDR 15.000



Karedok ini adalah makanan khas Sunda yang terdiri dari mentimun, kol, tauge, kacang panjang, terong, kemangi dan bumbu kacang, yang membedakan karedok dengan gado-gado adalah sayurannya yang mentah serta bumbu kacang yang dibuat dengan tambahan kencur, dan karedok di Tapak Rasa ini memiliki rasa kencur yang cukup kuat serta autentik, mungkin ini adalah karedok paling enak yang pernah saya makan selama ini. 

>> Tumis Tauge Teri
IDR 15.000



Sayuran lainnya adalah tumis tauge teri yang pastinya enak, teri yang mereka pakai cukup banyak, sehingga rasanya menjadi asin dan sangat gurih, dimasak dengan tingkat kematangan yang pas sehingga taugenya masih terasa renyah saat dimakan dan bawang goreng juga membuat tumis tauge teri ini punya aroma yang lebih mantap serta cita rasa yang lebih enak juga.

>> Tumis Kangkung Tauco
IDR 15.000



Tumis Kangkung juga salah satu favorit saya, di sini anda bisa memilih tumis kangkung polos, terasi ataupun tauco. Saya selalu menyukai kangkung tauco dan nampaknya pilihan saya memang tepat karena kangkung tauconya menggunakan tauco yang bagus sehingga rasanya menjadi gurih dan nikmat sekali, saya benar-benar menikmati tumis kangkung tauco yang sebenarnya sajian sederhana tetapi Tapak Rasa menyihirnya menjadi sebuah hidangan yang mahal akan cita rasanya.

>> Sambal Gandaria
IDR 10.000



Sajian sunda tanpa sambal dan lalapan itu pastinya gak afdol, oleh karena itu Tapak Rasa punya beberapa pilihan sambal, yaitu sambal cobek, sambal dadak, sambal burahai, sambal ngagedod, sambal bolotot, sambal ciampea, sambal mangga dan yang paling menarik adalah sambal gandaria. Sambal gandaria ini sudah pasti menggunakan buah gandaria yang terbilang sudah cukup langka, dan sambal gandaria ini tidak selalu tersedia di Tapak Rasa, oleh karena itu saya merupakan salah satu yang beruntung berhasil menikmati kesegaran sambal yang satu ini, gandaria pada dasarnya punya rasa yang asam dan segar, benar-benar nikmat ! Kesegarannya melebihi sambal mangga muda, seriously you have to try this !

>> Sop Buah Kelapa Tapak Rasa
IDR 25.000




Sebagai menu penutup, saya memesan Sop Buah Kelapa Tapak Rasa ! Setelah asik dengan hidangan yang pedas-pedas saatnya menyantap sajian manis, sop buah yang terdiri dari potongan semangka, apel, melon, pir dan biji selasih ini disajikan di dalam kelapa muda batok dengan tambahan sirup pisang susu dan susu kental manis serta es batu, membuat sop buah kelapa tapak rasa ini memberikan penutup yang benar-benar sempurna.

Saya sangat puas dengan setiap menu makanan yang mereka sajikan, cita rasanya benar-benar enak dan autentik. Ternyata, mereka tak hanya mengandalkan suasana sebagai nilai jualnya tetapi memang memiliki hidangan jawara. Saya menyarankan agar anda datang ke sini sore hari sekitar pukul 4 atau 5 agar bisa merasakan suasana tempat ini saat masih terang dan saat sudah gelap dengan pencahayaan dari  lampu serta obor yang memberikan kesan hangat. Harga makanan yang tercantum diatas belum termasuk 10% pajak. RM. Tapak Rasa merupakan sebuah pilihan tepat untuk akhir pekan anda bersama orang-orang tersayang. Meski perjalanan cukup jauh tapi akan memberikan kesan dan pengalaman menikmati sajian khas Sunda yang tak terlupakan. 

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

=====================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter     :  @hungrydoctor

=====================

RM. Tapak Rasa
Jl. Raya Cibungbulang Km.15
Ciampea - Bogor
Jawa Barat
(0251) 8422522 , 087782118778





2 comments:

  1. Bogor itu memang salah satu destinasi yang bagus buat para pemburu makanan, bagus banget infonya

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan postingan anda ini, informasi kuliner yang menarik nih. Jadi ingin coba!
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete