Tuesday, February 18, 2014

Dapur Solo : Nikmatnya Kuliner Tradisional Solo

Dalam rangka memperingati hari jadi kota Solo yang ke- 269, RM. Dapur Solo yang merupakan salah satu restaurant yang berhasil melestarikan dan menggalakan kuliner Solo di tengah banyaknya tempat makan western di Jakarta ini mengadakan sebuah acara "Pesta Gelar Masakan Solo" yaitu tentang pengenalan kuliner tradisional Solo yang unik. Oleh karena itu, acara ini sangat  menambah pengetahuan kita akan kekayaan kuliner negeri sendiri.


Dalam acara ini Dapur Solo mengundang para blogger dan juga rekan media agar mampu mempublikasikan nikmatnya sajian tradisional Solo yang semakin kurang dikenal publik. Bisa kita lihat bagaimana sebagian besar anak muda Jakarta bahkan Indonesia mungkin tak begitu mengenal hidangan tradisional Indonesia dan justru semakin banyak mendapat influence dari hidangan barat seperti pasta, pizza, steak dan sebagainya. Lewat postingan blog ini saya juga berharap mampu mengangkat kembali kecintaan kita akan budaya negeri sendiri, terutama Makanan.


Ny. Swan Kumarga (founder Dapur Solo)  dan Catur Guna Yuyun Ang (www.jakartaseru.com)

Dapur Solo sudah berdiri sejak tahun 1988 bermula dari sebuah garasi rumah di kediaman Swan Kumarga. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang harus mengurus anak yang masih kecil, tak memungkinkan Ny. Swan untuk bekerja di luar rumah, oleh karena itu berkat ide sang suami akhirnya ia pun mulai berjualan rujak dan juice yang merupakan makanan kesukaannya waktu itu. Bermodalkan brosur sederhana bertulisan tangan serta sepeda ontel, ia mulai menyebarkan brosur tersebut ke lingkungan sekitar tempat ia tinggal dan mendapat respon yang cukup baik dari para ibu-ibu, anak-anak yang pulang dari sekolah bahkan pekerja kantoran. Karena kecintaan Ny.Swan atas hidangan Solo ia pun menambah menu yang ia jajakan dengan makanan rumahan khas Solo. Hingga akhirnya tahun 2006, Ny.Swan berhasil mengembangkan sebuah usaha rumahan menjadi restaurant terkenal dengan nama Dapur Solo.







Solo merupakan salah satu daerah yang mempunyai kekayaan kuliner yang beragam, dalam acara ini Ny.Swan juga mengenalkan kepada kita menu-menu yang sudah sangat langka bahkan di Solo itu sendiri, bagaimana keseruan menu-menu tersebut?? Inilah diaa...

JAJANAN PASAR




Mungkin jika anda berkunjung ke Pasar Gedhe Solo, bisa menemukan penjual jajanan pasar ini, terdiri dari tiwul, cenil, grontol, sawut singkong serta ketan item. Biasanya hidangan ini dikombinasikan sehingga rasanya lebih padu, seperti yang disajikan oleh RM. Dapur Solo. Mungkin nama jajanan pasar ini masih agak asing ditelinga kita. Tiwul adalah singkong yang diolah dengan gula jawa sehingga rasanya manis. Cenil itu dibuat dari tepung singkong dan biasanya diberi warna-warni setelah direbus agar lebih menarik. Grontol adalah jagung rebus yang diberi taburan kelapa parut, sangat sederhana dan terkenal hampir di seluruh Jawa Tengah. Sawut Singkong merupakan singkong yang diparut kasar kemudian direbus. Ketan Item sendiri sudah cukup sering kita temukan sehari-hari, biasa dipadukan dengan es ataupun kolak. Semua jajanan pasar ini cocok sekali disajikan dengan taburan kelapa parut serta gula pasir, rasanya enak sekali.

KUDAPAN 




Kiri ke Kanan : Pastel - Mendut & Sosis Solo - Jadah Blondo - Nagasari - Semar Mendem

Pastel, hidangan yang satu ini tidaklah asing bagi kita, salah satu kudapan yang mungkin sering kita santap, kulit pastel yang digoreng garing berisikan sayuran seperti wortel, buncis, daging ayam , soun dan telur rebus. Disantap dengan cocolan sambal kacang pastinya akan terasa lebih nikmat.

Mendut ini merupakan salah satu sajian unik juga, biasa dibuat dari ubi ataupun singkong dengan perpaduan tepung kemudian di dalamnya ada gula jawa dan disiram lagi dengan areh atau santan kental, sajian yang satu ini unik, manis dan enak.

Sosis Solo mungkin tak terlihat seperti sosis yang kita kenal, karena sosis solo ini sebenarnya adalah dadar gulung yang berisikan daging sapi atau ayam. Sosis Solo ini memang merupakan salah satu makanan wajib ketika anda berkunjung ke Dapur Solo, karena salah satu sajian yang memang khas Solo. Sosis Solo ini salah satu bahan utama dalam hidangan khas Solo, Timlo.

Jadah Blondo pastinya terdengar asing bagi kita, jadah singkong yang rasanya kenyal seperti beras ketan ini dipadukan dengan taburan ampas minyak kelapa yang warnanya coklat, sajian ini unik dan rasanya enak, cocok sekali sebagai menu cemilan untuk dinikmati bersamaan dengan secangkir teh manis hangat.

Nagasari atau biasa dikenal juga dengan kue pisang mungkin lebih akrab dengan kita, dibuat dari tepung beras dan santan yang kemudian dikukus, membuat rasa hidangan yang satu ini kenyal dan lembut serta rasanya manis gurih, potongan pisang membuat rasa manis lebih terasa. Nagasari ini juga bisa dikreasikan dengan nangka, pacar cina, merah delima, hingga dawet sebagai bahan pengganti pisang.

Semar Mendem ini kurang lebih adalah lemper tapi jika biasanya kita menemukan lemper dengan dibungkus daun pisang, Semar Mendem justru berbeda. Semar Mendem dibungkus dengan dadar atau crepe yang kemudian diberi taburan areh atau santan kental. Semar Mendem ini langsung menjadi salah satu makanan kesukaan saya.


Bubur Jagung

Bubur jagung merupakan salah satu menu yang akan segera dipasarkan oleh Ny.Swan. Ini merupakan menu baru dari RM. Dapur Solo yang mendapat respon sangat baik dari para rekan blogger dan media. Bubur jagung ini terdiri dari pacar cina dan jagung rebus disiram dengan santan cair. Hmmm rasanya manis dan gurih apalagi tersajinya hangat, benar-benar merupakan sebuah hidangan yang sangat enak dan pastinya akan segera menjadi favorit semua pengunjung di RM. Dapur Solo.


Bubur Lemu

Bubur Lemu merupakan hidangan khas Solo yang nyaris punah namun memiliki cita rasa yang fantastis. Lemu dalam bahasa jawa berarti gemuk, karena setelah menyantap  bubur ini, badan kita akan menjadi lemu karena hidangan ini banyak menggunakan santan. Buburnya sendiri sudah terbuat dari santan, kemudian ditambah dengan opor ayam kampung yang bersantan dengan cita rasa gurih, berpadu juga dengan tahu dan telur rebus, serta sambal krecek yang membuat hidangan ini menjadi semakin spesial. Sambal Krecek gurih dan pedas ini memberikan pengalaman rasa yang tak terlupakan. 



Cabuk Rambak

Kudapan khas Solo yang tak kalah enak adalah Cabuk Rambak. Mungkin hidangan ini masih tedengar asing bagi kita, tetapi tidak di kota Solo, karena Cabuk Rambak adalah salah satu hidangan yang menjadi favourit. Cukup sederhana namum nikmat, terdiri dari ketupat yang disiram dengan bumbu perpaduan kacang, wijen dan daun jeruk, menimbulkan sensasi rasa bumbu kacang yang berbeda dari bumbu kacang lainnya, dengan ada aroma yang nikmat dari daun jeruk, dan disajikan dengan Karak Bratan (berasal dari daerah Bratan), karena banyak orang yang kurang suka dengan rambak kulit sapi, sehingga diganti dengan karak bratan. Karak ini merupakan oleh-oleh khas Solo, yang dibuat dari nasi dikenal juga dengan kerupuk karak, sangat enak rasanya.



Brambang Asem 

Brambang Asem ini merupakan salah satu hidangan khas Solo yang benar-benar langka dan nyaris punah, hanya bisa kita temukan di Pasar Gedhe Solo dan itupun penjualnya semakin berkurang. Hidangan ini terlihat seperti pecel namum sangat sederhana, karena hanya terdiri satu jenis sayuran yaitu Daun Ubi Jalar atau orang Solo biasa menyebutnya dengan jeglor. Daun ubi jalar ini direbus dan disiram dengan sambal brambang yang menyerupai bumbu rujak yang terdiri dari cabe rawit, gula jawa, asam jawa, daun jeruk, terasi dan bawang merah (brambang). Rasanya pedas manis sangat nikmat dan menyegarkan, dengan lauk tambahan tempe gembus yang dibuat dari ampas tahu, kemudian dimasak dengan cara dibacem, rasanya begitu manis gurih dan nikmat, salah satu kuliner Solo yang harus dilestarikan.

HIDANGAN UTAMA



Nasi Langgi Solo

Mendengar nasi langi mungkin kita akan langsung berpikir ke nasi langi ala Cirebon dengan nasi yang berpadu dengan sayuran dan bumbu kacang, Nasi Langgi Solo secara keseluruhan memang sangat berbeda dari nasi langi cirebon. Nasi Langgi Solo terdiri dari nasi kuning yang dibentuk tumpeng yang lengkap disajikan dengan irisan telur dadar, serundeng kelapa, abon sapi, sambal goreng kentang, keripik kentang, suwiran daging sapi, ayam kampung goreng, sambal serta kerupuk udang. Sajian lengkap yang satu ini menjadi salah satu menu favorit di RM. Dapur Solo serta Catering Dapur Solo. Perpaduan cita rasa dari setiap komponen di hidangan ini terasa begitu nikmat saat disantap.



Nasi Liwet Solo

Lagi-lagi ada menu makanan Jawa Barat dengan nama Nasi Liwet tetapi sangat berbeda dengan Nasi Liwet Solo, kalau nasi liwet sunda ini biasa disajikan di kretel dengan rempah-rempah dan ikan teri, sedangkan nasi liwet solo ini merupakan nasi yang dimasak dengan santan dan juga kaldu ayam, sehingga teksturnya lebih lembut dan punya aroma lebih nikmat, kemudian disajikan dengan suwiran ayam opor, sayur labu siam, potongan telur pindang, ati dan rempelo ayam rebus, telur kukus, tempe bacem, rambak dan jangan lupa areh yang membuat rasa nasi liwet ini menjadi lebih gurih lagi. Nasi Liwet Solo ini merupakan Best Seller dari RM. Dapur Solo.



Lontong Solo

Menu yang satu ini tak lain tak bukan sering disebut dengan Lontong Cap Go Meh. Potongan lontong berpadu dengan suwiran ayam opor, rendang daging, sambal goreng kentang, telur pindang, dan pastinya kerupuk udang. Dengan kuah santan yang gurih namun ringan (tidak kental) membuat lontong solo ini terasa begitu nikmat disetiap gigitan. Membuat saya tak bisa berhenti menikmati hidangan khas Solo yang satu ini.



Selat Solo

Saya adalah salah seorang penggemar Selat Solo. Hidangan satu ini lahir berkat sikap ramah tamah para pedagang batik di Lawean-Solo terhadap kolonial Belanda kala itu. Steak pun dibuat dengan selera lokal, yaitu semacam semur namun diberi sentuhan mustard. Oleh karena itu Selat Solo sering disebut juga dengan Steak Jawa. Hidangan ini disajikan lengkap dengan kacang panjang, wortel, kentang, acar mentimun, bawang merah, keripik kentang serta telur pindang. Selat Solo ini biasanya dijadikan sebagai makanan ringan bagi orang Solo, sebagai hidangan santai untuk menuju hidangan yang lebih berat seperti nasi. 


Tengkleng Kambing 

Tengkleng merupakan hidangan berkuah khas Solo, terdiri dari bagian tulang kambing, seperti bagian iga, punggung, buntut, hingga bagian muka dan jeroan. Biasanya sebagian besar isi tengkleng ini adalah tulang iga dan juga tulang muda. Dimasak dengan berbagai rempah sehingga menghilangkan bau anyir dari kambing, tengkleng ini kurang lebih seperti gulai tetapi lebih encer dan rasanya lebih light dengan santan yang lebih ringan juga dibandingkan dengan gulai atau tongseng.

MENU MINUMAN & WEDANG



Es Dawet Daun Suji

Minuman ini terasa begitu menyegarkan siang hari yang cukup panas itu, dawet yang terbuat dari daun suji asli tanpa pewarna buatan, memang terasa begitu nikmat apalagi berpadu dengan santan serta gula jawa. Disajikan dingin, membuat minuman ini bisa segera mengobati tenggorokan anda yang kering. Aroma pandan juga terasa dalam minuman ini sehingga memberi sensasi es dawet yang lebih nikmat.


Wedang Ronde

Wedang Ronde memang biasanya disajikan hangat-hangat, karena wedang ini memang minuman berbahan dasar jahe yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan karena terbuat dari rempah-rempah alami. Rondenya sendiri dibuat dari tepung beras yang diisi dengan kacang tanah yang dihaluskan kemudian nantinya disiram dengan wedang dan diberi taburan kacang tanah goreng dan kolang-kaling. Wedang Ronde memang terasa begitu nikmat disantap, apalagi malam hari untuk menghangatkan tubuh kita.


Wedang Uwuh

Dalam bahasa jawa wedang berarti minuman dan uwuh berarti sampah. Jadi wedang uwuh ini tak lain tak bukan adalah minuman sampah, karena terdiri dari dedaunan yang terlihat seperti sampah. Minuman ini sudah pasti tersaji hangat, rasanya manis dan pedas. Rasa pedas ini timbul dari jahe yang digunakan, sementara warna merah cerah didapat dari batang secang. Minuman ini sangat pas untuk musim hujan karena mempunyai khasiat mencegah masuk angin, menghangatkan badan, melancarkan peredaran darah, membuat nyenyak tidur, serta menghaluskan kulit. Enak dan menyehatkan.



Itulah tadi beberapa Hidangan khas Solo yang tersaji di RM. Dapur Solo yang mempunyai cita rasa begitu enak. Jadi buat para warga Jakarta yang ingin menikmati sajian nikmat khas Solo bisa langsung segera menuju RM. Dapur Solo. Secara pribadi, sebagai anak muda Indonesia saya berharap lewat postingan ini dapat memberikan informasi dan meningkatkan minat para pemuda Indonesia untuk mencintai hidangan nusantara yang tak kalah dengan hidangan western yang sekarang ini lebih digandrungi. Selamat mencoba dan selamat ulang tahun kota Solo yang ke-269. 

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

===================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter : @hungrydoctor

===================

Dapur Solo - Jakarta Utara
Jl. Danau Sunter Utara No. 7
Sunter - Jakarta Utara 14350
(021) 29615353

Jl. Danau Sunter Utara R 35-37
Sunter - Jakarta Utara 14350
(021) 6405812

Dapur Solo - Jakarta Selatan
Jl. Panglima Polim I No.95
Kebayoran - Jakarta Selatan
(021) 7222311

Dapur Solo - Serpong
Ruko Melati Mas Square
Blok A1 No.22-23
Jl. Raya Serpong - Tangerang
(021) 53150505

WESBITE || FACEBOOK || TWITTER || INSTAGRAM








30 comments:

  1. wahh fotonya menggiurkan sekali :')

    ReplyDelete
  2. Great photos and in depth review! Gonna try this real soon! :)

    ReplyDelete
  3. Waahhh kereeennn... foto2nya bikin ngiler ver :D review nya juga lengkap bgt bgt --- detail --- hidup masakan tradisional!!!

    ReplyDelete
  4. What an interesting review! nice details & photos, aaand ngebantu tau makanan2 tradisional indonesia yg bener-bener belom pernah denger sebelumnya. Bakal mampir ke sini asap :9

    ReplyDelete
  5. Nice review bro, harus cobain banget nih 😋

    ReplyDelete
  6. Gonna try this asap ! 👍👍

    ReplyDelete
  7. Fotonya keren, makanannya jadi kelihatan enak semua. Jadi pengen cobain makanannya

    ReplyDelete
  8. Bikin ngiler bgt verrrrr

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Mantep nih ver, bole jadi tujuan wiskul berikutnyaaa ahay

    ReplyDelete
  11. Fotonya keren2 jadi bikin laper !!

    ReplyDelete
  12. Nice review per jadi lebih tau kuliner asli Solo, keep up the good work ;)

    ReplyDelete
  13. Wih keliatannya enaaak enak nih semua makanannya! Akan coba segera ;-D

    ReplyDelete
  14. Nice in-depth review ver :D

    ReplyDelete
  15. Good review! Wish I could go there :(

    ReplyDelete
  16. good review ! good work! never get bored to read your review,

    ReplyDelete
  17. good review ! good work! never get bored to read your review,

    ReplyDelete
  18. i'm so glad finding this blog, the reviews are so helpful on finding cool and good places to hang out in jakarta, good job and well done

    ReplyDelete
  19. Cool ! can't wait to read your next review ;)

    ReplyDelete
  20. Diliat aja udah enak apa lagi dirasain

    ReplyDelete
  21. situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,judi bola online,poker online indonesia, daftar situs poker online indonesia
    poker 88,situs poker online indonesia uang asli,situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia
    nice post....
    article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
    maju terus sob,,,
    kunjungi blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
    dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
    link alternatif http://www.oliviaclub.net/oliviaclub/index.php
    oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
    Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
    yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,,

    ReplyDelete
  22. kunjungi blog saya yach teman2 di http://chaniaj.blogspot.com
    banyak artikel yang bisa anda baca,kunjungi juga situs kami http://www.oliviaclub.com
    poker indonesia, poker terpercaya, situs poker, poker terbesar, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia,
    poker online, turnover poker.
    https://www.facebook.com/oliviaclubpk?ref=hl
    https://www.youtube.com/watch?v=nZeVknRm8fQ&feature=youtu.be ( OLIVIA)
    https://www.youtube.com/watch?v=4O3DiOiiOf8


    diharapkan kunjungan baliknya yach,,makacih..

    ReplyDelete