Monday, January 13, 2014

Talaga Sampireun Ancol


"Sundanese Culinary Experience by The Lake"

Itulah dia tag dari Talaga Sampireun , restaurant sunda terbaik menurut saya sejauh ini di Jakarta. Talaga Sampireun sendiri berasal dari bahasa sunda yaitu tempat singgah ditepi danau. Berdiri pada tahun 2010 di Bintaro, Talaga Sampireun sukses menaruh hati dipara pengunjungnya, sehingga mereka memang menjadi salah satu restaurant sunda paling sukses selama 3 tahun ini, oleh karena itu mereka ingin lebih menjangkau pelanggan yang luas dengan membuka restaurant keduanya di Taman Impian Jaya Ancol.





Pemilihan tempat di Ancol ini ada sisi positif dan negatifnya, positifnya tempat ini memang merupakan area rekreasi, so sudah pasti ramai dan apalagi pilihan restaurant sunda yang enak dan suasana yang asik pula tak bisa kita temukan di Ancol, sehingga tidak ada kompetitor di sini, negatifnya, untuk orang yang sekedar hanya ingin menikmati sajian di Talaga Sampireun, mungkin akan berpikir 2 kali karena harus membayar tiket masuk Ancol. Tapi pemilihan tempat ini didasari dengan kebutuhan lahan mereka yang besar, dan di Ancol lah mereka bisa mendapatkan tempat luas dan suasana yang nyaman.





Talaga Sampireun Ancol terletak di area seluas 1,5 yang menjadikan mereka sebagai restaurant sunda terbesar di Jakarta yang memberikan kenyaman maksimal bagi anda dan keluarga dengan arsitektur saung "leg down" di tengah danau, di mana anda bisa mendengar desir angin dan gemericik air serta atraktifnya ikan-ikan yang di dalam danau. Jadi anda tak perlu melipat kaki anda layaknya saung dan lesehan di restaurant sunda lainnya yang bisa membuat kaki pegal jika duduk terlalu lama.



Talaga Sampireun Ancol memang lebih memberi kesan modern daripada di Bintaro, karena di sini memang ditargetkan untuk event-event seperti wedding, meeting, company gathering serta private event lainnya. Terdiri dari 23 saung dengan kapasitas dining hall bawah 250 seat, atas 250 seat, alfresco 40 seat serta Floating deck 24 meja yang berarti 2x lebih besar dari Bintaro, dan merupakan spot yang paling di gemari di sini.




Kemudian untuk Event Wedding mereka bisa menampung hingga 800 orang untuk standing party dan 400-500 untuk duduk, selain itu mereka juga memiliki 4 meeting room dengan kapasitas 40 seat lengkap dengan wifi dan sound system serta perlengkapan meeting seperti lcd dan proyektor. Selain itu bagi keluarga yang memiliki anak kecil juga tersedia playground yang cukup memadai, tempat ini terasa semakin menyenangkan dengan adanya live music setiap hari Jumat-Minggu dengan alunan musik akustik serta musik tradisional berupa kecapi dan suling.

Talaga Sampireun Ancol juga menyediakan jasa lunch box dengan minimal pemesanan 100 box dengan syarat pemesanan 1 hari sebelumnya serta menyediakan outside catering juga dengan minimal pemesanan 100 pax dan harus memesan minimal 1 hari sebelumnya, dan perlu juga diketahui bahwa untuk weekend tidak bisa melakukan reservasi untuk duduk di saung, first come first serve :)






Restaurant yang menyajikan sajian khas nusantara yang banyak sudah mengalami modifikasi dan penyesuaian ini selalu memberikan kualitas masakan terbaik dengan bahan baku segar dan berkualitas tinggi yang diolah secara tradisional namun menggunakan peralatan modern dan sistem pengawasan kerja terbaik. Bahan-bahan seperti ikan selalu mereka ambil dari kolam sendiri dan untuk penyimpanan bahan makanan seperti hidangan laut disimpan dalam frozen room dengan suhu yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga kesegaran bahan makanan frozen ini tetap terjaga.





Untuk sayuran dan buah-buahan selalu baru setiap harinya, di datangkan pagi hari kemudian disimpan dalam ruang penyimpanan khusus begitupun dengan bahan kering seperti bumbu masakan dan lain-lain disimpan diruang terpisah, sistem yang sangat rapi. Kemudian mereka juga punya butcher room dimana bahan-bahan mentah mulai mengalami proses pembersihan dan pemotongan serta based seasoning (salt, pepper, lemon), dapur mereka pun terbagi untuk bagian rebus, tumis, kukus, goreng, serta bakar. Kemudian untuk drink stationya juga terpisah, sehingga tak akan kontaminasi dari setiap bagian, semuanya tertata dengan amat sangat baik.

Inilah menu-menu favorit dari Talaga Sampireun Ancol yang menjadi menu makan siang saya kali ini..

Nasi Liwet
IDR 45.000
 

Untuk makan siang di tempat sespesial Talaga Sampireun, tak khayal menikmatinya dengan sajian spesial, begitupun dengan nasinya yang tak sekedar nasi putih, melainkan nasi liwet khas sunda yang disajikan didalam kendil, nasi liwet ini nasi yang dimasak dengan santan kemudian bawang merah, bawang putih, cabai rawit, sereh, daun salam serta rempah lainnya dengan diberi teri juga diatasnya, aromanya sangat menggugah selera makan, 1 porsi nasi liwet ini bisa untuk 3-4 orang, rasanya bener-bener ke"liwet"an (baca: kelewatan) enak !

Sop Iga Garang Asam
IDR 69.000


Makanan khas Indonesia yang satu ini mendapat sentuhan berbeda di Talaga Sampireun. Di buat dari racikan rempah yang eksotis dengan rasa asam yang didapat dari belimbing wuluh, tomat segar dan nanas muda serta cabe rawit yang memberikan kombinasi rasa pedas, asam dan manis yang unik dan menyegarkan. Menggunakan daging iga lokal yang diolah dengan sangat baik sehingga sangat empuk, disajikan di atas anglo yang diberi arang kayu di bawahnya untuk menjaga hidangan ini tetap hangat ketika kita menyantapnya, nikmat :)

Gurame Terbang
IDR 79.000


Gurame Goreng memang merupakan salah satu hidangan sunda yang pasti menjadi favorit, di Talaga Sampireun ini gurame terbang juga menjadi andalan, guramenya menggunakan gurame dengan ukuran 700 gram yang diambil dari kolam sendiri, dimarinated selama kurang lebih 2 jam dengan kadar garam yang rendah, sehingga rasanya tidak terlalu banyak garam tetapi meresap karena waktu perendaman yang lama, kemudian digoreng dengan deep fryer berstandar internasional dengan timing serta suhu penggorangan yang tepat sehingga menghasilkan tekstur ikan yang gurih dan renyah hingga ke tulang. Gurame Terbang ini membuat setiap angan melayang dan fantasi demi fantasi tercipta dalam setiap gigitan.

Patin Bakar Bambu
IDR 99.000


Patin yang satu ini tak diolah dengan cara biasa, jam 6 pagi tepat ikan patin langsung diambil dari kolam kemudian masuk ke butcher-room setelah itu dimarinated dengan based seasoning, setelah itu dibungkus dalam daun pisang setelah itu dimasukan ke dalam bambu untuk kemudian dibakar dengan arang yang panasnya sedang selama 4 jam agar bumbu meresap dengan sempurna ke dalam lemak dan daging ikan patin ini, melahirkan sajian eksotis dengan kombinasi rasa pedas dari cabai, manis dari kelapa dan asih gurih dari bumbu serta rempah yang digunakan, luar biasa :9

Dori Bumbu Lychee
IDR 49.000



Masih dari hidangan ikan, kali ini sajiannya agak beda karena lebih modern dan menggunakan ikan laut, ikan dori yang punya tekstur daging sangat lembut ini difillet kemudian digoreng tepung, kelembutan ikan dori ini dipadukan dengan bumbu lychee yang kaya dan akan mempesoda lidah ketika menyantapnya. Kombinasi rasa manis, gurih dan pedas ini menambah selera makan, apalagi adanya buah lychee yang memberi kesan tersendiri saat menyantapnya. Lychee disini mungkin merupakan inovasi pengganti nanas dalam hidangan yang basicnya adalah asam manis, tapi disini mereka menghilangkan rasa asam dari nanas yang diganti dengan rasa manis eksotis dari buah lychee.

Udang Bakar Madu
IDR 85.000



Udang windu jumbo pilihan dibakar dengan menggunakan saus madu yang gurih, udangnya segar dengan ukuran yang cukup besar kemudian ditusuk sate, bumbunya ini pas rasanya, manisnya tidak over dengan ada rasa gurih serta pedas yang mild, disajikan di atas hotplate, 1 porsi berisi 6 tusuk udang windu jumbo yang sudah dibakar dengan saus madu yang begitu spesial dan membuat kita tak bisa berhenti menikmati udang yang satu ini, indahnya cita rasa yang mempesona.

Tumis Bunga Pepaya
IDR 27.000


Ingin tumisan sayur yang tak biasa? Coba saja tumis bunga pepaya yang punya tekstur renyah dan benar-benar memikat rasa, apalagi sensasi pahitnya yang istimewa kian membangkitkan selera makan, rasanya memang pahit, and honestly saya tak menyukainya, tapi menurut sang chef, mereka memiliki bunga pepaya yang rasanya jauh lebih tidak pahit dibanding resto lainnya.

Buntil
IDR 27.000



Buntil ini merupakan makanan jawa sebenarnya bukan makanan sunda, tapi sudah dimodifikasi sehingga rasanya menjadi lebih sunda, kombinasi dari teri medan dan kelapa yang diparut kemudian dibungkus dengan daun pepaya dan dibumbui dengan rempah-rempah kemudian direbus dengan tomat merah selama kurang lebih 3 jam hingga lembut. Disajikan dengan saus tradisional yang merangkai rasa gurih, pahit, pedas, dan asin menjadi satu paduan yang istimewa. Buntil ini cocok dinikmati kapan saja.

Tahu Tempe Goreng
IDR 9.000


Makan masakan sunda tanpa tahu dan tempe goreng? pasti sangat kurang, salah satu menu wajib, meski mungkin nothing special akan tahu dan tempe goreng ini tapi percayalah, mereka mampu menjadi salah satu makanan paling nikmat di makan siang ataupun malam anda, tahu disini lembut dan tidak asam begitupun juga tempenya yang padat, tidak terlalu berminyak juga, aplaagi dimakan bersamaan dengan sambal dan lalapan, berhamonisasi dengan indah didalam mulut.

Sambal
IDR 7.000


Makan masakan sunda tanpa sambal itu sangat tidak mungkin, ibaratnya nih makan nasi pakai sambal serta lalapan juga bisa, nah untuk pilihan sambel di Talaga Sampireun, mereka punya 6 macam jenis sambal, ada sambal terasi, sambal kemangi, sambal mangga, sambal hejo, sambal geledek serta sambal bajak. Sambal bajak merupakan salah satu yang paling pas menurut saya, pedasnya cukup, ada sam dari tomat juga, kemudian terasinya tidak terlalu kuat, pokoknya paling cocok dan paling wangi juga saat dimakan ya sambal bajak ini, kalau mau sensasi pedas yang membakar bisa coba sambal geledek.

Es Sirsak Talaga Sampireun
IDR 29.000


Minuman yang satu ini merupakan salah satu minuman dengan warna yang sangat cantik, tentunya berbahan dasar sirsak yang dipadukan dengan jelly, kemudian buah segar lainnya seperti starwberry, mangga yang kemudian diberi sirup frambozen dengan diberi susu kental manis serta es serut di atasnya, rasanya manis dan menyegarkan, cocok diminum siang hari seperti ini.

Es Merah Delima
IDR 23.000


Minuman yang satu ini merupakan salah satu minuman yang tak mudah ditemukan di resto lainnya, berbahan dasar buah delima yang kemudian diberi santan serta sirup cocopandan dan es serut diatasnya, sebagai penambah aroma serta rasa manis yang alami diberi susu kental manis, rasanya memang manis tapi gak bikin enek, fresh !

Es Jeruk Kelapa
IDR 29.000


Salah satu minuman kesukaan saya dimana pun ! Es jeruk kelapa memang segar sekali, daging buah kelapa muda yang tebal dan nikmat dipadukan denga air jeruk peras murni yang rasanya asam manis, tanpa penambahan apapun lagi pasti rasanya sudah sangat menyenangkan, salah satu minuman paling saya suka :9

Kelapa Muda Batok
IDR 23.000


Makan di daerah pantai seperti Ancol sudah paling cocok minum es kelapa, apalagi langsung dari batoknya, dan kelapa muda batok di Telaga Sampireun selalu fresh setiap harinya, karena setiap hari dikirim kelapa-kelapa muda yang berukuran besar ini, kemudian disajikan hanya dengan diberi sedikit gula aren dan juga es batu, kesegaran rasa yang membuat tenggorokan lega.

Es Teh Lychee
IDR 23.000


Selain minuman yang tradisional, Talaga Sampireun juga ada minuman yang modern salah satunya adalah flavoured ice tea, dan mereka punya beberapa pilihan, meski  pada akhirnya pilihan pun jatuh pada es teh lychee, mungkin memang perpaduan es teh dan lychee paling cocok ya, dengan aroma sirup lychee yang menyenangkan serta rasa manis yang unik, membuat es teh ini menjadi sangat  segar, apalagi  buah lycheenya juga cukup banyak dan besar-besar, segar sekali !

Es Teh Lemon
IDR 23.000


Minuman lain yang tak kalah menyegarkan adalah es teh lemon, dan es teh lemon tidak seperti es teh lemon biasa, mereka benar-benar memakai sari jus dari buah lemon segar, bukan yang sachetan, sehingga rasa lemonnya pun lebih alami dengan rasa yang tidak terlalu manis, apalagi menggunakan es yang diserut juga, serta ada daun mint yang memberi sensasi sendiri dimulut ketika kita meminumnya.

Itulah menu-menu favorit dari Talaga Sampireun, yang memberikan warna tersendiri dalam pengalaman kuliner anda, dan tempat dengan suasana menyenangkan ini dapat menjadi tempat makan bersama keluarga yang tak terlupakan, dengan menu variatif dengan harga yang sesuai dengan kualitas yang ditawarkan, dan perlu diketahui juga bahwa harga diatas belom termasuk 10% tax dan 5% service. Jadikan akhir pekan anda bersama keluarga dan orang tercinta menjadi lebih spesial dengan bersantap di Talaga Sampireun.

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

===================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter : @hungrydoctor

===================

Talaga Sampireun
Jl. Lapangan golf 7
Ancol - Pademangan Utara
Jakarta Utara
Telp : (021) 6470 0400
Fax : (021) 6471 4096
E-mail reservation : reservation.ancol@talagasampireun.com
WEBSITE || FACEBOOK || TWITTER



3 comments:

  1. enak2 sih makanannya dan view nya bagus pula pantai dan laut. sayangnya harga makanan yang mahal harus dilengkapi juga sama tiket masuk ancol yang mahal

    ReplyDelete
  2. hello admin,,, pernahkah ada wedding party di sini? kalau mau selenggarakan private wedding untuk 200 tamu sistemnya bagaimana? tx.... ariasardjono@gmail.com


    ReplyDelete