Wednesday, January 1, 2014

Ron's Laboratory - Another Liquid Nitrogen Ice Cream in Town


HAPPY NEW YEAR 2014 all of my blog readers !! Thanks for reading my blog for this almost 2 years, I hope you all happy reading this blog :D saya sendiri berharap bisa lebih banyak memposting di tahun 2014 ini dan lebih ingin memfokuskan pada hidangan Indonesia yang terutama Street Food, karena sebagian besar lebih memposting tentang cafe dan resto-resto yang happening ketimbang makanan kaki lima or kedai sederhana yang ternyata menyimpan sejuta rasa yang tak kalah saing, baik itu di Jakarta maupun di kota-kota besar lainnya di Indonesia, semoga tahun ini pemabaca The Hungry Doctor juga semakin bertambah ! And this is my first post in 2014 :D



Liquid Nitrogen Ice Cream 

Menjadi salah satu fenomena perkulineran di Indonesia khusunya Jakarta sekarang ini, yaitu Liquid Nitrogen Ice Cream, yang membedakan ice cream ini dengan ice cream biasa adalah cara pembuatannya yang menggunakan nitrogen cair pastinya, sehingga dipastikan tanpa bahan pengawet maupun penambahan biang es yang biasa dipakai untuk memproduksi ice cream. Cara pembuatan ice cream inipun cukup unik dan bisa langsung kita lihat sendiri cara pembuatannya, salah satu yang menawarkan Liquid Nitrogen Ice Cream ini adalah Ron's Laboratory, mungkin mereka bukan yang pertama mengusung ice cream ini, tetapi mereka cukup bisa menarik hati para pecinta kuliner, karena setau saya di Indonesia ini yang pertama kali mempopulerkan Liquid Nitrogen Ice Cream ini adalah LIN Artisan Ice Cream yang terletak di Kemang, selain Ron's Laboratory juga masih ada beberapa tempat lagi sperti misalnya Elicxir Gelato dan juga Freeze..


Ron's Laboratory

Ice Cream Lab yang lagi hits ini berlokasi di Grand Indonesia Shopping Town yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Ibu Kota Jakarta, oleh karena itu tak mengherankan jika mereka menjadi salah satu Liquid Nitrogen Ice Cream yang begitu terkenal dan dicari orang, letaknya ada di West Mall Lt.5 yang memang banyak makanan, tempat makannya pun bisa dikatakan lumayan besar untuk sebuah ice cream shop jika dibandingan dengan ice cream shop lainnya. 




Desain tempat yang unik bisa menjadikan daya tarik sendiri selain memang cara pembuatannya yang mengundang perhatian setiap orang yang melewati tempat ini. Disini kita bisa melihat ornamen warna-warni yang cukup artistik, yang sebenarnya agak girly tetapi tetap saja membuat tempat in terlihat keren apalagi tempat pembuatan ice creamnya yang menyerupai laboratorium kimia. Tidak hanya tempat pembuatannya saja, tetapi para ice cream makernya pun memakai jas lab serta masker dan sarung tangan layaknya sedang melakukan eskperimen science, how cool is that !





Antrian yang cukup panjang sudah tak asing lagi terlihat disini, baik anak kecil sampai orang dewasa dan keluarga kerap mengunjungi tempat yang satu ini, sistem pemesanan disini adalah kita pesan dan langsung bayar dikasir, setelah itu kita akan menunggu nomor kita dipanggil dan baru bisa kita menikmati ice cream yang kita pesan. Pelayanan disini pun cukup cepat meski antriannya banyak, tetapi menunggu pun tidak membosankan karena kita bisa melihat secara langsung bagaimana ice cream kita ini dibuat.

Pembuatan ice cream nitrogen ini dimulai dari cair, jadi cream susu yang ditambah dengan berbagai macam ingridients sesuai dengan rasa yang kita pilih akan di mix kemudian setelah tercampur rata maka akan di tambahkan dengan liquid nitrogen yang ada di tabung-tabung besar itu kemudian kembali dimix dan akan menimbulkan uap-uap gas yang cukup menjadi perhatian para pengunjung disini. Setelah penambahan liquid nitrogen dan dimix maka ice cream tersebut akan memadat dan siap disantap.




Pilihan rasa di Ron's Laboratory ini sebenarnya tak begitu banyak, tepatnya belom banyak, karena mereka baru menyediakan gelato, sementara sorbetonya masih belom available mungkin di awal tahun ini mereka akan segera melaunch sorbetto yang pastinya tak kalah menyegarkan rasanya, untuk Gelatonya mereka ada 6 pilihan rasa yaitu : Red Velvet , The Breakfast, Ultimate Dark Vader, Avocado Espresso, Movie Night dan PB&J , dimana setiap rasa punya keunikan sendiri seperti Red Velvet dan Avocado Espresso yang menggunakan suntikan. Kemudian The Breakfast yang menggunakan nutella dengan cornflakes, Ultimate Dark Vader yang menggunakan Loacker dan Rocher, kemudian Movie Night yang menggunakan caramel dan popcorn, serta PB&J yang merupakan peanut butter gelato dengan penambahan strawberry injection.

>>Avocado Espresso
Price : IDR 50.000



Salah satu rasa kesukaan saya jika memakan gelato ataupun ice cream biasa adalah avocado, saya menyukai rasa alpukat pada ice cream, karena rasanya yang khas dan tidak membosankan dilidah, selain penyuka avocado ice cream saya juga pecinta kopi oleh karena itu menu yang satu ini tak bisa saya lewatkan, penyajiannya pun unik, jadi espressonya ini disajikan didalam suntikan, jadi kita suntikan sendiri ke dalam ice creamnya, sehingga rasa avocadonya ini akan tercampur dengan espresso, ice cream yang tadinya manis menjadi lebih nikmat ketika ditambah espressonya ini, rasanya menjadi classy, tekstur gelato ini juga sangat  lembut, itulah salah satu keunggulan dari liquid nitrogen ice cream, ice creamnya akan menjadi lebih lembut dibanding ice cream lainnya, I love it !

>>Red Velvet 
Price : IDR 60.000




Red Velvet mungkin menjadi salah satu cake yang paling fenomenal di tahun 2013 sebelum kemunculan Cronuts, oleh karena itu Ron's Laboratory turut menciptakan Red Velvet flavour pada menu mereka, dan menjadi menu ini sebegai salah satu menu andalan, dan memang layak menurut saya, karena rasa gelato yang satu ini sangat pas, manisnya pas, dengan tekstur yang lembut kemudian ada crunchnya di setiap gigitan, yang menurut saya itu kacang yang  dicampurkan ke dalam gelato ini, dan itu membuat sensasi sendiri ketika kita menikmati red velvet ice cream, belum lagi penambahan cream cheese injection yang membuat rasanya menjadi semakin gurih, semakin menyerupai red velvet cake yang asli, benar-benar sebuah gelato jempolan.


Tak hanya 2 menu itu saja yang ada injectionnya , melainkan anda juga bisa mengcustom sendiri ice cream dengan penambahan injection, hanya dengan menambah IDR 8.000 anda juga memilih rasanya yaitu ada coffee, cream cheese dan juga chocolate. Range Harga untuk gelato disini adalah IDR 50.000- 60.000 , sementara untuk minumannya mereka juga punya Tea and Coffee yang berkisar IDR 20.000 - 35.000. Coffee disini juga top loh karena memang sang pemilik tempat ini merupakan seorang coffee master and gastonomy chef. 

So, buat yang penasaran dengan Ice Cream yang satu ini bisa langsung segera mampir ke Ron's Laboratory, dan untuk opening ini masih ada potongan harga 20% untuk setiap pembelian gelato mereka, selamat mencoba :D

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu

===================

follow me:
on instagram : @filipusverdi
on twitter : @hungrydoctor

===================

RON'S LABORATORY
Jl. MH. Thamrin No. 1
Grand Indonesian - West Mall
5th Floor ED2-12B


No comments:

Post a Comment