Tuesday, October 1, 2013

Timlo Sastro - The Legend of Solo


Di daerah Pasar Gede, banyak terdapat makanan enak dan memang makanan khas Solo , salah satu yang paling top adalah makanan solo yang namanya adalah Timlo , yap timlo ini makanan yang sangat terkenal dari Solo , gw sudah tau lama sih tentang makanan yang namanya timlo satu ini cuma belum pernah nyoba, dan pertama kali gw nyoba ada di tempat paling populernya nih di solo , namanya adalah Timlo Sastro.



Timlo Sastro terletak di Pasar Gede, tapi bukan di dalam pasar nya tapi di jalanan luarnya , tinggal nanya orang di Pasar aja kok, pasti bakal ngasi tau di mana Timlo Sastro berada, sangat terkenal soalnya, kalau ngecek di website atau buku kuliner solo, pasti makanan ini ada hehe, adanya di daerah Balong, makanya ada juga yang menyebut nama tempat ini sebagai Timlo Solo Sastro Balong.

Tempatnya ini ada di pengkolan sebuah jalan, atau istilahnya adalah di pojokan, tempatnya berupa kedai kecil gitu yang sangat ramai oleh para pengunjung , sampai bahkan ada yang beridir buat nunggu meja kosong , atau ada juga yang menikmati timlo solo ini sambil berdiri ,perjuangan memang , dan timlo yang satu ini bukanya sampai sore kok, tapi ramenya memang tiada akhir sih.



Di sini tempat makannya tidak begitu besar juga sih , cuma yaa lummayan untuk ukurannya makanan kaki lima, disini semuanya jadi satu mulai dari tempat duduk dan juga tempat masaknya, masaknya sih gak ribet ya , soalnya kan bahan ini udah siap semua , cuma tinggal di racik aja , sehingga biarpun ramai, pelayanannya tetap cepat , menunya semua sudah tertera di papan menu di dinding , beserta harganya masing-masing.



Jadi di sini sisi lain yang menarik adalah adanya musik tradisional , yang kayak musik keroncong gitulah , sangat merdu dan terasa asik banget jadinya makan di sini hehe, oh iyaa warung Timlo Sastro ini udah buka dari tahun 1952 , sudah 60 tahun bergelut di dunia timlo, jadi udah kebayanng lah bagaimana mantapnya tempat makan yang satu ini, pastinya sangat oke, berikut makanannya.


>>Timlo Komplit
Price : IDR 15.000





Timlo ini bisa di bilang adalah sotonya solo , isi dari timlo komplit ini adalah sosis , rempelo ati , dan telur . Sosis di sini bukan sosis yang kayak biasa kita temui yang panjang itu , sosisnya adalah sosis solo, sosis solo ini justru kayak dadar gulung gitu, mirip sama risoles , dengan isiannya adalah ayam cincang , rasanya memang sangat enak , lembut dan ayamnya juga padat di dalamnya , di sini besar sosis solonya cuma di potong kecil-kecil aja, terus pake ati dan ampela ayam yang di rebus , sanagt empuk dan tidak amis ,kemudian ada juga telur yang udah di bacem gitu , unik memang dan kemudian di beri bawang goreng, dan di siram dengan kuah kaldu ayam yang sangat gurih , rasanya enak banget , gw langsung jatuh hati sama yang namanya timlo solo ini begitu nikmat saat di makan, plus pake sambel yang juga pedes manis, bener-bener enak deh rasanya , dahysat!!

>>Es Stroop
Price : IDR 4.000




Namanya sangat unik, ternyata menu ini adalah es sirup , sirup yang di pakai itu sirum cocopandan, jadi aromanya sangat enak, ada kayak kelapanya gitu , sirupnya warnanya juga merah , sangat menggoda deh warnanya , lucu sekali , dan rasanya itu manis deh,seger banget , cocok di minum bersama timlo yang pedes hehe.


>>Es Jeruk
Price : IDR 5.000




Es jeruk adalah minuman yang paling sering gw minum pas di Solo ini, soalnya seger banget dan harganya juga murah hehe, jadi kapan lagi minum es jeruk seger dengan harga murah, jeruknya itu bener jeruk peres asli kok, cuma tinggal di tambah gula aja, sehingga manisnya ini alami dan sangat cocok minum saat tengah hari yang sangat terik mataharinya , segerrrr

>>Es Karamel
Price : IDR 5.000




Ini adalah minuman yang di rekomendasiin sama si ibu-ibu yang punya Timlo Sastro ini, es karamel , pas dateng inni warnanya mirip es kopi susu, tapi ini adalah karamel , pas gw cium aromanya memang wangi banget , kayak permen karamel gitu , pas di minum juga unik rasanya , aromanya lumayan kuat , manis nya memang manis karamel yang rasanya enak juga, sangat seger rasanya , enak deh pokoknya!!


Sejak saat itu gw langsung ketagihan sama yang namanya makan timlo solo !! yummy

Jadi buat foodies sekalian yang jalan-jalan ke Solo, jangan lupa datang untuk makan siang dengan Timlo Sastro ini, dijamin bakal langsung ketagihan, dan pasti kepingin balik lagi ke tempat makan yang satu ini, rasanya memang sangat nikmat !

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu


Timlo Sastro
Jl. Pasar Gede Timur 1-2 Balong
Solo, Jawa Tengah


1 comment: