Sunday, September 15, 2013

Sate Penyu Gelora Trisakti Bali


Om Swastiastu !

Kali ini The Hungry Doctor mau berbagai pengalaman kuliner selama di Bali, hmm ada banyak tempat makan yang saya datangi, mulai dari yang kaki lima sampai bintang lima dan semuanya di jamin asik-asik. Bali memang pulau yang sangat memanjakan dari segi wisata pemandangan, belanja sampai yang satu ini nih, yaitu MAKAN..


Bali memang menyimpan sejuta kekayaan kuliner, Bali mungkin salah satu daerah di Indonesia yang punya cita rasa bumbu rempah yang unik dan khas, sehingga bisa menjadi jati diri bagi masakan khas Bali itu sendiri, meski banyak tempat makan di Bali yang justru berasal dari daerah lain atau bahkan negara lain, maklum karena Bali merupakan daerah yang banyak di kunjungi oleh wisatawan asing.

Salah satu tujuan utama orang-orang ke Bali adalah karena pantainya, memang sulit di pungkiri kalau pantai adalah salah satu objek wisata alam yang paling indah, dan sangat menyenangkan di nikmati kapan saja, baik itu pagi, siang, sore atau bahkan malam, semua memiliki kesan yang berbeda dan pastinya indah. Namanya juga Pulau Dewata, tak jauh-jauh dari dewa, karena Bali ini memiliki adat istiadat yang cukup kental.


Selain adat istiadat keagaman yang kental ternyata Bali juga punya beberapa makanan khas juga loh, salah satunya adalah... Sate Penyu. Mungkin pertama kali mendengar kita akan terasa aneh dengan sate yang satu ini, sate penyu? pasti rasanya tidak enak deh, karena kan penyu terkenal dengan hewan yang cukup amis hehe, tetapi ternyata Sate Penyu ini tidak dibuat dari daging penyu karena kan penyu juga merupakan hewan yang dilindungi, tetapi sate ini dibuat dari daging babi nyam nyam nyam..

Di Bali ada banyak penjual sate penyu, tetapi ada satu tempat makan sate penyu yang mungkin paling ramai dan paling terkenal, yaitu Sate Penyu Gelora Trisakti. Tempat makan yang satu ini menjadi salah satu incaran para wisatawan dan juga penduduk lokal, tetai memang di dominasi oleh wisatawan seperti saya hehe. Disini kita rela antri berjam-jam demi bisa menikmati sate penyu yang legendaris.



So Crowded Here :)

Sesuai dengan namanya Sate Penyu Gelora Trisakti ini adanya di Gelora Trisakti, memang gelanggang olahraga ini, didepannya ada area yang cukup luas dimana sate ini menjajakan kenikmatan rasa yang tak ada bandingannya. Letak persisnya di Jl.Patih Jelantik di daerah Legian-Kuta. Pokoknya tinggal cari Gelora Trisakti makan anda akan menemukan tempat makan yang satu ini.

Sate Penyu Gelora Trisakti buka dari jam 11.00 - 17.00 yang saya tahu, tapi sebelum itu biasanya juga sudah sering habis karena memang konsumen yang sangat banyak terutama saat liburan tiba. Saya juga tidak bertanya kepada penjual mengapa di namakan Sate Penyu, tetapi dari yang saya dengar awalnya sate penyu ini bukanya di pinggir pantai Kuta *seperti penyu yang suka terlihat dipinggir pantai* ,tetapi demi alasan estetika maka di pesisir pantai tidak diperbolehkan ada yang berjualan, sehingga mereka pun pindah ke sini deh dengan tetap mempertahankan Sate Penyu sebagai nama mereka.





Disini mereka tidak berhenti terus mengipas sate-sate penyu ini, dan pada dasarnya sate ini sudah dibumbui dengan segala rempah-rempah yang membuat rasanya begitu enak, dan mereka hanya tinggal membakarnya hingga matang. Setelah menunggu beberapa lama akhirnya tiba giliran saya untuk bisa menikmati sate penyu yang satu ini nyam nyam nyam..


Satu porsi Sate Penyu di bandrol dengan harga IDR 8.000 berisikan 6 tusuk sate lengkap dengan ketupat. Jujur saja, 1 porsi tak akan cukup, saya sendiri makan 3 porsi sendirian karena rasanya memang membuat ketagihan, sate yang satu ini rasanya manis dan gurih sekali, aromanya juga sangat nikmat, daging babinya ini begitu empuk dengan ada minyaknya juga dagingnya sehingga punya sensasi rasa yang amat menyenangkan di setiap gigitan, kita tak perlu makan sate ini dengan bumbu tambahan apa-apa lagi, sate yang sudah punya rasa manis dan gurih yang kuat ini hanya di sajikan dengan cabe rawit dan juga garam, sehingga rasanya semakin mantap, saya sangat menyukai sate yang satu ini, rasanya hmmm bikin nagih !!

So, buat yang berada di Bali jangan lupa untuk mampir ke tempat makan yang satu ini yaaa, dijamin bakal ketagihan, ya meski harus rela antri jika ingin menikmati sate yang satu ini, tetapi dijamin antri tak akan menjadi sia-sia ketika sate ini menyentuh lidah anda. Saya punya satu quote yang sangat cocok untuk sate yang satu ini "One is never enough"

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu


Sate Penyu Gelora Trisakti
Jl. Patih Jelantik ( dalam Gelora Trisakti )
Legian - Kuta


5 comments:

  1. Udah gue coba pas k bali.rasanya mantappppp abis.

    ReplyDelete
  2. PENYU KAN HEWAN DI LINDUNGI :(

    ReplyDelete
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai berbagai makanan di indonesia . Inilah cara yang baik untuk mempromosikan makanan yang ada di negara ini.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai explore indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete
  4. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai sate penyu indonesia.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetaui lebih jauh mengenai indonesia.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di Indonesia Gunadarma

    ReplyDelete