Monday, August 19, 2013

Wisata Kuliner SEMARANG



Long time no blogging, sorry karena lagi keasikan banget sama yang namanya liburan hehe, bener-bener non-stop jalan-jalan deh, mulai dari liburan sama pacar, temen-temen sama keluarga, dan finally kali ini saya akan mulai berbagi pengalaman kuliner yang pastinya seru-seru hehe, karena ada banyak sekali yang bisa saya bagikan, kali ini saya mau rangkum aja dengan review singkat yaa, soalnya ada beberapa temen yang butuh rekomendasi temapat-tempat makan di daerah Jawa-Bali, so kali ini Hungry Doctor akan membagikan informasi tersebut, semoga bermanfaat :)


Hello Semarang !

Ya perjalanan Jawa-Bali bersama keluarga bermula di salah satu kota besar di Jawa Tengah, yaitu Semarang. Kota dengan sejarah yang panjang dengan menyimpan banyak harta karun kuliner nusantara yang menyenangkan, dari sekian banyak tempat makan yang ada di Semarang..

1. Lunpia Semarang Gang Lombok
Jl. Gang Lombok No.11

Lumpia or Lunpia merupakan salah satu makanan khas Semarang, tetapi dari sekian banyak penjual lunpia yang sangat mudah ditemui di kota ini, hanya 1 tempat yang saya rekomendasikan, yaitu Lunpia Semarang Gang Lombok, rasanya lunpia yang satu ini sudah melegenda sekali ya, letaknya sudah pasti di gang lombok, kalau bingung untuk mencari tempat ini tinggal tanya para warga Semarang, dijamin mereka semua tau tempat makan yang satu ini..

Proses Pembuatan Isi Lunpia 
Proses Pembuatan Lunpia
Antrian panjang selalu terlihat di kedai sederhana ini, mereka buka pukul 9.00-17.00 , tetapi saya sarankan agar datang ke sini saat pagi hari, karena antrian belum terlalu panjang, kalau sudah menjelang sore hmm antrian semakin panjang dan ada kemungkinan bisa kehabisan juga..

Setiap lunpia disini semuanya baru ya, bener-bener baru dibikin, kita bisa melihat tumisan isiannya yang aromanya bener-bener menggoda , setelah isian ini jadi, akan segera di gulung dengan kulit lumpia dan bisa segera langsung kita nikmati yang nantinya kita sebut sebagai lunpia basah dan kalau digoreng menjadi lunpia goreng, semuanya sama enaknya, tergantung selera kita..

Lunpia Basah IDR 12.000

Lunpia Goreng IDR 12.000
Saya pribadi lebih suka yang goreng karena ada sensasi renyah, dimakannya ini dengan saus kental manis dari sagu yang dipadu dengan bawang putih, kemudian ada acar mentimun dan juga ada daun bawang muda serta cabe rawit kalau suka pedas hehe, oh iya bisa juga mencoba menikmati lumpia ini dengan menggunakan saus sambal dan juga mayonaise, rasakan sensasinya !

2. Warung Makan Asem-Asem Koh Liem 
Jl. Karanganyar No.28 / C4 ( Depan SMA Loyola)


Setelah menikmati 1-2 buah lunpia Semarang di pagi hari tak ada salahnya mengisi perut dengan sesuatu yang lebih berat, mari kita menuju ke salah satu tempat makan legendaris di Kota Semarang, yaitu Asem-Asem Koh Liem. Warung makan ini sudah buka kurang lebih 31 tahun oleh Koh Liem, dan beliau juga yang setia memasak asem-asem disini..

Asem Asem Daging IDR 20.000
Sebenernya apa sih itu asem-asem?
Secara umum makanan ini mirip dengan garang asem, sama-sama menggunakan belimbing wuluh, sama-sama memiliki rasa yang asam, tetapi beda, disini asem-asem Koh Liem, menggunakan daging sapi pilihan yang dimasak kurang lebih 5 jam, sehingga empuk, dan disini juga tidak menggunakan santan, jadi rasa gurihnya di dapat dari kaldu, rasanya benar-benar segar, terutama rasa asam dari tomat dan juga belimbing wuluh yang dipadu dengan cabai memberikan sensasi rasa yang menyegarkan, dijamin bisa bikin "melek" 

Kodok Goreng Mentega IDR 25.000
Babi Kecap dan Telur IDR 18.000

Peyek Udang IDR 7.000

Sate Babi IDR 5.000

Selain asem-asem yang rasanya begitu mantap, di Warung Makan Asem-Asem Koh Liem ini juga banyak menu spesial lainnya yang layak dicoba, sebut saja Babi Kecap dan Telur, Kodok Goreng, Rempeyek Udang serta Sate Babi , semuanya enak dengan harga yang terjangkau pastinya..

3. Paimo's Lekker 
Jl. Karanganyar (Depan SMA Loyola) 



Masih di daerah SMA Loyola, kali ini persis di depannya, tau Kue Lekker ? yang pernah SD pasti tau jajanan yang satu ini HAHA , yap waktu jaman SD sih saya sering banget nih beli jajanan yang satu ini, soalnya kan enak ya, manis-manis renyah gitu, nah saya juga yakin kalau kalian semua pernahnya makan kue lekker dengan isian coklat, pernah terbanyangkan kreasi lekker dengan isian pisang sampai sosis dan tuna? inilah dia Pak Paimo yang membuat Lekker menjadi hidangan yang begitu spesial..

Proses Pembuatan Kue Lekker

Special filling for Lekker

Mulai buka pukul 11 siang, sebelum benar-benar buka, sudah banyak orang yang menunggu untuk bisa menikmati kue lekker yang satu ini, dan Pak Paimo sendiri yang selalu andil dalam menyiapkan lekker untuk para pelanggan, bahan yang digunakan adalah bahan-bahan berkualitas sehingga memberikan rasa yang nikmat sekali, buat yang suka manis bisa mencoba coklat, kacang ataupun keju manis beserta karamel ataupun pisang, sementara buat yang ingin lebih tasty bisa mencoba telur jagung manis dan juga sosis mozarella yang sangat saya sukai, keju mozarella yang melted dipadu dengan sosis yang melimpah dengan kue lekker yang rasanya manis khas, mantap  !

Lekker Coklat IDR 1.000

Lekker Telur Jagung Manis IDR 8.000

Lekker Sosis Mozarella IDR 15.000


4. Tahu Pong Semarang Gajah Mada
Jl. Gajah Mada No.63B


Ke Semarang belum makan tahu pong rasanya gak afdol banget, soalnya tahu pong memang salah satu makanan khas Semarang yang pastinya akan mudah kita temui di sudut kota ini, tapi salah satu yang paling terkenal dan laris adalah Tahu Pong Semarang Gajah Mada yang tentunya ada di Jl. Gajah Mada, tetapi untuk ke sini kalau bisa sebelum sore, karena mereka tak buka sampai malam..

Tahu Pong Komplit IDR 24.000

Makanan spesial disini ada Tahu Pong, kali ini saya memesan tahu pong komplit yang isinya adalah tahu pong, emplek (tahu goreng basah), gimbal udang, dan juga telur. Tahu pong ini spesialnya garing diluar dan didalamnya "kopong" kalau emplek ini teksturnya padat, sementara gimbal udang terasa sangat spesial disini, dan telur menjadi pelengkapnya. Uniknya semua komponen ini tidak dibumbui sehingga rasanya tawar dan disinilah peran saus kecap berperan, sausnya ini dibuat dari campuran kecap manis, petis udang, bawang merah dan bawang putih. Makannya dicocol ke saus ini sehingga mantap rasanya, kalau suka pedas bisa menambahkan cabe rawit yang sudah diuleg dan juga dimakan bersamaan dengan acar yang manis, selamat mencoba :)

5. Toko Oen
Jl. Pemuda No.52


Toko Oen Semarang yang sudah berdiri sejak tahun 1936 ini akan memberikan ada pengalaman nostalgia kuliner ke jaman Belanda. Toko Oen ini seolah menjadi museum kuliner dengan atmosfer tempo dulu dengan resep dan cita rasa yang juga jadul. Toko Oen ini memang terkenal dengan kue dan juga ice creamnya, tetapi ternyata hidangan mereka tak kalah juara..



Sebut saja Bistik Lidah yang membuat saya "klepek-klepek" ketika mencicipinya, lidah sapi yang dibuat bistik mempunyai tekstur "garing" yang nagih dengan saus mushroom yang spesial dengan ada rasa rhumnya, bener-bener saus spesial yang dilengkapi dengan potato wedges dan juga mix vegetables, so yummy !

Bistik Lidah IDR 74.500

Selain bistik sapi, Nasi Goreng Special juga bisa menjadi pilihan dengan penampilan yang "mlekoh" nasi goreng ini begitu tasty dan spicy, bagi penyuka masakan pedas akan menyukai nasi goreng yang satu ini, disajikan lengkap dengan telur mata sapi dan kerupuk udang membuat nasi goreng ini bisa menjadi rekomendasi yang pas ;)
Nasi Goreng Spesial IDR 31.500

Karena pemilik toko oen ini juga merupakan keturunan tionghoa, makanya menu makanan disini juga banyak chinese food, salah satu yang spesial adalah cap cay, disini cap caynya punya versi yang totally different dengan cap cay yang biasa saya makan, warna sausnya merah dengan cita rasa yang asam manis, isinya pun lengkap, merupakan cap cay yang sangat enak dan unik..

Cap Jay Goreng IDR 35.000

Sony Boy IDR 17.500

Dan sebagai penutup jangan lupakan ice cream yang menjadi salah satu ciri khas dari Toko Oen, ice cream yang kali ini saya pesan adalah Sony Boy yang isinya merupakan campuran dari 4 rasa ice cream disini yaitu ada Coklat, Strawberry, Coffee dan juga Coconut, disajikan dengan whip cream, cherry dan juga kue lidah kucing andalan dari Toko Oen, special and I really love the taste of coconut ice cream :9

6. Sate dan Gule Kambing 29 Pak Yoe
Jl. Letjen Suprapto No. 29 (Depan Gereja Blenduk)




Penggemar sate kambing wajib hukumnya datang ke rumah makan yang satu ini kalau lagi ke Semarang, tempat yang sudah buka sejak tahun 1968 ini hanya menyajikan sate dengan daging pilihan dari bagian paha atas dan juga punggung yang minim lemak, sehingga rasanya dijamin empuk sekali, rumah makan ini ramai dikunjungi baik siang ataupun malam hari..

Sate Buntel IDR 35.000

Balungan IDR 20.000

Sate buntel menjadi salah satu kesukaan saya, karena disini satenya itu dibuat dari daging kambing yang sudah dicincang dan ukurannya menjadi besar juga, rasanya bener-bener spesial, dagingnya empuk dengan aroma yang menggoda, disajikan dengan kecap manis dan cabe serta bawang dan tomat, kemudian ada juga balungan yang merupakan sup yang terbuat dari tulang-tulang dan persendian yang dimasak sampai 8 jam sehingga empuk dan sama sekali tidak bau anyir, bener-bener gurih rasa kaldunya, kombinasi yang sangat pas.

7. Bakmi Hap-Kie
Jl. Beteng No.117


Semarang menyimpan banyak pilihan bakmi, salah satu yang spesial adalah Bakmi Hap-Kie, dan menurut saya  bakmi ini merupakan salah satu bakmi yang memiliki penyajian paling unik, bakmi hap-kie ini terletak di daerah pecinan kota Semarang, buka sejak pagi, tempat makan ini tak pernah sepi pengunjung, dimana letak spesialnya mie yang satu ini? 

Bakmi Special IDR 20.000

Secara umum mie yang mereka pakai sama, perbedaan justru ada pada toppingnya, tidak hanya sekedar ayam, Bakmi Special Hap-Kie isinya ada baso sapi, ayam kecap, kekian ikan, baso goreng, siomay goreng dan juga pangsit rebus serta ada irisan telur dadar, unik memang, untuk rasanya sih menurut saya cukup spesial, sambalnya ini pakai sambal ijo dengan kuah kaldu yang manis, rasanya enak !

8. Rumah Makan Tjandra
Jl. Pekojan No. 96



Satu lagi rumah makan bernuansa jadul di kota Semarang, Rumah Makan Tjandra. Rumah makan sederhana yang sudah buka lebih dari 30 tahun ini memang cukup melegenda akan rasanya, terutama bakminya, mereka memiliki bakmi yang dibuat sendiri sehingga punya cita rasa yang sangat kaya, karena terletak di daerah pecinan yang memang banyak penikmat bakmi membuat rumah makan ini tak pernah sepi loh..

Bakmi Pangsit Rebus IDR 25.000

Bakmi pangsit merupakan favorit disini, bakminya ini tipis dengan rasa yang sangat gurih bumbunya, kemudian di berikan ayam yang rasanya asin gurih diatasnya, selain itu kuahnya juga kaya akan kaldu sehingga rasanya mantap, belum lagi pangsit rebus yang menjadi favorit disini langsung menjadi favorit saya, sambalnya juga mantap nih, salah satu bakmi paling enak selama perjalanan saya ke Semarang ini :)

9. Mie Titee Grajen 
Jl. Gajah Mada No.63A


Mie Titee merupakan mie khas Semarang, mie titee yang paling top ini terletak persis di sebelah Tahu Pong Gajah Mada, hanya saja, Mie Titee Grajen ini baru buka sore hari sampai malam, mungkin sebagian besar dari kita belum terlalu akrab dengan mie yang satu ini, begitupun dengan saya, saya sudah pernah sih mencoba beberapa mie titee tetapi versinya beda-beda, dan menurut saya yang paling enak adalah Mie Titee Grajen yang terletak di Jl.Gajah Mada ini..

Mie Titee IDR 15.000

Mie Titee merupakan mie kuah yang isinya adalah mie, kemudian kangkung dan tauge rebus, daging babi yang sudah dimasak kecap, udang rebus segar dan juga bawang putih serta bawang goreng sebagai pelengkap, kaldunya ini punya rasa yang kaya dari kaldu babi, so menu ini memang non-halal ya hehe, rasanya memang gurih dan enak kalau dicampur semua bersamaan, kalau suka pedas bisa langsung ditambah cabe rawit yang sudah ditumbuk, mantap !

10. Nasi Goreng Babat Depok
Jl. Depok



Nasi Goreng Babat merupakan makanan khas Semarang, selain nasi goreng babat ada juga babat gongso yang khas Semarang, nah di Semarang ini ada yang namanya Jl.Depok dimana di sepanjang jalan ini pada malam hari akan banyak sekali warung tenda yang menyajikan makanan yang enak, salah satu yang terkenal adalah Nasi Goreng Babat Depok yang sudah buka dari tahun 1950 dan sekarang sudah memasuki generasi ketiga, benar-benar resep turun-temurun..


Nasi Goreng Babat IDR 20.000

Nasi Goreng disini menggunakan babat yang sudah dicuci bersih dan dijamin empuk tanpa menimbulkan aroma jeroan yang kurang sedap, saat dimasak saya bisa mencium aroma bumbunya yang begitu mantap, bawang putih , bawang merah dan cabe yang kuat membuat rasa nasi goreng ini begitu kaya, isinya tentu saja babat sapi yang empuk, nasi goreng ini memang sangat tasty , dinikmati dengan acar mentimun, menjadi semakin enak !

11. Mie Jowo Rilex 
Jl. Depok


Masih dari Jl. Depok, hanya berjalan sekitar 400 meter dari Nasi Goreng Babat, anda bisa menemukan Mie Jowo yang paling direkomendasikan di Semarang, namanya adalah Mie Jowo Rileks atau Rilex, dijamin setelah menikmati mie jowo disini anda langsung rileks, perbedaan mie jowo rilex khas Semarang dengan mie jowo solo ataupun yogyakarta ada pada bumbu yang digunakan yaitu dengan bumbu lebih kuat dan disajikan dengan sedikit pedas dan lebih manis dengan penambahan kecap manis..



Mie Godok IDR 8.000

Mie Jowo disini dibuat dengan menggunakan telur bebek yang punya rasa lebih gurih dan pastinya ayam kampung supaya bisa menimbulkan kaldu yang sangat mantap, mienya enak dengan potongan ayam yang banyak dan pastinya rasa kuah yang pas, dan dimakan saat malam hari benar-benar membuat malam anda menjadi sangat rileks apalagi dipadu dengan sate ayam yang enak, cocok banget !

12. Tanjung Laut
Jl. Puri Eksekutif No.1



kalau mau makan seafood, rasanya di Semarang saya hanya punya 1 tempat yang direkomendasikan, yaitu Tanjut Laut, selain Tanjung Laut ada juga Kampung Laut yang tak kalah tenar, tetapi secara personal saya lebih menyukai Tanjung Laut karena mereka punya menu makanan yang lebih special, gak kayak olahan seafood standar di resto lainnya, punya suasana makan dipinggir laut yang sangat asik membuat suasana laut menemani kita kala menikmati sajian laut yang punya cita rasa selangit !

Butter Prawn Tanjung Laut IDR 78.000

Fried Squid with Caramel Egg IDR 58.000

Fried Crab with Tanjung Laut Sauce IDR 68.000

Kepiting Goreng saus Tanjung Laut menjadi hidangan yang sangat enak, kepitingnya cukup besar dengan daging yang padat, segar ! kemudian sausnya ini rasanya pedas manis, bener-bener enak deh rasanya, selain kepiting goreng saus tanjung laut ada Butter Prawn Tanjung Laut, jadi udangnya digoreng menggunakan butter saja, simple but taste great ! dan satu lagi yang sangat special adalah Fried Squid with Caramel Egg, jadi cumi goreng crispy dengan ada taburan telur berkaramel yang sangat special, salah satu olahan cumi terbaik yang pernah saya cicipi..


Well, itulah dia beberapa tempat makan yang saya coba, dari sekian banyak tempat makan yang saya kunjungi, 12 tempat ini merupakan tempat yang mengesankan untuk saya, dan semoga postingan ini bisa bermanfaat buat para pecinta makan or traveller yang sedang melancong ke Semarang, selamat mencoba foodies !

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu


23 comments:

  1. Thanks ! Glad to know you like it buddy :D

    ReplyDelete
  2. WOW!!!

    Jadi pengen ke Semarang lagi..... WOW!!!

    ReplyDelete
  3. Samaaaaa , yuk ramai2 kulineran di semarang hahaha

    ReplyDelete
  4. Informasi Kontes SEO untuk para blogger atau MASTER SEO gan.. ada 4 kontes SEO 2014 yang baru running nih, Semua GRATIS PENDAFTARAN kok.

    *Kontes seo Rgo Poker www.kontes-seo-rgopoker.net / www.kontes-seo-rgopoker.com. Total hadiah 32.jt
    12 januari 2014 - 12 maret 2014

    *Kontes seo Afa Togel www.kontes-seo-afatogel.com/ Total hadiah 25.jt
    18 januari 2014 - 18 maret 2014

    *Kontes seo Batik Poker www.kontes-seo-batikpoker.com/ Total hadiah 32.jt
    22 januari 2014 - 22 maret 2014

    *Kontes seo Eyang Togel www.kontes-seo-eyangtogel.com/ Total hadiah 25.jt
    26 januari 2014 - 26 maret 2014

    info lebih lengkap masuk aja ke situsnya

    ReplyDelete
  5. Poker Online Indonesia - Poker Online Asia
    http://afapoker.com/

    ReplyDelete
  6. Damn, all of them look awesome! #kecualiyangkodok Kok bisa sih, ke mana aja perginya tahu aja tempat makan enak? #envy

    ReplyDelete
  7. Info yang sangat bermanfaat.
    info lain tentang alamat dan peta lokasi tempat-tempat kuliner di Semarang, Solo dan Magelang dapat dilihat di
    http://www.lokanesia.com | http://www.solo.lokanesia.com | http://www.magelang.lokanesia.com

    ReplyDelete
  8. Wah, lengkap bener ya info kuliner di Semarang, sayangnya saya konsumen non babi, jadi nggak bisa icip2 di beberapa temapt yang sudah di review
    good post teman sejawat

    ReplyDelete
  9. SELAMAT TAHUN BARU 2014..
    Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    ~
    Materi inti Training Pelayanan :
    -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    -. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    Telpon & HP :
    081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanjut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    ReplyDelete
  10. Lengkap banget, ver review nya hahaha... dari Koh Liem sampe lekker Paimo dong, MANTAPP!!
    Bakmi Hap Kie sih sukses bikin pengen nyoba, yang lainnya gue udh pernah haha...

    ReplyDelete
  11. wihhhh mantap-mantap tuh kulinernya semarang..
    dan sya baru tahu loh gan ternyata lunpis itu makanan khas semarang, berarti banyak macam lunpia di sana ya gan?

    terimakasih aatas infonya ;)

    ReplyDelete
  12. Mei lalu aku barusan aja ke Semarang. Sayang banget aku baca artikel ini sekarang. Hahaha. Jadinya nyoba kulineran sendiri di Semarang, kuciwa deh -___-

    Lumpia-nya..duh, tahu gimbalnya..meh...

    Aku tulis di sini, http://pandoracle.net/balada-lumpia-semarang/

    Yah, but thx to your post, ntar lain kali kalo aku ke Semarang lagi, udah ada panduannya :D

    Nice post! Met kenal ya ^_^

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. Only for Nasi Goreng Babat is not recommend... Muahal utk harga semarang dan rasanya so so saja.. hopefully ada improvement kedepannya.

    ReplyDelete
  15. Sering lewat ke semarang tapi belom pernah berburu kuliner disana, patut dicoba nih thanks buat infonya

    ReplyDelete
  16. Halo saya dari Greenpack.
    Jika Anda butuh Kemasan Makanan Food Grade dapat menghubungi kami :)

    ReplyDelete
  17. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata, menurut saya pariwisata indonesia merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete
  18. Coba test deeh. Semarang khan paling terkenalnya ada SOTO, Nasi Pindang, dan Nasi Gandul, Klo SOTO ayam paling enak dmana cobaa...?? dan tentunya Nasi Pindang dan Nasi Gandulnya....pliss inform yaa. Soalnya aku org Semarang yg punya rekomendasi utk ketiganya. OK. Tq. Gbu

    ReplyDelete
  19. jadi pengen main ke semarang jajanannya enak-enak :D

    silahkan mampir http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete
  20. oke mantap gan buat infonya.. sangat memudahkan mencari wisata kuliner di semarang..

    www.infokost.com

    ReplyDelete