Tuesday, June 25, 2013

Bong Kopitown - Happiest Prisoner on Earth

Photo of White Box Bistro in Kuningan Jakarta

Hongkong 1967

Dua orang sahabat bernama Bong dan Kim harus berpisah karena Kim harus mendekam di penjara akibat kesalahan yang tidak dilakukannya. Sebagai sahabat yang setia, Bong memutuskan menemani Kim dengan menjadi koki di dapur penjara tersebut. Masakannya yang sangat enak, membuat 3 buronan yang paling dicari menyerahkan diri. Pemerintah pun akhirnya menutup penjara tersebut dan membuka restaurant bernama Bong Kopitown


Ketiga buronan itu adalah Lee, Ming dan Ken. Mereka adalah buronan yang paling dicari, Lee adalah seorang penjahat bertubuh mungil yang sangat licin & pandai meloloskan diri, pada akhirnya menyerahkan diri karena penasaran dengan makanan yang bernama Ote - Ote. Penjahat kedua adalah Ming yang terkenal dengan pandai menyamar dengan julukan 1000 wajah. Akhirnya menyerahkan diri demi ingin mencoba makanan bernama Choi Pan, sementara Ken adalah seorang penjahat bertubuh gendut yang sangat pandai bersilat lidah, namun sifat rakusnya membuat dirinya menyerahkan diri karena tergiur dengan makanan bernama Ham Pan.

Photo of White Box Bistro in Kuningan Jakarta

Begitulah. Kurang lebih sebuah illustrasi menarik yang ditawarkan oleh Bong Kopitown, Kopitiam ini konsepnya memang tempat tongkrongan kalau di daerah Cina peranakan gitu biasanya memang ada di dekat rumah ya, sehingga kopitiam itu konsepnya lebih seperti come back to home gitu deh ya, Bong Kopitown memang hadir di Indonesia sebagai salah satu kopitiam baru tetapi mereka tidak asal-asalan loh ya, menjamurnya Kopitiam di seluruh Indonesia, lantas tidak menjadikan Bong Kopitiam menjadi latah atau sekedar ikut-ikutan, mereka bukan hanya menyajikan sebuah konsep tempat makan yang kuat melainkan punya cerita juga dibalik konsepnya tempat makanannya yang sangat unik ala Penjara ini, Bong Kopitown ini terletak di daerah Kelapa Gading, di Jl. Boulevardnya nih, karena ada papan namanya yang cukup besar makanya tempat makan ini mudah di cari apalagi tempatnya memang unik dan menarik dan pastinya orang Kelapa Gading sudah tak asing dengan tempat makan berkonsep penjara ini..
Photo of White Box Bistro in Kuningan Jakarta

Photo of White Box Bistro in Kuningan Jakarta

Bong Kopitown menyajikan cita rasa turun temurun ala Cina Peranakan dan kalau dilihat dari menunya sih lebih ke daerah Kalimantan atau Singkawang situ deh yaa, termasuk Pontianak juga hehe. Proses pengolahan makanan di Bong Kopitown dilakukan secara tradisional dengan menggunakan tangan. Hal inilah yang menjadikan citarasa masakan rumahan yang sulit ditiru dan sangat cocok untuk lidah kita ya, saya memang cukup kagum dengan konsep matang mereka, bisa membuat yang "murah" menjadi "mahal" , contohnya tembok bersemen yang tidak di cat lagi, hanya murni semen, mungkin kalau di resto biasa ini bisa dibilang hal yang buruk, tetapi dengan konsep penjara hal-hal yang agak rusak seperti inilah yang membuat mahal dan konsepnya bener-bener kleuar, belum lagi lantai yang tak berubin juga, hanya sejenis marmer kasar yang digunakan, oke banget deh, semuanya diperhitungkan dengan sangat baik..
Photo of White Box Bistro in Kuningan Jakarta

Photo of White Box Bistro in Kuningan Jakarta

Photo of White Box Bistro in Kuningan Jakarta

Photo of White Box Bistro in Kuningan Jakarta

Bong Chandra adalah sutradara dibalik terciptanya sebuah resto yang saya tak berhenti mengagumi, cerdas ! itulah yang bisa saya ungkapkan ketika melihat tempat ini, siapa tak kenal Bong Chandra? salah satu motivator termuda yang dimiliki Indonesia, muda, berbakat, cerdas dan sukses, tak heran makanya Bong Kopitown ini sudah bisa menarik banyak minat orang, tak hanya tempat makannya saja yang punya konsep penjara matang, pelayan disini pun menggunakan baju ala tahanan, bener-bener serasa sedang di dalam penjara loh ! banyak benda-benda menarik disini, kesannya jadul banget ala penjaranya, dari jamnya, telponnya, salah satu tag yang utama di sini adalah "Happiest Prisoner on Earth" memang sih tak salah mungkin kita menjadi tahanan paling bahagia dipenjara seperti ini ya, so mau lihat makanannya? inilah dia..

>>Ote - Ote
Price : IDR 10.000

Photo of White Box Bistro in Kuningan Jakarta

Menu pembuka yang saya pesan adalah menu buronan, menu ini ibaratnya yang most wanted disini deh hehe, yang pertama adalah Ote - Ote. " Makanan misterius yang satu ini terlihat misterius, karena kami sebagai ownerpun tidak boleh tahu isi dari Ote-Ote. Bagi kami itu tidak masalah, yang terpenting kami dan Anda masih bisa mencicipinya" itulah yang tertulis di deskirpsi menu makanan yang satu ini, bisa dikatakan menu ini mirip dengan pangsit ya, krena memang dibuat dari kulit pangsit dan ada isinya nih, isinya ini lebih mirip lumpia karena ada ebi, rebung dan juga soun yang dimasak manis gitu deh, bumbunya terasa cukup pas ya, enak deh rasanya, diluarnya cukup renyah tuh ya kulit pangsitnya dan dibagian dalamnya terasa sekali ebi dan rebung, rasanya cocok sekali buat saya, mentap !! Buronan memang nih makanan yang satu ini..

>>Dragon Roll
Price : IDR 9.900

Photo of White Box Bistro in Kuningan Jakarta

Disini ada dim sum juga loh, dim sumnya ini harganya juga sangat terjangkau semuanya dipatok sama IDR 9.900 saja, mungkin ini dim sum paling murah yaa hmm, pilihan dim sumnya ada cukup banyak loh, ada 13 varian dim sum yang bisa anda pilih, ad siomay, hakau, macam-macam pangsit, lumpia dan juga bapao serta ada ceker ayam, yang kali ini saya pilih adalah dragon roll, karena cukup unik ya dari namanya, menu dim sum ini merupakan salah satu dim sum versi modern ya, bukan yang classic dim sum gitu hehe, menu ini lebih mirip pangsit dan juga baso deh ya, isinya adalah adonan daging ayam, udang dan ikan yang dicampur membentuk baso gitu kemudian di bungkus dengan kulit pangsit, kemudian digoreng, crispy deh rasaya !! kriuk kriuk dan didalamnya lembut, kemudian garnishnya ada cabai dan daun bawang supaya terlihat lebih cantik dan dimakannya dengan saus cocolan asam manis yang enak, semua makanan disini disajikan di atas piring alumunium ala di penjara , menarik !

>>Nasi Tim
Price : IDR 23.000

Photo of White Box Bistro in Kuningan Jakarta

Kemudian untuk pilihan menu makanan nasi gitu ada banyak ya, salah satu yang terlihat spesial adalah nasi tim selainnya satu menu nasi andalan disini, di tunggu ya sehabis ini hehe, menu ini adalah nasi tim ! ini merupakan salah satu makanan asli peranakan cina ya, nasi tim memang terkenal di chinese food dan sudah banyak di adaptasi sih ya sebenarnya hehe, disini porsinya memang cukup banyak yaa, buat yang suka makan banyak cocok deh kayaknya ke sini, nasi tim ini nasinya dipastikan lembut yaa dengan aroma yang sangat pas ya, kemudian di atas nasinya ini adalah ayam yang sudah dimasak pastinya, ayamnya ini rasanya sangat gurih dan asin ya, cocok banget sama lidah asia seperti saya ini, nasi timnya memang enak sih ya menurut saya, disajikannya lengkap dengan kuah kaldu ayam ya, kemudian ada acar mentimun dan juga cabe rawit, sangat enak deh nasi tim yang satu ini, sambalnya disini juga cukup oke ya, enak ! recommended !

>>Nasi Penjara
Price : IDR 23.000

Photo of White Box Bistro in Kuningan Jakarta

Menu makanan terakhir saya adalah menu andalan disini dan memang wajib pesan ya, namanya adalah nasi penjara ! nampaknya kalau nasi di penjara kayak begini sih para tahanan mending lama-lama ada di dalam sel yaa tongue sesuai dengan namanya yaitu nasi penjara menu ini diletakkan di atas piring penjara yaa, menu ini sebenernya sangat simpel yaa, hanya nasi goreng tanpa kecap manis, nasi goreng oriental gitu dengan rasa yang gurih kemudian di siram dengan kuah kental yang dimasak dengan telur, baso sapi, baso ikan, sawi putih dan juga jagung manis nyam nyam nyam kelihatannya memang biasa aja nih, tetapi rasanya hmm enak sekali apalagi disajikan masih panas-panas ya, cuma porsinya ini memang besar ya dan cocok buat 2 orang sih menurut saya ya, kemudian pedesnya bisa di atur jadi nanti kalau suka pedas maka irisan cabe rawitnya bakal di tambah, rasa sayurannya tumis dengan telur dan bahan-bahan lainnya ini sangat gurih dan sedap di tambah dengan taburan bwang goreng membuat rasanya semakin nikmat deh, makanan yang sangat enak disini !!! Really recommended ! Must Try !!

>>Kietna Ice ( Es Jeruk Pontianak )
Price : IDR 15.000

Photo of White Box Bistro in Kuningan Jakarta

Untuk minumannya saya memesan satu buah minuman yang sangat segar dan pastinya menggoda banget deh ya, dan salah satu minuman khas Bong Kopitown juga deh yaa, karena minuman ini memang salah satu minuman khas Pontianak nih, es jeruk pontianak atau es kietna, kalau kietna biasanya kita tahu warnanya sangat oranye pekat disini justru warnanya kuning soft gitu ya, lebih mirip lemon, dan rasanya juga segar sekali, manisnya pas, dan ada rasa asamnya juga sehingga rasanya memang sangat menyegarkan nih yaaa, ternyata jeruk khas Pontianak ini punya rasa yang sangat menyegarkan yaa, minuman yang sangat cocok untuk setiap hidagan disini, perfect beverages !!

So, buat kalian yang mencari tempat tongkrongan ala Kopitiam yang asik banget dengan konsep unik khas penjara bisa langsung datang ke Bong Kopitown, mereka punya banyak promo menarik loh hehe, berikut saya lampirkan yaa promo merekaaaa

|Monday Madness
Free DimSum on Monday with every purchase IDR 50.000

|Girls Day Out
Buy 1 Get 1 Singkawang Rojak every Wednesday

|Galau Night
Buy 1 Get 1 for 4 Selected Drinks for Sunday - Monday 09.00 PM - 12.00 AM

|Student Card
Save 15% for every purchase on Monday - Friday 02.00 PM - 05.00 PM

|Kongkow Time
All snack IDR 10.000 on Monday - Saturday 03.00 PM - 06.00 PM

Itulah beberapa promo mereka, menarik bukan?? Selamat mencoba and BE HAPPIEST PRISONER ON EARTH !

Stay Hungry,
Filipus Verdi Danutirto Tanu


Bong Kopitown
Jl. Boulevard Blok PD 1 No. 5
Kelapa Gading
@BongKopiTown

No comments:

Post a Comment