Thursday, October 4, 2012

Rumah Makan Ibu Haji Ciganea - Time for Sundanese


Who likes Sundanese cuisine ??

ME !! yap saya sangat suka makanan sunda , karena rasanya snagat cocok dengan lidah saya, masakan Sunda ini termasuk sebagai makanan Indonesia yang rasanya paling enak menurut gw hehe, dan point penting dari makanan sunda adalah sambal , kalau sambalnya mantap di jamin makanan sunda ini rasanya akan mantap, ini udah pasti banget hehe, masakan Sunda juga bukanlah sesuatu yang sulit di cari di Jakarta hehe, kali ini saya punya satu tempat makanan sunda yang cukup terkenal , namanya adalah Rumah Makan Ibu Haji Ciganea atau RM IHC.




Tempat makan yang satu ini mungkin banyak lebih tau Ibu Haji Cijantung yaa, ini sih sama aja setau gw , masih satu grup hehe, cuma beda pengelola aja, dan rumah makan ibu haji ciganea ini baru buka di Tebet,tempat ini awalnya di Purwakarta ya hehe,  oleh karena itu gw sangat excited banget buat nyoba, awalnya gw tau pas lagi makan di Rasane Seafood hehe, dan di sebelahnya itu ada rumah makan yang baru buka, yang jelas tempat makan yang satu ini memang masih baru hehe, waktu saya ke sini itu pas makan siang, dan gak terlalu ramai sih yaa sebenernya , pas saya datang barulah ada beberapa keluarga lagi yang makan hehe.


Tempatnya ini menyerupai sebuah rumah gitu, jadi rumahnya di ubah menjadi sebuah resto hehe, makanya tempatnya gak begitu besar , tapi tempat ini kelihatan kok karena kan ada papan namanya yang lumayan besar juga hehe, kemudian ada spanduknya juga kan di depan rumah makannya, tempat ini gak berac hehe, jadi pakai kipas angin, terus jendelanya di buka gitu deh, tempat ini bersih dan cukup nyaman, sayang gak ada lesehannya hehe, padahal lagunya juga udah pas nih , lagu-lagu sunda yang merdu banget suaranya, inilah yang saya suka dari rumah makan sunda, terus ada suara gemericik air juga dari kolam hehe, enak banget jadinya suasana makan di sini, pelayanannya pun cukup cepat dan para pelayannya ramah.

Semua makanan yang di sajikan di sini adalah masakan sunda, menu andalannya adalah ayam goreng, aneka pepes , karedok dan juga pastinya sambal dadak nya hehe, mari kita ulas makanannya hehe, oh iyaa nasi di sini di sajikannya di dalam wadah tradisional juga hehe.



>>Ayam Goreng
Price : IDR 14.000


Inilah dia makanan yang spesial di RM IHC , ayam goreng di sini menggunakan ayam kampung dan di masak secara tradisional dengan bumbu kuning yang dominan dengan kunyit hehe, di masaknya juga pastinya udah lama sekali,karena bumbunya ini meresap sempurna, di gorengnya di sini sebenernya gak kering, jadi goreng basah gitu sehingga lembut sekali terasa di dagingnya, tapi kali ini gw mintanya agak kering hehehe, enak juga sih, karena lebih garing tapi di dalamnya juga kering jadinya, kalau yang goreng asal kan basah tuh ayam gorengnya, dan itu sebenernya enak hehe, saya suka banget ayam goreng yang kayak begitu, gak keras juga soalnya, lembut deh hehe.

>>Empal Gepuk
Price : IDR 14.000


menu berikutnya adalah makanan khas sunda juga, empal gepuk, daging sapi ini di potong dengan ukuran tertentu kemudian di ungkep dengan berbagai bumbu rempah yang khas sampai empuk barulah kemudian di goreng, dagingnya di sini biasanya bisa di cabut per seratnya karena empuk banget , kemudian rasanya agak manis memang manisnya juga manis gurih gitu, bener-bener enak banget , di sini empalnya itu empuk, jadi nyaman banget di makannya, kemudian di atasnya juga ada bumbu ungkepannya yang di goreng dan itu rasanya manis gurih , bener-bener enak banget, parah !

>>Pepes Ati Ampela
Price : IDR 7.000


pepes adalah makanan yang jadi favorit dan khasnya di Rumah Makan Ibu Haji Ciganea , untuk pilihan pepesnya ada beberapa nih yaa, ada pepes ikan mas, pepes jamur, pepes usus, pepes tahu dan juga pepes ati ampela, cuma saat saya makan  di sini cuma ada ati ampela, tahu dan juga jamur hehe, nah yang pertama saya pesan adalah pepes ati ampela ini hehe, ini asli enak banget, saya gak bohong , pepesnya bener-bener enak, bumbunya bener-bener kuat, gurih banget , dan ati ampelanya juga masih kenyal terus bumbunya juga meresap sempurna, sangat enak sekali deh, wajib banget di coba kalau ada kesempatan makan di sini.

>>Pepes Tahu
Price : IDR 5.000


pepesan yang berikutnya adalah pepes tahu, kalau yang ini udah umum banget dan banyak orang yang suka hehe, pepesnya ini di buat dari tahu yang udah di olah dan di campur dengan bawang daun dan juga irisan cabe serta kayak tepung sagu gitu yaa yang bikin ada sensasi kenyal-kenyal unik gitu, rasanya pun gurih sekali dan pastinya lembut, kemudian ada aroma khas juga dari daun kemangi sepertinya, makanya pepes tahu di sni rasanya kuat dan enak.

>>Bakwan Jagung dan Udang
Price : IDR 4.000


bakwan adalah salah satu hidangan pendamping yang gak bisa di lewatin begitu saja hehe, pilihan bakwan di sini ada bakwan jagung dan juga bakwan udang hehe, saya pesan keduanya adonannya semua sama aja hehe,cuma beda isinya aja , ada udang dan jagung, jagungnya sebenernya gak begitu banyak haha,  kemudian ada campuran cabe dan juga daun bawang, kemudian yang udang , cukup banyak nih isinya hehe, udangnya eamng gak gitu besar hehe tapi enak kok, apalagi di makan pakai sambal yang mantap !

>>Karedok
Price : IDR 10.000


Menu terakhir yang saya makan adalah karedok, karedok ini merupakan sayuran paling khas dari masakan sunda, yang namanya rumah makan sunda tanpa karedok mah gak mungkin haha, nah inilah dia karedok yang sangat enak, karedok ini gak jauh beda sama gado-gado, bedanya adalah kalau gado-gado sayurannya di rebus, di karedok engga, jadi sayurannya mentah, isinya cuma kol, kangkung, tauge , dan juga terung serta timun, semuanya di campur dengan bumbu kacang dengan di beri tambahan kencur, dan di sini biarpun mintanya sedeng tingkat kepedesannya, tetep aja rasanya pedes banget haha, tapi seger banget dan enak juga :9



Nah itu tadi menu-menu makanan yang sangat enak dari  Rumah Makan Ibu Haji Ciganea , semua makanan di sini buat rasanya sangat enak, menu yang di sajikan di sini pun cukup banyak masih ada lagi menu-menu yang enak seperti ikan balita, jeroan goreng juga ada, dan rasanya juga enak, yang jelas yang wajib di pesan adalah sambal dadaknya , yang rasanya mantap banget , kalau makan lauk di sini tanpa sambal dadak spesial ini , semuanya akan terasa kurang mantap.

Bagaimana? Tertarik mencoba ?

Langsung saja datang ke Tebet dan santap makanan di sini, bersama keluarga lebih asik hehe.


Stay Hungry,
Hungry Doctor


Rumah Makan Ibu Haji Ciganea
Jl.Tebet Timur Dalam Raya No.33 , Tebet
Jakarta Selatan
021-8314757 


3 comments:

  1. SEMOGA SEHAT SELALU.

    JAHE SUPER serbuk murni, tanpa gula dan bahan pengawet.

    Agen Jakarta:
    Hushby Parfum. Jl. Cileduk Raya no.6 Cipulir – ulujami
    Jakarta Selatan 021-91986008

    Agen Surabaya :
    SWALAYAN 'ALMAS MART'. JL. IKAN MUNGSING 3 NO. 24.
    SURABAYA (031) 3540668

    Agen Malang :
    *) Depot HTS Lawang.
    *) Depot Mesir Kota Batu.
    *) Kopi bubuk Sido Mulyo (pasar klojen malang).
    Dsb.
    www.jahesuper.com

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan postingan web anda mengenai tempat wisata unik Masakan khas Nusantara yang wajib dicicipi. Menurut saya Indonesia memiliki sejuta kekayaan dan kenikmatan budaya yang patut kita syukuri. Dengan referensi dari tulisan anda saya semakin mencintai Indonesia. Terima kasih.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis tentang Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di http://pariwisata.gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete
  3. kayaknya rumah makan ini udah tutup/pindah ya bro?

    ReplyDelete