Sunday, August 19, 2012

Yong Kee - Sop Ikan Asli Batam

Hi Hungry People,

Masih dari Batam nih, kali ini saya akan memberi informasi soal salah satu makanan yang paling khas Batam , Sop Ikan Batam, mungkin sop ikan batam di Jakarta juga banyak yaa, tapi beda sama di sini, karena di sini itu sangat spesial , dan daerah yang menjual Sop Ikan ada di kawasan Nagoya City Center, nah dari sekian banyak tempat yang menjual sop ikan , ada satu tempat yang sangat spesial dan paling enak menurut orang-orang sekitar, namanya adalah Yong Kee Istimewa.

 
 
Yong Kee Istimewa ini biasa di sebut juga sebagai Sop Ikan atau Sop Seafood Yong Kee, tempatnya ini sebenenrya ada beberapa cabang , cuma yang aslinya ya yang di Komplek Nagoya City Center, di daerah ini selain banyak penjual makanan, banyak butik juga yang menjual berbagai barang seperti baju, tas, sepatu , jam tangan dan sebagainya, oh iyaa di sini juga banyak tukang coklat yang bisa di jadikan oleh-oleh khas Batam , meski sebagian besar barangnya ini barang singapur dan jua malaysia , bahkan ada juga dari jepang, seperti contohnya kitakat green tea yang lagi tenar.

Yong Kee Istimewa ini menempati sebuah ruko gitu yang lumayan besar , tempatnya memang terbuka dan tanpa AC, memag agak panas sih apalagi dengan makanannya yang juga panas kan yaa namanya juga soup tuh hehe, tempatnya tapi bersih banget dan juga cukup ramai memang yaa, makan di sini terasa sangat nyaman, apalagi dengan pelayanann yang bagus banget , pelayannya banyak, ramah dan juga rajin serta cekatan banget , makan di sini terasa begitu enak dan juga nyaman, oh iyaa untuk ke sini, saya bisa jalan dari tempat saya menginap tanpa perlu buat naik taxi, ya sekitar 15 menit lah di tempuh dengan berjalan kaki hehe, lumayan tuh, sehat seklaigus bakar lemak hehe.

>>Soup Kwetiau Seafood
Price : IDR 25.000


inilah dia pesanan saya, soup kwetiau seafood, jadi di sini masaknya ini semua jadi satu, sehingga menu saya yang satu ini kuahnya menjadi agak keruh warnanya , akibat penggunaan kwetiau dalam pemasakannya, jadi ada kwetiau , kemudian potongan ikan , dan kata pelayannya sih pakai ikan kakap ya, kemudian ada cumi dan juga udang , semua di rebus menjadi satu bersamaan dengan kwetiaunya, dan di kasih selada juga sebagai sayurannya, kuahnya pun gurih banget , dan kerasa juga ladanya sih di sini, tapi itu yang bikin enak dan juga hangat, kwetiaunya pun sangat lembut dan rasaya dan seolah menyatu dengan kuah, karena setiap kali mau menyeruput kuahnya kwetiaunya akan terbawa juga, lembut dan enak sekali.

>>Bihun Goreng Seafood
Price : IDR 24.000


 
 
Inilah dia pesanan nyokap gw , karena dia gak suka sama sama yang terlalu ikan gitu, kalau makan ikan gak di goreng dia gak bakal suka haha, jadi dia pesen bihun goreng deh di sini, ternyata setiap masakan di sini memang sangat enak, bihun gorengnya ini biarpun sederhana punya cita rasa kuat banget deh, bihunnya memang halus dan di masaknya juga ampe udah mau ancur gitu tuh hahaha, porsinya cukup banyak , makanya gw sempet juga abisin sisanya haha, bihunnya ini rasnaya manis gurih asin, lengkap semua, ada kekian nya tuh yang jadi pembeda rasa , kemudian di makannya pakai acar cabe rawit yang pedas manis , sangat enak sekali deh rasanya, bikin ketagihan.

>>Sop Campur Istimewa
Price : IDR 28.000


 
 
 
 
Inilah dia pesanan bokap yang menjadi menu spesial di sini, sebenenarnya ini gajauh beda sama menu pesanan gw , cuma ini lebih bening dan lebih guirh lagi dari rasanya dan juga penyajian, karena di sajikan tanpa kwetiau, mie ,bihun ataupun nasi, isinya adalah ikan, cumi dan juga udang sajaa, kemudian ada selada dan sayur asin serta potongan tomat yang segar kemudian di kasih tung cay dan juga seledri, rasanya ini sangat segar dan enak, mericanya cukup dominan ya di sini, kuahnya itu bening tapi sangat menyegarkan banget deh, ikannya ini memang sangat lembut sekali, bener-bener mantep dan sama sekali ga ada amisnya , udangnya pun segar dan kenyal, di makannya pakai kecap asin cabe rawit dan kalau suka bisa di tambah dengan sambal terasi juga, hmmm so yummy , apalagi potongan tomatnya ini menambah efek kesegaran dari hidangan yang satu ini.

 
 
jadi, kalau kalian ke Batam jangan lupa buat makan Sop Ikan yang satu ini, inget yaa, biarpun ada banyak pilihlah yang Yong Kee Istimewa, tempatnya nyaman menu beragam dan harganya juga okeee, dan pastinya rasanya itu sangat lah istimewa, di jamin bakal ketagihan pokoknya.

Salam,
The Hungry Doctor

Yong Kee Istimewa 
Komp. Nagoya City Center Blok E No. 8-9
Batam

1 comment: